3 Tips Kredit Tanpa Agunan yang Pasti Disetujui oleh Bank

Saat ini pengajuan kredit sudah tidak sulit lagi. Syaratnya mudah, proses pengajuannya pun cepat. Hal ini bisa terjadi karena munculnya fintech serta kehadiran layanan KTA alias Kredit Tanpa Agunan. Meski prosesnya mudah, nyatanya masih ada masyarakat yang pengajuannya ditolak. Apakah Sobat LINE Bank salah satunya?

Ada banyak alasan mengapa pengajuan Sobat LINE Bank ditolak. Namun jangan khawatir karena LINE Bank akan membagikan tips untuk memastikan kredit tanpa agunan yang pasti disetujui. Pada kesempatan kali ini LINE Bank juga akan mengajak kamu yang baru pertama kali mengajukan KTA untuk memahami informasi dasarnya terlebih dahulu.

Tanpa berpanjang lebar lagi mari langsung simak informasinya di bawah ini! 

Apa Pengertian Kredit Tanpa Agunan?

pengertian kredit tanpa agunan

Dari namanya saja seharusnya kamu sudah tahu apa itu kredit tanpa agunan. Kata Agunan yang ada di belakangnya menjadi kunci untuk memahami layanan kredit satu ini. Agunan menurut KBBI berarti cagaran, jaminan, atau tanggungan. 

Itu berarti kredit tanpa agunan adalah suatu layanan yang memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan dengan tidak memerlukan jaminan. Tanpa adanya jaminan, KTA diharapkan dapat menolong masyarakat yang memang tidak memiliki suatu barang untuk dijadikan jaminan. 

Selain itu prosesnya yang cepat juga membantu orang-orang yang membutuhkan dana dalam waktu singkat. Biasanya KTA digunakan untuk perbaikan rumah, membayar uang sekolah, dan lain sebagainya. 

Namun tetap perlu dipahami bahwa limit pinjaman yang diberikan juga tidak sebesar KPR atau jenis kredit lainnya yang disediakan oleh bank. Jadi penggunaan KTA memang bukan untuk cicilan rumah atau kendaraan, melainkan hanya untuk keadaan mendesak. 

Baca Juga: Agunan: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Apa Saja Kegunaan Kredit Tanpa Agunan?

kegunaan kredit tanpa agunan

Sejatinya kamu bisa menggunakan KTA untuk apa saja. Kamu bisa membeli smartphone, laptop, atau bahkan komputer terbaru. Kamu bisa menggunakannya untuk liburan atau untuk membayar cicilan. 

Kamu memiliki pilihan untuk menggunakannya tanpa ada larangan dari siapa pun. Namun ada baiknya KTA hanya kamu gunakan dalam keadaan mendesak saja. Hindari penggunaan untuk membayar utang kredit, liburan, atau belanja barang tersier. 

Masalahnya KTA juga memiliki beban biaya yaitu bunga yang harus kamu bayarkan. Jika keadaan keuangan sedang tidak stabil namun kamu justru malah hidup berfoya-foya maka penderitaan mencicil utang akan menjadi “penjara” yang menakutkan. Lebih baik kamu menggunakannya untuk beberapa hal berikut ini. 

1. Memperbaiki Rumah

Cuaca dan bencana alam bukan kejadian yang bisa manusia kontrol. Kamu tentu tidak bisa mengendalikan hujan supaya tidak turun ke bumi.

Namun ketika hujan deras akhirnya membuat rumah bocor parah atau banjir yang mengakibatkan kerusakan berbagai perabotan maka sudah pasti perbaikan harus dilakukan. Untuk keadaan seperti inilah KTA dimanfaatkan untuk mencukupkan biaya perbaikan rumah dan penggantian perabot baru. 

2. Biaya Pendidikan

KTA juga bisa digunakan untuk mencukupi biaya pendidikan. Entah itu biaya SPP anak atau membantu membiayai uang semesteran di universitas. Kamu bisa langsung mengajukan KTA tersebut agar pendidikan anak atau bahkan untuk diri sendiri bisa terus berlanjut. 

3. Belanja Pokok

Tidak bisa dimungkiri bahwa harga kebutuhan pokok sudah sangat mahal. Belum lagi kalau sedang ada acara besar layaknya Idul Fitri atau Natal maka bisa dipastikan harganya melambung tinggi. Bukan hanya bahan makanan, listrik, dan air juga menjadi kebutuhan yang harus dibayarkan secara tepat waktu. 

Ketika pendapatan yang kamu terima sudah tidak lagi mampu membayarkan semua hal tersebut maka KTA bisa dimanfaatkan. Namun jangan berbelanja secara impulsif agar kamu bisa menekan biaya pengeluaran. 

4. Menambahkan Modal Usaha

Pandemi COVID-19 mengakibatkan banyak usaha tutup dan PHK yang sebenarnya merupakan sumber pendapatan utama masyarakat. Selama 2 tahun hampir semua orang menjajal peruntungan mereka untuk membangun usaha baru demi mendapatkan pendapatan. 

Tetapi ada juga yang tidak bisa memulainya karena kekurangan uang sebagai modal usaha. Jika demikian maka kamu bisa mengajukan pinjaman KTA supaya bisnis bisa berjalan dan menghasilkan keuntungan. 

5. Dana Darurat

Kejadian-kejadian tidak terduga memang tidak pernah bisa hindari. Kamu hanya bisa melakukan persiapan terbaik dalam bentuk mengumpulkan dana darurat. Tetapi apabila jumlah dana darurat yang kamu kumpulkan kurang maka KTA bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Proses pencairannya yang mudah dan singkat memang bisa kamu manfaatkan dalam keadaan genting seperti kecelakaan atau biaya lainnya.

Baca Juga: Apa Itu KTA Bank? Ini Jenis dan Syarat Mengajukannya

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Bagaimana Tips Kredit Tanpa Agunan yang Pasti Disetujui Bank?

tips kredit tanpa agunan yang pasti disetujui bank

Memastikan pengajuan langsung diterima sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi dan syarat yang sudah diberikan oleh bank. Tetapi jika ternyata masih ditolak, kamu bisa mengulanginya dengan mempraktikkan tips berikut. 

1. Memiliki Reputasi Kredit yang Baik

Reputasi kredit yang baik dilihat dari seberapa sering kamu melakukan pinjaman dan apakah langsung dilunasi tanpa masalah. Reputasi tiap nasabah akan tercatat dalam data pusat yang bisa diakses oleh seluruh bank untuk memastikan bahwa pinjaman yang diberikan bisa dikembalikan dengan baik. 

Jika kamu selalu melakukan kewajiban dengan baik maka pengajuan KTA bukan lagi masalah. 

2. Melunasi Setiap Cicilan

Jika saat ini kamu masih memiliki cicilan maka ada baiknya untuk melunaskan semua utang. Biasanya pihak bank akan menolak pengajuan karena kamu masih memiliki utang yang perlu dibayar. Kamu bisa mencoba mengajukan KTA kembali ketika utang sudah berhasil diselesaikan.

3. Mengajukan Nominal Pinjaman Sesuai Kemampuan

Nominal yang diajukan harus sesuai dengan kemampuan kamu dalam mengembalikannya. Coba perhitungkan terlebih dahulu apakah kamu benar-benar mampu membayar kembali pinjaman yang akan dilakukan. 

Jangan hanya mengajukan nominal sebesar mungkin agar kamu bisa menggunakannya secara leluasa. Ingat bahwa pinjaman memiliki bunga sebagai biaya tambahan yang harus dibayarkan. 

Melakukan persiapan dan memastikan bahwa reputasi Sobat LINE baik menjadi prioritas agar pengajuan KTA diterima. Jika Sobat LINE Bank sudah mempraktikkan berbagai tips kredit tanpa agunan yang pasti disetujui maka proses pengajuan bukan lagi hambatan besar. 

Kamu tinggal menunggu sampai proses verifikasi selesai lalu uang bisa langsung digunakan. Namun pastikan lagi bahwa bank yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhanmu serta memiliki pelayanan terbaik untuk menghindarkan miskomunikasi pada waktu mendatang. 

Baca Juga: Intip! Keunggulan Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan

Daripada bingung memilih bank yang akan digunakan, kamu bisa mencoba KTA di LINE Bank. Kamu bisa melakukan pengajuan dari smartphone supaya pinjaman uang cepat cair tanpa harus repot-repot datang ke kantor cabang terdekat. 

Semua prosesnya mudah diakses hanya tinggal membuka aplikasi LINE Bank dan ikuti instruksi yang tertera di layar. LINE Bank juga menawarkan keamanan dengan adanya notifikasi langsung dari aplikasi LINE Bank, SMS, dan juga LINE. Tenor yang diberikan panjang yakni dari 3 bulan sampai 60 bulan. Sangat fleksibel, bukan? Segera download aplikasi LINE Bank dan nikmati kemudahan mengajukan pinjaman!

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324