Tips Keuangan Sehat Saat Berbelanja Hampers Lebaran 2023

Tips Keuangan Sehat Saat Berbelanja Hampers Lebaran 2023

Hari Raya Lebaran identik dengan silaturahmi dengan saudara-saudara ataupun teman-teman yang memang sudah lama tidak berjumpa, rasanya belum lengkap jika tidak mengirimkan buah tangan ketika bersilaturahmi. Salah satu tradisi jelang Lebaran adalah berkirim hampers agar silaturahmi semakin berkesan. Untuk itu, kamu perlu membuat perencanaan khusus untuk membeli hampers. Berikut adalah beberapa tips dalam membeli hampers. Pertama adalah membuat daftar penerima hampers berdasarkan skala prioritas. Kamu bisa mendata rekan dan juga kerabat yang ingin kamu kirimkan hampers. Selanjutnya, adalah memilih barang yang bermanfaat dan bermakna, kamu juga bisa menyesuaikan barang tersebut dengan budget. Untuk memastikan hampers diterima dengan aman, jangan lupa untuk melengkapi hampers dengan asuransi pengiriman.

Asuransi pengiriman merupakan produk yang memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman. Sobat LINE Bank dapat memanfaatan asuransi pengiriman saat membeli barang secara online melalui platform e-commerce atau mengirim barang melalui kurir. Meski sederhana, asuransi pengiriman memiliki manfaat yang penting, apalagi jika barang yang Sobat kirim bernilai tinggi dan berjarak jauh.

Saat berkirim hampers hal yang harus kamu pastikan terlebih dahulu kondisi keuangan. Jangan memaksakan diri untuk berbelanja hanya karena merasa gengsi atau terbawa arus gaya hidup. Supaya tetap bijak dalam berbelanja Lebaran, Sobat LINE Bank dapat mengikuti tips berikut ini:

1. Catat Penerima Hampers

Tips membeli hampers pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendata siapa saja yang nantinya akan menjadi penerima hampers darimu.

Tujuannya adalah agar kamu tidak salah dalam memberikan kepada penerima dan malah mengurangi efisiensi budget saat bertujuan untuk hemat.

Oleh karena itu, penting untuk mencatat siapa saja penerima hampers baik-baik.

Pastikan orang terdekat dan spesial disekitarmu mendapatkannya saat lebaran nanti agar kehadiranmu tetap dapat terwakilkan.

Dengan melakukan pencatatan penerima, kamu juga akan lebih mudah untuk mengorganisir saat melakukan pembelian hampers nantinya. Kamu juga bisa memisahkan budget untuk hampers di pos yang baru pada akun LINE Bank mu. Karena ada nya fitur Multi Rekening. Multi rekening yaitu kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu!

2. Menentukan Hampers yang Diinginkan

Sudah mencatat siapa saja yang akan mendapatkan hampers darimu?

Tips membeli hampers lebaran selanjutnya adalah menentukan hampers apa yang akan mereka terima.

Dalam hal ini, kamu perlu mengetahui kira-kira apa yang mereka gemari. Kenali kerabatmu dengan baik, apakah sahabatmu suka makan?

Mungkin serangkaian cookies terasa manis untuk menghiasi hari lebarannya atau mungkin saja tantemu suka minum teh?

Mungkin satu set cangkir mungil dengan motif vintage akan jauh lebih indah. Pastikan kamu mengenali karakter mereka lebih dalam untuk menentukan kira-kira hampers apa yang akan dibeli agar tidak hanya manis, tetapi manfaatnya juga dapat dirasakan bahkan hingga jangka waktu yang panjang.

3. Buat Estimasi Budget                                       

Selanjutnya, kamu perlu membuat estimasi budget. Pada tips berbelanja lebaran berikutnya, setelah kamu mengetahui kira-kira apa yang akan kamu beli buatlah catatan pengeluaran kasar sejak dini.

Terlebih jika kamu memang ingin tetap berhemat, estimasi budget yang tepat akan mendukungmu untuk membeli hampers lebaran tanpa mengganggu pos-pos lainnya.

Pastikan kamu sudah menyisihkan budget untuk membeli hampers lebaran jauh-jauh hari.

Utamakan juga untuk tidak mengganggu budget ini dengan kebiasaan belanja impulsif yang tidak mendesak.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan hampers yang kamu beli agar tetap sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan.

Lakukan riset pada beberapa tempat untuk mengetahui kira-kira berapa jumlah budget yang akan kamu keluarkan saat membeli hampers lebaran beserta packaging dan pengirimannya.

4. Packaging Yang Unik

Ini dia rahasia pada tips berbelanja lebaran agar berkesan, yaitu pada pemilihan packaging yang pas.

Pemilihan packaging yang pas dinilai dapat menambah kesan pada hampers yang kamu berikan, terlebih dengan banyak sekali opsi yang bisa kamu coba saat ini.

Mulai dari membungkusnya secara tradisional dengan kardus, memadu-padankan pita dan plastik dengan warna manis, hingga mencoba packaging tas rotan berwarna pastel untuk memberikan kesan yang lebih unik.

Semuanya bisa kamu pilih sesuai selera. Tidak ada salahnya untuk mencoba alternatif unik yang baru, tapi kamu tetap harus memikirkan nilai estetikanya agar tetap terlihat cantik dan rapi.

Usahakan agar tetap sesuai tema dan tetap wajar agar tidak melangkahi norma-norma agama saat merayakan hari raya.

5. Berikan Ucapan Yang Berkesan

Terlepas dari semua tips membeli hampers lebaran yang sudah dikupas tuntas di atas, sejujurnya tidak ada yang lebih berkesan dari ucapan dan do’a darimu langsung.

Alasannya, walau tidak hadir secara fisik ucapan dan do’a sejatinya lebih dekat dihati.

Untuk mewujudkannya, sertakan kartu ucapan dengan desain sepadan ke dalam packagingmu untuk menjadikan hampers berkesan.

Agar lebih istimewa, kamu bisa menyertakan ucapan yang personal agar terasa lebih dekat dengan penerima hampersmu.

Jadi, walaupun silaturahmi terbatas tetapi kedekatannya akan tetap terasa.

Nah, itu dia beberapa tips membeli berbelanja lebaran yang bisa kamu coba nanti. Cukup mudah, bukan?

Kalau soal mempersiapkan keuangan percayakan aja ke LINE Bank, Biar #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Cara Menjawab Pertanyaan Keluarga Seputar Karir Saat Ramadhan 2023

Bagikan ke Temanmu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *