Arti Rekening Dormant dan Mengapa Harus Dihindari

Mengenal Arti Rekening Dormant

Rekening dormant lebih lazim dikenal sebagai rekening pasif atau akun tak-aktif. Sesuai namanya, rekening ini tidak mengindikasikan mutasi aktif, seperti penarikan atau penyetoran, dalam jangka waktu lama. Ada pun mutasi yang masuk hanya berupa pendapatan bunga sesuai kesepakatan bank.

Saldo nya pun biasanya berjumlah kecil lantaran dibebankan biaya jasa perbankan setiap bulannya. Singkatnya, rekening dormant sering disebut akun tidur. Ketika sebuah akun sudah dicap dormant setelah beberapa waktu, nasabah tidak bisa lagi menggunakan rekening tersebut untuk melaksanakan kegiatan perbankan. Apabila rekening dalam status dormant yang cukup lama, bank akan menghapus atau menghilangkannya.

Baca juga: Memahami Pengertian Rekening, Jenisnya, dan Kegunaannya.

5 Penyebab Rekening Dormant

1. Kesalahan Transaksi

Penyebab ini terjadi saat ada uang masuk ke sebuah rekening akibat ketidaksengajaan atau kesalahan. Akibatnya, rekening penerima harus diblokir sementara agar dananya tidak disalahgunakan.

Rekening penerima dicap dormant setelah pengirim dana membuat laporan ke bank  mengenai kesalahan transfer. Jangan khawatir, penerima akan dihubungi oleh pihak bank dan mendapat laporan kalau akunnya dalam status dormant. Tunggu konfirmasi dari bank dan rekening penerima akan dibuka kembali.

2. Ada Aktivitas Mencurigakan

Aktivitas tidak wajar atau mencurigakan bisa membuat akun jadi dormant. Aktivitas tersebut bisa berupa hacker yang mengutak-atik m-banking, transfer uang yang terlalu sering, atau aktivitas penipuan. Pemblokiran ini berlangsung otomatis jika terjadi kejadian tersebut.

Lain halnya penarikan uang dalam jumlah besar lewat ATM, pihak bank harus melakukan konfirmasi lebih terlebih dulu kepada nasabah. Jika pihak bank gagal menghubungi untuk konfirmasi setelah berkali-kali, status akun berubah jadi dormant. Bagi bank, hal ini dilakukan demi keamanan dan menjaga agar uang nasabah tidak hilang secara misterius.

Baca juga: Apa Itu Mutasi Rekening

3. Saldo Rekening Kosong

Saldo rekening kosong akibat tidak ada kegiatan penarikan atau penyetoran membuat nya menjadi dormant. Bank menetapkan biaya administrasi yang dibebankan kepada rekening setiap bulannya. 

4. Pihak Berwajib Meminta Pembekuan

Kasus ini terjadi pada rekening yang dilaporkan kepada pihak berwajib. Mereka akan melaporkan rekening yang dicurigai ke pihak bank. Bank akan membekukan rekening terlapor untuk diamankan sebagai barang bukti.

5. Nasabah Meninggal Dunia

Apabila nasabah dilaporkan sudah meninggal dunia, rekening yang terdaftar akan diblokir. Hanya ahli waris yang sah dan sesuai peraturan perundang-undangan yang diberikan akses rekening ini. Alasannya juga sama, yakni untuk keamanan dana di dalamnya.

Nah Sobat LINE Bank, kamu sekarang sudah tau kan mengenai Rekening dormant. Untukmu yang belum memiliki rekening dan baru ingin memulai, cek deh promo pembukaan rekening LINE Bank disini.

Sobat LINE Bank dapat membuka rekening tabungan di LINE Bank tanpa harus datang ke kantor cabang, cukup dengan download aplikasinya dan ikuti instruksinya. Praktis bukan? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu