Mau ke PRJ, Tapi Takut Boncos?

PRJ atau Pekan Raya Jakarta sudah kembali dibuka setelah 2 tahun

Annyeong Sobat LINE Bank~

Pekan Raya Jaka (PRJ) atau yang terkadang disebut Jakarta Fair akhirnya dibuka lagi setelah 2 tahun tidak ada dikarenakan pandemi. Tahun ini Jakarta Fair kembali diadakan pada 9 Juni hingga 17 Juli 2022 mendatang. 

Seperti yang kita tahu di sini kita bisa menemukan banyak sekali barang-barang yang berguna untuk sehari-hari. Mulai dari perabotan rumah, pakaian, furniture, perlengkapan bayi, hingga motor atau mobil. Tidak hanya itu saja, Jakarta Fair juga menawarkan banyak sekali promosi, diskon, dan harga fantastis loh. PRJ juga identik dengan acara musik yang diselenggarakan setiap hari saat menjelang malam. 

Karena itu, tidak sedikit yang berbelanja banyak bahkan berlebihan di event PRJ ini. Apalagi setelah absennya 2 tahun, bisa jadi orang-orang langsung borong apapun yang terlihat di sana bukan?

Walaupun seperti ini, Sobat LINE Bank semuanya harus bisa menahan nafsu jajan atau boros saat disana ya! Yuk intip beberapa tips biar belanjaan kamu nanti di Jakarta Fair tidak berlebihan dan kebablasan~

Siapkan selalu uang tunai

Walaupun memang sekarang sudah era digital, tapi tidak ada salahnya kita tetap menyiapkan uang tunai. Khususnya di Jakarta Fair ini, tidak semua penjual atau pedagang menyediakan fasilitas mesin untuk pembayaran kartu debit atau kredit. Bahkan tidak semua pedagang memiliki fasilitas pembayaran menggunakan QR. Hal ini mungkin terjadi karena tidak semua pedagang merupakan pedagang besar atau toko-toko besar. Ada juga penjual kaki lima, atau yang memang berkeliling tanpa membawa mesin EDC. 

Tidak hanya untuk berbelanja keperluan, uang tunai juga lebih praktis digunakan untuk membeli minuman keliling yang dijual oleh para SPG atau SPB. Karena itu lebih baik, kamu menyiapkan uang tunai untuk berjaga-jaga ya. Karena untuk mencari mesin ATM atau bahkan mengantri kamu akan sangat kesulitan dan sering sekali uang di ATM habis. 

Baca Juga: Pacaran Anti Bokek!

Tentukan budget pengeluaran saat di PRJ nanti

Jika kamu memang ke PRJ dengan niatan berbelanja dan memburu harga-harga diskon. Agar tidak kebablasan, ada baiknya kamu menentukan budget pengeluaran saat di PRJ ini. Misalnya selama PRJ ini kan buka 39 hari, kamu bisa bikin budget misalnya total pengeluaran hanya Rp1.000.000. Untuk total 1 juta ini kamu bisa membaginya dalam beberapa kali kedatangan di PRJ. 

Dengan memiliki budget pengeluaran sebelum pergi ke Jakarta Fair, kamu akan lebih bisa menahan hasrat belanja ataupun jajan-jajan loh. Apalagi jika kamu membawa anak kecil, karena disana banyak sekali wahana permainan. Bisa jadi pengeluaran dan keuanganmu sangat amat membengkak loh. 

Baca Juga: Cara Menangani Akhir Bulan

Siapkan daftar belanja

Nah setelah menentukan budget pengeluaran, jangan sampai lupa untuk menyiapkan daftar belanjaan ya. Dengan daftar belanjaan ini kamu lebih mudah untuk tetap stick to the list belanjaan. 

Dengan memiliki daftar belanjaan kamu juga tidak akan ada belanjaan yang terlupakan. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk membandingkan harga di berbagai tenant PRJ loh. Karena tak ada salahnya untuk keliling dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk berbelanja.

Baca Juga: Tips Keuangan Ala influencer!

Jika memang bisa, mulailah belanja saat hampir tutup

Bagi yang belum tau, beberapa tenant di Jakarta Fair sering sekali loh memberikan harga spesial saat sudah mau tutup. Hal ini dikarenakan para tenant ingin mengejar omzet harian. Jadi tak sedikit bahwa tenant maupun stand-stand di PRJ akan rela membanting “harga”nya. 

