Kecemasan Finansial Melanda? Ini solusinya

Ada banyak gejala kecemasan dalam masyarakat. Namun tau ngga sih Sobat LINE Bank, ada yang namanya ‘money anxiety’ atau kecemasan finansial? Terkadang uang bisa menyebabkan seseorang stres yang berkelanjutkan. Ini dapat berdampak negatif pada kualitas hidup seseorang.

kecemasan finansial

Menurut Healthline, money anxiety pada dasarnya terjadi ketika seseorang khawatir tentang penghasilan atau takut sesuatu yang buruk bisa terjadi dengan keuangan mereka. Dengan kata lain, ini adalah suatu respons emosional terhadap situasi keuangan seseorang.

Kamu sudah tau belum tanda tanda kamu sedang mengalami kecemasan finansial? Bisa jadi kamu salah satunya lho! Mari disimak, penting lho!

Cara Menangani Money Anxiety

Sobat LINE Bank ini ada beberapa strategi yang dapat membantu seseorang mengatasi kecemasan dan masalah keuangan mendasar yang dapat memicunya.

1. Tenangkan Diri

Jika kamu merasa sulit untuk fokus, cobalah untuk mengambil waktu istirahat selama sekitar 10 menit untuk menenangkan diri sekaligus meningkatkan suasana hati saat mengalami kecemasan terhadap uang. Misalnya, mendengarkan musik atau mencoba beberapa latihan pernapasan.

2. Cari Dukungan Sosial

Banyak orang menyembunyikan masalah keuangan karena mereka merasa malu atau menyalahkan diri sendiri atas situasi tersebut. Tetapi, banyak orang yang memiliki masalah dengan uang justru seringkali bukan karena kesalahan diri sendiri. Ingatlah bahwa siapa pun dapat mengalami money anxiety meskipun ia adalah seseorang yang kaya raya.

Maka dari itu, cobalah untuk mencari dukungan sosial dari teman dan orang-orang yang dicintai. Ini akan memberi kamu kesempatan untuk melampiaskan ketakutan yang dialami dan menerima bantuan dari orang lain.

3. Tetapkan Budget

Budget atau anggaran dapat membantu seseorang merencanakan kemana uang tersebut akan dikeluarkan setiap bulannya. Kamu dapat menetapkan batas tegas untuk setiap pengeluaran tanpa menghabiskan terlalu banyak uang secara berlebihan.

Baca juga : Pentingnya Bergaya sesuai dengan Budget!

Nah itulah cara menangani money anxiety. Segera terapkan tips yang mimin kasih ya! Kamu juga bisa lho untuk antisipasi kecemasan sosial memiliki rekening yang sudah dipilah sesuai kebutuhan. Bahkan di LINE Bank kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari pengeluaran sehari-hari, tabungan, hingga rekening untuk jajan atau memenuhi keinginan kamu nantinya. 

Ada dari Sobat LINE Bank belum punya akun LINE Bank? Yuk daftar sekarang!

Aplikasi LINE BANK bisa diunduh di sini bagi yang belum punya Ya!!

Bagikan ke Temanmu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *