Tips Mengelola Uang Biar Tanggal Tua Tetap Aman & Hati Tenang

Tips Mengelola Uang Biar Tanggal Tua Tetap Aman & Hati Tenang
Source: Koinworks.com

Tips Mengelola Uang Biar Tanggal Tua Tetap Aman & Hati Tenang – Sobat LINE Bank, Ada gak sih yang merasa pengeluaran serta kebutuhan seperti tidak ada habisnya? Kadang juga kita jadi lebih sering gelisah dan hati tidak tenang kalau disaat tanggal tua, pas banget belum gajian tapi sudah ada kebutuhan yang memang harus dipenuhi tapi uang pun pas-pas an.

Solusinya mau gak mau kita dituntut untuk mengatur keuangan sebaik mungkin saat habis gajian, agar tidak terjadi pemborosan. Dengan pengelolaan uang yang baik, jadi tidak perlu khawatir uang menipis di tanggal tua.

Kunci utama mengelola uang dengan baik, yakni keinginan tidak lebih banyak dari kebutuhan. Kamu harus cermat dalam menentukan kebutuhan dan keinginan. Kuncinya dalam mengelola keuangan kamu hanya perlu mengontrol pengeluaran agar tidak mudah tergoda dengan hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Agar uang bulanan dapat dikelola dengan baik, berikut Tips Mengelola Uang Biar Tanggal Tua Tetap Aman & Hati Tenang. Yuk, disimak!

1. Menentukan Skala Prioritas atau Anggaran Bulanan

Tips utama dalam mengatur keuangan yang baik, harus bisa menentukan skala prioritas. Terkadang keinginan dan kebutuhan perbedaannya sangat tipis. Oleh karena itu, Kamu harus benar-benar bijak dalam menentukan barang-barang yang dibutuhkan.

Cara yang paling sederhana, Kamu dapat membuat sebuah catatan kecil berisi tabel kebutuhan dan tabel keinginan. Tulislah barang-barang sesuai kolomnya. Jika barang-barang tersebut benar dibutuhkan, tulis alasannya juga.Menentukan skala prioritas dapat menekan angka pengeluaran cukup signifikan. Dengan skala prioritas, juga dapat terhindar dari kebiasaan boros. 

2. Pisahkan Rekening Sesuai Kebutuhan

Setelah Menentukan skala prioritas, kamu juga harus punya dua rekening bank yang berbeda. Coba gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari seperti, menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Dan untuk rekening lain dapat kamu gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus kamu tabung dari gaji bulanan mu. Atau simple nya kamu harus memiliki rekening sesuai pos-pos kebutuhan kamu, contohnya seperti rekening untuk traveling, menabung, biaya sehari-hari dsb.

Pas banget untuk mempermudah kamu, di LINE Bank juga ada fitur multi rekening, lho! Di fitur ini kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari pengeluaran sehari-hari, tabungan, hingga rekening untuk jajan atau memenuhi keinginan kamu nantinya. Jadi lebih mudah kan, Sobat LINE Bank?

3. Manfaatkan Promo & Diskon

Saat ini banyak tempat belanja yang memberikan pelanggannya diskon dan promo besar-besaran. Jika kamu mengetahui hal tersebut, jangan sungkan untuk ikut serta berburu barang-barang promonya.

Apalagi kalau kamu punya Rekening LINE Bank, bakal lebih cuan deh! Karena banyak promo menarik dengan merchan-merchand pilihan, baik offline atau online. Pokoknya langsung aja deh coba cek di link ini, siapa tau ada merchand favotite mu ikutan promo!

4. Kurangi Bepergian Yang Kurang Penting

Selain menghentikan kebiasaan membeli barang yang kurang dibutuhkan, menghindari bepergian yang kurang penting juga perlu untuk dilakukan.Dalam sebulan jenis pengeluaran ada bermacam-macam. Selain makan, salah satu yang kerap menjadi pengeluaran terbesar adalah ongkos atau uang transport.Dengan mengurangi bepergian yang kurang penting, budget untuk transportasi dapat disisihkan untuk hal lain yang sifatnya lebih mendesak.

5.Sisihkan Untuk Tabungan

Jika selama ini kamu terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Itu dia Tips Mengelola Uang Biar Tanggal Tua Tetap Aman & Hati Tenang. Daripada digunakan untuk hal yang kurang penting, sisa uang bulanan lebih baik ditabung untuk dana darurat apabila suatu saat diperlukan. Nah dalam mempersiapkan dana darurat, kamu bisa lho menabung di LINE Bank!

Karena di LINE Bank jika kamu baru membuka rekening, akan dapat promo yang nguntungin kamu banget! Kamu akan dapat CASHBACK hingga Rp 650.000,- lho!

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma Download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Bagikan ke Temanmu