Ini juga bisa jadi salah satu cara agar kamu lebih dapat menghemat pengeluaran kamu, tetapi tetap mendapatkan barang yang lebih banyak dan lebih bagus bukan? Tapi jangan selalu diterapkan untuk kebutuhan yang prioritas kamu ya. Karena bisa jadi selagi kamu menunggu larut malam, nyatanya barang yang diinginkan sudah habis terjual.

Jadi tetaplah bijaksana untuk menentukan barang-barang mana yang kemungkinan akan masih ada atau mudah kehabisan. 

Baca Juga: Bisnis Modal Kecil, Tambah Passive income!

Jika memang tujuan awal berbelanja kebutuhan, ada baiknya pergi saat hari biasa

Jika datang ke PRJ bukan untuk niatan jalan-jalan saja, ada baiknya pergi di hari kerja. Hal ini tentu dikarenakan hari libur pasti akan lebih banyak lagi pengunjung yang datang. Bahkan bisa meningkat sangat drastis, ini bisa membuat kamu tidak nyaman saat berbelanja kebutuhan nanti. Dengan pengunjung yang tidak terlalu banyak, kegiatan mencari-cari kebutuhan juga akan lebih mudah dan tidak perlu berdesak-desakan. 

Namun jika memang niat hati berkunjung ke acara ini untuk jalan-jalan, tidak ada salahnya untuk berkunjung di hari libur. Tapi jangan sampai tujuan awal untuk melepaskan penat di Jakarta Fair, eh malah makin penat karena ramainya pengunjung di hari libur. Jadi kamu bisa sesuaikan lagi ya untuk waktu keberangkatannya. 

Makan dulu sebelum pergi, jika mau bawalah minum

Karena di PRJ sangat banyak stand makanan maupun snack-snack. Agar pengeluaran kamu tidak membengkak, tidak ada salahnya loh untuk makan terlebih dahulu. Walaupun memang sebenarnya tidak apa untuk makan di sana, namun harga makanan disana cenderung tinggi dan hanya sedikit yang membuat kita kenyang. Tapi jika kamu memang kesana untuk niat hati berkuliner, tidak ada salahnya kok

Lalu jangan lupa untuk selalu menyediakan setidaknya 1 botol air minum. Hal ini agar kamu terhindar dari dehidrasi ya. Dimana tempat-tempat yang kamu ingin kunjungi di PRJ bisa tergolong cukup jauh dari 1 ke tempat 1 lagi. Apalagi jika kamu ingin mengelilingi semua tempat yang ada di PRJ. Sangat penting untuk tetap menjaga kebutuhan cairan tubuh ya!

Harus pintar menawar!

Nah, walaupun memang rata-rata harga di Jakarta Fair ini sudah murah. Tapi tidak ada salahnya kok, untuk menawar agar mendapatkan harga yang lebih rendah lagi. Cara ini juga bisa membuat pengeluaran kamu menjadi lebih minim bukan? 

Tidak usah malu atau ragu untuk menawar harga dari suatu produk yang memang kamu ingin beli ke penjual. Selama harga masih masuk akal dan tidak terlalu rendah, sangat memungkinkan loh para pedagang akan memberikan harga sesuai tawaran kamu!

Oh iya, kamu juga bisa melihat harga tiket masuk PRJ dibawah ini ya

  • Senin tanpa konser Rp 30.000
  • Selasa, Rabu, dan Kamis tanpa konser Rp 40.000
  • Jumat, Sabtu, dan Minggu tanpa konser Rp 50.000
  • Senin dengan bundling tiket konser Rp 60.000
  • Selasa, Rabu dan Kamis dengan bundling tiket konser Rp 70.000
  • Jumat, Sabtu, dan Minggu dengan bundling tiket konser Rp 100.000

Nah itu dia Sobat LINE Bank beberapa cara dan tips agar kamu tetap bisa datang PRJ tanpa takut boncos! Gimana, udah siap belum berbelanja ke PRJ dan kembali merasakan vibes PRJ seperti dahulu kala?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 284