10 Makanan Khas Lebaran yang Selalu Bikin Kangen

10 Makanan Khas Lebaran yang Selalu Bikin Kangen

Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari raya bagi umat Muslim. Karena Indonesia mayoritas penduduk beragama Islam yang cukup banyak sehingga event lebaran ini sangat meriah di Indonesia.

Setelah melaksanakan sholat idul fitri, biasanya suatu tradisi bermaaf-maafan dan bersalam-salaman antar keluarga. Kemudian, keakraban antar keluarga kurang lengkap tanpa adanya makan bersama yakni menyantap makanan khas lebaran berupa ketupat dan opor ayam, yang sudah menjadi hidangan wajib saat lebaran.

Namun, masih banyak lagi makanan lebaran yang harus ada di rumahmu saat hari lebaran tiba. Apa saja? Yuk simak artikel berikut :

1. Ketupat

Makanan khas lebaran yang satu ini berasal dari beras ini merupakan makanan yang paling banyak diburu saat hari lebaran. Ketupat atau kupat merupakan makanan pengganti nasi yang berasal dari beras yang di masak sampai matang di dalam bungkus daun atau plastik.

Ketupat sebenarnya adalah nasi yang di masak di dalam sebuah bungkus sehingga memiliki bentuk lebih padat. Ketupat juga di jadikan makanan khas di daerah lain seperi kupat tahu, kupat glabet, dan berbagai menu lain yang menggunakan kupat.

Ketupat banyak di jual di warung dan pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp 1.000.

2. Opor Ayam

Makanan khas lebaran yang satu ini merupakan teman sejati dari ketupat. Opor ayam merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya pada hari lebaran, opor ayam juga banyak di konsumsi sebagai menu sehari-hari.

Opor ayam merupakan makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan. Kuah santan untuk opor di buat dari  bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam.

Kita juga dapat menemukan banyak sekali resep opor ayam yang bervariasi, dari berbagai macam resep yang dapat kita temukan di internet, ataupun di buku-buku resep.

Opor biasanya di sajikan bersama dengan ketupat ataupun nasi.

Opor juga dapat ditemui di warung dan restoran dengan harga mulai dari Rp 8.000 per porsi.

3. Rendang

Makanan yang berasal dari Padang ini merupakan makanan yang sudah mendunia. Makanan ini bahkan dikenal menjadi salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain.

Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi atau kerbau menggunakan berbagai bumbu rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.

Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih.

Rendang dijual di seluruh wilayah Indonesia mulai dari toko bahkan hingga rendang kaleng yang dapat tahan lama, dijual dengan harga mulai Rp 30.000.

4. Sambal Goreng Kentang Ati

Sambal merupakan menu yang paling di cari sebagai pendamping makan. Makanan yang cenderung pedas ini ternyata juga mempunyai bermacam jenis salah satunya sambal goreng kentang-ati.

Sambal ini dibuat dari kentang yang dipotong dadu dipadukan dengan ati rempela yang juga dipotong dadu. Makanan ini cocok dimakan dengan berbagai menu masakan lain khas Indonesia.

Sambal ini banyak di jual di berbagai warung dan restoran dengan harga mulai dari Rp 10.000 per porsi.

5. Semur

Makanan yang berkuah ini adalah hidangan dari bahan daging yang di rebus yang diolah dengan kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lain.

Semur biasanya berisi daging sapi, ayam dan kentang. Isi dari semur juga bisa bermacam-macam seperti ditambahkan tempe, telur, tahu, ikan, dan bahan lain sesuai selera.

Semur banyak di jual di warung dan restoran di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 15.000.

6. Kue Nastar

Semua pasti tau nastar dong? Nastar merupakan kue yang di sukai setiap orang yang bisa ditemui di setiap lebaran.

Kue nastar adalah kue kering yang di buat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Nastar di bentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter yang kemudian adonannya di isi selai buah nanas, coklat, stroberi, atau selai lain sesuai selera.

Nastar biasanya disajikan di toples plastik yang dijual di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 25.000.

7. Kurma

Buah yang satu ini memang sebenarnya bukan asli dari Indonesia, namun sudah sangat disukai oleh orang Indonesia saat lebaran. Kurma adalah buah yang berasal dari Arab dengan pohon yang mirip tanaman palma.

Kurma di Indonesia biasanya di makan langsung, di olah menjadi campuran makanan dan juga dapat di makan sebagai obat karena memiliki khasiat mengobati berbagai penyakit.

Harga kurma di Indonesia beragam tergantung jenisnya, namun biasanya di jual mulai dari Rp 25.000 per kilogram.

8. Gulai Sayur

Jika kamu cukup jenuh dengan masakan berbahan daging, makanan ini bisa menjadi alternatif lain.

Sayuran yang biasanya dibuat menjadi gulai sayur biasanya adalah daun singkong, bayam, nangka, dan berbagai sayur hijau lain. Bahan pembuatan gulai sayur ini adalah santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe, dan ketumbar.

Sensasi kuah santan yang nikmat ditambah dengan sayuran yang segar dapat menjadi pilihan menu lain.

Gulai ini juga dapat ditemui di berbagai warung dan resto dengan harga mulai dari Rp 10.000.

9. Lodeh

Lodeh adalah masakan sayur yang memiliki kuah santan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah.

Lodeh banyak disukai oleh banyak orang karena menjadi pilihan makanan yang mudah untuk diolah dan tentu saja karena rasa yang nikmat.

Bahan dalam pembuatan lodeh antara lain labu siam, kacang panjang, terong, tempe, dan cabai. Bahan makanan di atas tadi sangat menyegarkan dan cocok dipadukan dengan serundeng, empal, dan telur.

Lodeh banyak di jual warung dan resto dengan harga mulai dari Rp 10.000.

10. Sayur Labu Siam

Labu siam adalah sayur yang banyak tumbuh di Indonesia. Labu siam juga banyak diolah menjadi beragam masakan dan makanan.

Salah satunya adalah sayur labu siam yang dibuat dari labu siam yang di beri kuah santan serta bumbu bawang, ketumbar, kemiri, dan garam. Sayur labu siam biasanya dihidangkan saat lebaran bersamaan dengan menu lain seperti rendang, opor, dan ayam goreng.

Labu siam dapat dimasak dengan mudah dan murah karena harganya hanya Rp 3.000 per buah.

Nah itu dia mengenai 10 makanan khas lebaran yang selalu bikin kangen, saat momen Lebaran memang banyak yang harus dipersiapkan, namun kamu ngga usah pusing lagi karena kamu bisa berbelanja kebutuhan Lebaran, tanpa mengganggu cashflow kamu bisa gunakan KTA / Quick Credit LINE Bank. Dengan mengandalkan Quick Credit LINE Bank kamu akan mendapat keuntungan lainnya yaitu CASHBACK hingga Rp3.000.000 lho!

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : 6 Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Pemula

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 284