Pentingnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Kurangnya kebiasaan menabung sejak dini membuat mu sulit mengatur keuangan di kemudian hari. Mungkin kamu juga dibebaskan untuk mengelola uang sendiri, dan kurang diimbangi dengan pengetahuan tentang bagaimana cara menghemat uang.

Menabung Sejak Dini

Dampaknya akan terasa saat sudah dewasa, bekerja, bahkan setelah memiliki anak. Biasanya lingkungan dan kondisi saat ini juga bisa menjadi penyebab perilaku konsumtif.

Baca juga: Tips menabung yang mudah diterapkan

Cobalah untuk menularkan kebiasaan menabung kepada anak-anak mu. Beri pemahaman kepada mereka bahwa betapa pentingnya menabung untuk kehidupan mereka setelah dewasa. Simak tips nya sebagai berikut:

1. Belajar Bertanggung Jawab

Ajarkan anak mu untuk selalu bertanggung jawab pada segala hal, terutama pada uang jajan yang berikan. Batasi uang jajan per hari atau per minggunya, biarkan anak mu berusaha keras agar uang tersebut cukup untuk satu hari atau satu minggu ke depan.

Dengan begitu, Anak pun akan bisa menyisihkan sisa uang jajannya untuk ditabung dan dibelikan barang berharga yang ia inginkan di kemudian hari.

2. Belajar Hidup Hemat

Manfaat menabung yaitu salah satunya adalah menghindari anak untuk berperilaku konsumtif. Jika sejak dini sudah mengajarkan anak untuk menabung dan membeli barang-barang sesuai keperluan saja, maka saat dewasa nanti ia akan terbiasa dengan hal itu. Ajarkan juga bahwa di masa depan ia akan menemukan hal-hal tidak terduga yang perlu dipersiapkan keuangannya.

3. Belajar Mengatur Keuangan

Cobalah biarkan anak mu membeli suatu barang yang ia inginkan dari sisa uang jajan yang telah ia sisihkan. Dengan begitu, anak akan belajar untuk memilah dan menyesuaikan kapan ia bisa membeli barang-barang yang ia inginkan menggunakan hasil tabungannya.

Kebiasaan menabung sejak dini ini dapat membentuk kebiasaan dalam mengatur dan merencanakan keuangan saat anak dewasa nanti. Kamu juga bisa mengarahkan anak Anda untuk memiliki target, seperti membeli mainan atau liburan bersama. Tentu saja menggunakan uang hasil tabungan sendiri.

4.Belajar Disiplin

Menabung dapat mengajarkan anak lebih disiplin. Kamu bisa menetapkan jumlah nominal untuk ditabung setiap harinya. Lalu, memberikan sanksi apabila anak tidak menabung di salah satu hari.

Mulailah memberi penjelasan pada anak yang berusia di atas 17 tahun untuk mulai melakukan investasi. Kebiasaan investasi bisa menjadi sangat bermanfaat untuk mental Anak di kemudian hari.

LINE Bank merupakan salah satu platform investasi deposito yang bisa dicoba, platform yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

Sobat LINE Bank dapat membuka rekening tabungan dan deposito di LINE Bank tanpa harus datang ke kantor cabang, cukup dengan download aplikasinya dan ikuti instruksinya. Praktis bukan? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu