5 Tips Mudik Lebaran Hemat dengan Kendaraan Pribadi

5 Tips Mudik Lebaran Hemat dengan Kendaraan Pribadi

Tidak terasa Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, waktu mudik pun mulai dekat. Tradisi mudik ini sudah terjadi turun-temurun sejak dahulu. Tujuannya agar silahturahmi dengan keluarga tetap harmonis.

Banyak pilihan transportasi untuk mudik saat lebaran. Kamu bisa memilih memakai kendaraan pribadi atau umum agar lebih hemat.

Saat ini, berkendara sendiri menjadi lebih mudah karena sudah banyak akses jalan dari pemerintah.

Meskipun berkendara sendiri dinilai memakan biaya yang lebih sedikit, terkadang ada pengeluaran-pengeluaran tak terduga selama di perjalanan.

Ini 6 Tips Mudik Lebaran Hemat dengan Kendaraan Pribadi

1. Membuat Rincian Biaya

Bagi kamu yang ingin mudik hemat, perlu adanya rincian biaya selama perjalanan pulang pergi.

Sehingga, kamu dapat terhindar dari keinginan untuk boros dengan membeli hal-hal yang tidak perlu. Buat perkiraan biaya BBM, akomodasi, konsumsi selama perjalanan.

Selama perjalanan, kamu harus konsisten dan berpatokan pada anggaran tersebut, agar pengeluaran untuk mudik sesuai dengan dana yang dipersiapkan.

2. Dalam Perjalanan Bawa Bekal Sendiri

Harga makanan di restoran maupun warung rest area dan rute perjalanan mudik, sering kali lebih mahal daripada harga normal. Maka dari itu, kamu bisa membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

Pastikan makanan tersebut tahan lama selama perjalanan. Selain hemat, membawa bekal sendiri juga lebih sehat dan higienis karena kita mengetahui proses memasaknya. Karena, makanan yang dijual di luar, belum tentu terjamin kesehatan dan kebersihannya.

3. Mengisi BBM Penuh

Mengisi bahan bakar dengan penuh, berpengaruh terhadap konsumsi kendaraan yang lebih hemat.

Pastikan juga kamu mengisinya dalam posisi BBM tidak kurang dari setengah indikator, baik mudik dengan mobil pribadi maupun motor.

4. Memburu Diskon Tiket Kereta Api atau Bus Jauh-jauh Hari 

Biasanya diskon untuk harga tiket kendaraan umum seperti tiket Kereta Api atau bus disediakan diskon harga atau cashback dari beberapa brand. Kamu bisa mencari informasinya jauh-jauh hari.

5. Menginap di rumah kerabat

Akomodasi adalah salah satu hal penting selama waktu mudik lebaran. Biaya akomodasi di hotel atau penginapan, seringkali memakan sebagian besar anggaran mudik.

6. Pilih destinasi wisata yang murah

Saat pulang ke kampung halaman, biasanya keluarga besar terutama para anak-anak, akan meminta untuk pergi ke tempat wisata. Harga tiket masuk tempat wisata akan jadi lebih mahal saat hari libur besar daripada hari normal.

Sekian tips hemat yang bisa kamu coba saat mudik lebaran 2023. Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat mudik banyak yang harus dipersiapkan, namun kamu ngga usah pusing lagi karena kamu bisa berbelanja kebutuhan Lebaran, tanpa mengganggu cashflow kamu bisa gunakan KTA / Quick Credit LINE Bank. Dengan mengandalkan Quick Credit LINE Bank kamu akan mendapat keuntungan lainnya yaitu CASHBACK hingga Rp3.000.000 lho!

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Tips Hunting Baju Menjelang Lebaran 2023

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285