Inilah 5 Tips Belanja Hemat Untuk Satu Minggu

Sobat LINE Bank, mengatur keuangan tidak hanya dibutuhkan selama satu bulan ke depan. Akan lebih baik jika kamu merencanakan aktivitas belanja setiap minggunya agar dapat memastikan besaran pengeluaran yang tepat. Tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa tips belanja hemat untuk satu minggu yang bisa Sobat LINE Bank terapkan. 

Seiring dengan perkembangan zaman, harga barang terus mengalami peningkatan. Apabila tidak berhemat, kamu bisa saja memiliki pengeluaran 2 kali lebih banyak dibanding biasanya. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan rencana belanja mingguan. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Tips Belanja Hemat untuk Satu Minggu?

Setiap orang pasti mengharapkan pengelolaan finansial yang efektif dan hemat. Apabila masih merasa kesulitan untuk memulai kebiasaan hidup hemat, ada beberapa tips yang bisa Sobat LINE Bank terapkan. Berikut ulasan lebih lengkapnya:

1. Menetapkan Besaran Anggaran

Menetapkan anggaran yang dibutuhkan setiap minggunya akan membantu Sobat LINE Bank dalam menghemat pengeluaran. Kamu dapat mengatur berapa pengeluaran yang dibutuhkan untuk berbelanja kebutuhan. Anggaran juga membantu kamu menghindari pembelian yang tidak dibutuhkan. 

Sebagai langkah menghemat pengeluaran, belakangan ini banyak ditemukan inovasi dompet dengan banyak kantung yang berfungsi untuk memisahkan uang berdasarkan kategori tertentu seperti uang minggu pertama hingga keempat, uang tabungan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cek Money Personality Mu! Kamu tipe yang mana?

2. Membuat Daftar Belanja

Secara tidak sadar, keberadaan daftar belanja efektif untuk menahan diri berbelanja di luar kebutuhan. Daftar belanja akan membantu memberikan informasi seputar kebutuhan yang harus dibeli sekaligus mengingatkan jumlah pengeluaran yang dapat dikeluarkan setiap minggunya. Hal ini berlaku terutama pada kebutuhan belanja sayuran dan bahan makanan dengan ketahanan yang singkat dan harus segera diolah. 

3. Hindari Pembelian Pada Tempat yang Tidak Sesuai Budget

Memiliki daftar belanja dan total budget yang bisa dikeluarkan tidak cukup untuk mewujudkan belanja hemat Sobat LINE Bank. Tips belanja hemat lain yang perlu diperhatikan adalah menghindari pembelian atau belanja di tempat yang kurang sesuai dengan total budget mingguan. 

Dibandingkan itu, Sobat LINE Bank sebaiknya mencari tempat perbelanjaan dengan harga yang lebih terjangkau atau lebih murah dari perkiraan rencana anggaran. Tentu saja bisa semakin menghemat dana yang harus dikeluarkan.

4. Membawa Uang yang Pas

Keinginan untuk berbelanja akan menjadi lebih besar jika Sobat LINE Bank merasa bahwa ada banyak cash atau uang yang dibawa. Hal ini akan mendorong kamu menjadi lebih impulsif dan cenderung mudah untuk membeli sesuatu di luar kebutuhan. Apabila dalam setiap minggunya hal ini terus dilakukan, bukannya hemat, kamu justru menciptakan pengeluaran baru yang besar. 

5. Manfaatkan Promo 

Sobat LINE Bank, siapa sih yang tidak suka dengan promo? Cara promosi yang memperkenalkan produk dengan metode pemberian potongan harga, cashback, bundling special, dan lain sebagainya adalah alat iklan yang cukup banyak menarik pelanggan. Selain itu, pelanggan juga mendapatkan banyak keuntungan dengan promo yang diberikan. 

Memanfaatkan promo untuk berbelanja juga bisa melalui kartu debit yang digunakan. Jadi, pastikan Sobat LINE Bank sudah memiliki kartu debit LINE Bank untuk mendapatkan berbagai promo cashback dan voucher potongan harga saat berbelanja di berbagai marketplace.

Sebelum berbelanja, kamu dapat mencari tahu informasi promo pada akun di media sosial baik resmi maupun akun lain yang sengaja dibuat untuk memberikan informasi seputar promo pada tempat belanja yang kamu inginkan. 

Baca Juga: Belanja Bulanan Bikin Pengeluaran Membengkak?

Bagaimana Cara Memilih Barang Berkualitas dengan Harga Hemat?

Berhemat dengan memilih pembelian pada harga murah bukan berarti memilih kualitas barang yang buruk. Sobat LINE Bank dapat menemukan berbagai barang low budget tapi tetap berkualitas dengan 3 cara di bawah ini. Adapun cara memilih barang yang bisa diterapkan antara lain:

1. Pilih Marketplace yang Tepercaya

Untuk urusan marketplace, kamu tidak perlu lagi kesulitan menemukan yang tepercaya sebab saat ini telah tersedia banyak marketplace yang bisa Sobat LINE Bank download melalui App store atau Play store. Bahkan marketplace mengamankan transaksi dan mencegah terjadinya penipuan dengan sistem rekening bersama, sehingga kegiatan belanja menjadi lebih nyaman. 

Agar semakin hemat, jangan lupa untuk menggunakan promo dan fitur yang diberikan oleh marketplace seperti gratis ongkir dan cashback. Sehingga, kamu tidak perlu membayar ekstra biaya pengiriman saat pembelian. Cashback juga bisa digunakan untuk kegiatan berbelanja selanjutnya. 

2. Membandingkan Harga 

Sebelum membeli barang, Sobat LINE Bank sebaiknya mempertimbangkan beberapa pilihan terlebih dahulu. Agar lebih hemat, bandingkan harga dan kualitas kedua produk dari berbagai marketplace, kemudian temukan mana produk yang lebih unggul. Kamu dapat melakukan pengecekan kualitas melalui deskripsi produk dan penilaian yang diberikan pelanggan lainnya. 

Baca Juga: Atasi Kebiasan Belanja Impulsif, Yuk Cobain!

3. Cek Review

Pada umumnya, penilaian yang diberikan oleh pelanggan lain disertai dengan review produk dan foto. Review yang diberikan pada setiap produk dapat Sobat LINE Bank gunakan sebagai acuan dan informasi bagaimana kondisi serta kualitas produk yang sebenarnya. 

Sebab biasanya deskripsi produk yang diberikan oleh penjual akan sedikit berlebihan agar lebih menjual. Sehingga melihat review dapat membantu kamu memahami produk secara lebih nyata dan nantinya dapat membuat keputusan pembelian yang tepat pada barang berkualitas namun tetap hemat. 

Jadi, apakah Sobat LINE Bank sudah menerapkan tips belanja hemat untuk satu minggu? Perlu diingat bahwa mengedepankan gengsi tidak akan memberikan kamu keuntungan apa pun. Justru, kebiasaan boros akan membawa kamu ke kondisi finansial yang tidak stabil. Sebaliknya, hidup hemat akan membantumu mencapai kondisi finansial yang lebih stabil. 

Dalam menerapkan belanja hemat mingguan, Sobat LINE Bank dapat menemukan beragam promo LINE Bank yang tentunya menguntungkan dan membantu kamu tetap hemat melalui penggunaan kartu debit LINE Bank. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasinya, buka tabungan LINE Bank dan temukan berbagai promo menarik di dalamnya.

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324