Koperasi Kredit: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

Koperasi Kredit: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

Hi, Sobat LINE Bank!

Ada gak dari kalian yang punya ide atau kepikiran buat bikin usaha atau ada niatan bikin UMKM tapi belum cukup modal? Nah, kali ini kita bakal bahas salah satu lembaga negara yang bisa memberikan pinjaman. Tahu gak apa? Yup, koperasi kredit.

Pernah gak kalian mendengar tentang koperasi kredit?

Koperasi kredit atau mungkin kalian pernah mendengar nama lainnya di buku sekolah dasar dengan nama “koperasi simpan pinjam”.

Yuk, simak penjelasan dibawah untuk mengetahui tentang pengertian, fungsi, dan kelebihan koperasi kredit!

Pengertian Koperasi Kredit

Apa itu koperasi kredit?

Koperasi kredit adalah lembaga keuangan kecil yang menerapkan sistem pengumpulan uang dari anggota-anggota koperasi.

Uang yang terkumpul ini akan diberikan sebagai pinjaman kepada anggota koperasi lainnya.

Dengan diberikanya pinjaman ini akan meningkatkan atau memperkuat usaha debiturnya.

Sementara, koperasi mendapatkan untung dari meminjamkan bunga dan usaha anggotanya berhasil.

Berdasarkan Pasal 19 Peraturan Pemerintah No.9 tahun 1995, terdapat dua kegiatan utama koperasi simpan pinjam.

Kegiatan utama tersebut adalah memberikan tempat yang aman untuk menabung dan memberikan pinjaman kepada anggota, calon anggota atau koperasi lainnya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa koperasi kredit adalah pinjaman berasal dari anggota koperasi sendiri. Hal ini sesuai dengan asas koperasi yaitu asas kekeluargaan dan gotong royong.

Sumber Dana Koperasi

Dana koperasi kredit berasal dari beberapa sumber. Di bawah ini akan kita bahas, yuk cermati!

  1. Simpanan Pokok

Pertama, siimpanan pokok adalah simpanan yang dibayarkan saat bergabung menjadi anggota koperasi dan hanya dilakukan sekali saja.

  1. Simpanan Wajib

Simpanan wajib ini dibayarkan oleh anggota koperasi setiap bulannya.

  1. Simpanan Sukarela

Simpanan sukarela yang sesuai namanya adalah sukarela sehingga jumlah yang dibayarkan oleh anggota tergantung pada anggota itu sendiri dan tidak memiliki waktu tetap

  1. Dana Cadangan

Berikutnya adalah dana cadangan yaitu sisa dari hasil usaha yang tidak digunakan maupun dibagikan kepada anggota koperasi.

  1. Modal Pinjaman

 Modal pinjaman ini didapat dari pihak lain seperti bank yang ditujukan untuk memperkuat modal koperasi.

  1. Hibah

Hibah atau dana yang diberikan secara gratis dari pihak lain kepada koperasi.

Fungsinya apa ya?

Selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi dari koperasi kredit. Dikarenakan koperasi kredit berasal dari koperasi yang merupakan sebuah lembaga untuk membantu dan meningkatkan kesejahteraan rakyat maka koperasi kredit juga memiliki fungsi yang sama yaitu mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Koperasi Kredit menyediakan layanan simpan pinjam dengan bunga rendah dan mempermudah untuk anggotanya mengajukan pinjaman. Proses dari pengajuan kredit ini juga cukup mudah dan cepat. Pengumpulan dana ini juga bersifat terbuka sehingga memudahkan peminjam untuk meminjam.

Umumnya, pengguna dari koperasi kredit ini adalah pengusaha UMKM dan pedagang kecil yang ingin merintis usahanya ataupun memperbesar usahanya. 

Tujuan Koperasi Kredit

Sesuai dengan asas dan tujuan koperasi yaitu kekeluargaan dan kesejahteraan masyarakat, maka koperasi kredit juga memiliki tujuan yang sama.

Koperasi kredit yang debiturnya mayoritas adalah pengusaha kecil dan penggiat UMKM ini bertugas untuk memberikan modal atau pinjaman kepada mereka sehingga memiliki dampak mensejahterakan. Koperasi kredit juga merupakan tempat yang aman untuk menabung uang. Sehingga, nilai modal yang bisa dibagikan kepada debitur bisa meningkat. 

Kelebihan Koperasi Simpan Pinjam

Kalau sobat LINE memilih koperasi kredit untuk pinjaman, maka koperasi kredit memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  1. Badan usaha yang memiliki sikap gotong royong dan kekeluargaan

Koperasi kredit ini mengusung sikap gotong royong dan kekeluargaan dikarenakan modal dari koperasi ini berasal dari anggotanya sendiri dan anggotanya pula yang dapat meminjam. 

  1. Bertujuan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Koperasi

Koperasi kredit bisa dikatakan demikian dikarenakan hanya dua simpanan yang diwajibkan kepada anggota koperasi yaitu simpanan pokok yang dibayarkan hanya sekali dalam masa keanggotaan koperasi kredit dan simpanan wajib yang hanya dibayarkan sekali tiap bulannya. Keduanya memiliki nilai yang rendah yaitu Rp.25.000 untuk simpanan pokok dan Rp. 5.000 untuk simpanan wajib.

Kekurangan Koperasi Kredit

Meskipun koperasi kredit memiliki kelebihan, namun koperasi kredit juga mempunyai kekurangan.

  1. Terbatas

Dikarenakan pengoperasan koperasi kredit yang kecil menjadikan koperasi kredit terbatas. Contohnya dalam persediaan modal yang disebabkan jumlah yang sukarela dan rendah. Hal ini juga menjadikan koperasi kredit sulit bersaing dengan lembaga besar lain.

  1. Pengelolaan tidak dilakukan oleh tenaga profesional

Koperasi kredit kurang dioperasikan oleh tenaga professional juga dikarenakan asas kekeluargaan sehingga terdapat pula probabilitas terjadinya konflik antara anggota koperasi.

Itu dia informasi tentang pengertian, fungsi, dan kelebihan dari koperasi kredit. Keren kan? Apa kalian tertarik?

Tapi, kalau kalian bukan anggota koperasi tapi kalian punya ide-ide bagus untuk membuat usaha, tenang aja. Karena LINE Bank juga menawarkan pinjaman buat modalin ide bisnis kalian yang keren dan kreatif dengan cara super gampang! Kalian juga bisa menggunakan tabungan digital LINE Bank untuk menyimpan uang kalian, kalau kalian pakai tabungan digital LINE Bank. Mumpung lagi ada promo cashback sampai 30 September 2023 buat pengguna baru nih!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323