Mengenal 4 Perbedaan Paylater dan Pinjaman Online

pinjaman untuk modal usaha awal

Hi Sobat LINE Bank! 

Kamu pasti sudah familiar dengan istilah paylater dan pinjaman online di dunia fintech. Tapi, udah tahu belum perbedaan keduanya? Sama-sama mudah dan cepat, paylater dan pinjaman online bergerak maju jadi solusi keuangan populer di era digital kini. Tapi, apa, sih, perbedaan paylater dan pinjaman online? Bisakah keduanya digunakan sebagai pinjaman untuk modal usaha awal? 

Kedua opsi untuk solusi permasalahan keuangan ini tentu saja bisa kamu gunakan untuk mengelola berbagai kebutuhan finansialmu. Salah satunya dengan memanfaatkannya pada pos kebutuhan produktif sebagai pinjaman untuk modal usaha. Persyaratannya cenderung lebih mudah dan proses klaimnya yang cepat, jadi keunggulan dari kedua produk fintech ini. Tapi, apa saja perbedaan mendasar antara paylater dan pinjaman online? Simak informasinya, yuk, biar biar gak ketukar!

Apa Itu Paylater dan Perbedaannya dengan Pinjaman Online?

Paylater dan pinjaman online bisa dibilang sebagai barang baru yang dikategorikan sebagai layanan fintech. Apa saja perbedaan paylater dan pinjaman online?

Mengenal Paylater

Beli barang secara online sekarang, bayarnya nanti. Memang bisa? Bisa, dong. Konsep ini dikenal sebagai paylater. Layanan paylater memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran dengan cara dicicil dalam jangka waktu tertentu. 

Jika kamu dulu akrab dengan sistem kredit, konsep dari paylater ini hampir mirip. Dulu, supaya bisa bertransaksi pakai kartu kredit, proses pengajuan dan persyaratannya cukup panjang. Berkembangnya dunia fintech, muncul sistem paylater yang prosesnya sangat ringkas dan mudah. Bahkan, kamu bisa mengajukan paylater meskipun belum memiliki penghasilan tetap. 

Pinjaman Online

Seperti namanya, pinjaman online adalah pinjaman yang diberikan secara online melalui platform pinjaman resmi dan berlisensi OJK. Mengutip halaman Online Pajak, pinjaman online adalah fasiltas pinjaman uang yang diberikan penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara online.

Berbeda dengan paylater yang memberikanmu kebebasan dalam waktu pembayaran untuk barang yang dibeli. Pinjaman online justru memberikanmu akses dana segar yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Sehingga,  kegunaan pinjaman online lebih mengarah pada perannya sebagai dana tambahan untuk keadaan darurat atau bahkan sebagai pinjaman untuk modal usaha awal.

Untuk bisa memperoleh pinjaman, kamu dapat mengajukannya dengan mengisi data diri dan jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian isikan jangka waktu pengembalian dana. Jika permintaanmu disetujui, dana akan langsung masuk ke rekening bank yang kamu daftarkan. Pinjaman tersebut kemudian dibayarkan dengan suku bunga yang telah ditentukan. 

Apa Saja Perbedaan Paylater dan Pinjaman Online?

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan paylater dan pinjaman online. Simak pada informasi di bawah ini, ya!

1. Cara Penggunaan 

Perbedaan paylater dan pinjaman online yang paling mendasar adalah mengenai cara penggunaannya. Paylater membukakan akses fleksibilitas pembayaran dengan membayarnya nanti, sedangkan pinjaman online memungkinkan kamu memperoleh dana tambahan dalam jumlah tertentu. Namun, keduanya sama-sama memiliki tenggat waktu pembayaran dan harus diselesaikan sebelum jatuh tempo.

2. Sistem Pembayaran

Perbedaan kedua terletak pada sistem pembayaran, di mana paylater mengharuskan kamu untuk membayar tagihan sesuai jangka waktu atau periode tertentu, misalnya enam bulan dengan enam kali cicilan. Sementara pada pinjaman online, meski sama-sama memiliki tenggat waktu dan jumlah dana cicilan yang harus dibayar, namun jangka waktu ini dapat ditentukan oleh nasabah di permohonan awal.

3. Aturan yang Mengatur

Pinjaman online di Indonesia, disediakan oleh lembaga keuangan terpercaya yang seluruh kegiatannya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengawasan ini diatur dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 10/POJK.05/2022 mengenai aturan pinjaman online. Sementara untuk paylater, sampai saat ini tidak ada aturan resmi yang mengatur tata cara dan sistem pelaksanaannya.

4. Suku Bunga 

Paylater biasanya tidak memiliki bunga atau denda keterlambatan jika pembayaran diselesaikan tepat waktu. Sementara untuk pinjaman online, memiliki bunga yang sudah ditentukan sebelumnya. Penting agar kamu berhati-hati dan memperhatikan besaran suku bunga sebelum mengajukan pinjaman. Di LINE Bank, kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah mulai 0,88% per bulan. Pinjaman online di LINE Bank juga bisa digunakan sebagai pinjaman untuk modal usaha awal karena suku bunga yang rendah dan dijamin keamanannya.

Baca Juga: Sangat Mudah dan Cepat! Inilah 4 Cara Menggunakan Paylater

Apakah Aman Menggunakan Pinjaman Online sebagai Pinjaman untuk Modal Usaha Awal?

Pinjaman online dapat menjadi pilihan yang aman sebagai pinjaman untuk modal usaha awal. Namun, perhatikan beberapa hal berikut sebagai pertimbangan sebelum mulai mengajukan pinjaman:

1. Keamanan Data

Memastikan platform pinjaman online yang memiliki kebijakan keamanan data yang kuat dan menggunakan enkripsi untuk melindungi informasi pribadi nasabah. Pastikan juga apakah platform pinjaman online melakukan verifikasi identitas untuk melindungi dari penipuan dan identitas palsu.

2. Reputasi Platform

Lakukan riset tentang reputasi platform pinjaman sebelum mengajukan pinjaman. Baca ulasan pengguna dan yang terpenting adalah mengecek lisensi dan legalitas dari jasa penyedia keuangan tersebut, apakah memiliki izin resmi dan pengawasan langsung dari pemerintah melalui OJK serta mengikuti regulasi dan aturan yang berlaku..

3. Kebijakan Privasi 

Sebelum menyetujui atau menandatangani kesepakatan pinjaman, jangan pernah mengabaikan poin-poin yang tercantum dalam kebijakan privasi. Baca dan pahami seluruh ketentuannya dengan baik, termasuk bagaimana datamu akan digunakan dan dibagikan.

4. Transparansi Biaya 

Periksa dengan teliti biaya dan suku bunga yang terkait dengan pinjaman online. Pastikan kamu memahami semua biaya yang terkait dan tidak ada biaya tersembunyi. Misalnya dengan mengetahui angka dari besaran suku bunga yang harus dibayar per bulan.

Nah, Sobat LINE Bank, pastikan kamu melakukan riset dan cermat dalam memilih, ya. Selalu baca syarat dan ketentuan dengan teliti sebelum mengajukan pinjaman. Terlebih jika kamu berniat menggunakan dana pinjaman untuk modal usaha awal. Yuk, langsung saja ajukan kredit tanpa agunan di LINE Bank sekarang!

download LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323