Mutasi Rekening ; Definisi dan Manfaatnya

Apa itu Mutasi Rekening?

Mutasi rekening adalah riwayat transaksi milik seseorang, dapat berupa aliran dana masuk maupun keluar. Saat kamu melakukan penarikan atau pengiriman uang, semua itu akan secara otomatis tercatat dalam sistem perbankan.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian mutasi rekening adalah salah satu layanan perbankan untuk nasabah yang ingin memeriksa riwayat transaksi mereka. Namun kamu tahu ngga sih sebenarnya manfaat mutasi rekening itu apa, simak yuk!

mutasi rekening

Baca juga : Cara Membuka Rekening LINE Bank Mudah dan Praktis 2022

Manfaat Mutasi Rekening

Secara umum, manfaat mutasi rekening dibagi menjadi 2, yaitu untuk pemilik rekening pribadi dan pemilik rekening bisnis. Bagi perorangan, mutasi rekening adalah metode guna mengontrol transaksi yang dilakukan. Sedangkan bagi para pelaku bisnis, mutasi rekening berguna dalam menjaga keamanan sistem keuangan bisnismu. Simak kegunaanya sebagai berikut :

1. Syarat Pengajuan VISA

Manfaat pertama dari mutasi rekening adalah sebagai salah satu syarat mendapatkan visa. Beberapa negara biasanya memberikan kebijakan bagi para pendatang dari luar negeri untuk menunjukan riwayat transaksi selama 3 bulan terakhir sebagai salah satu syarat dalam memperoleh visa.

2. Bukti Transaksi Keuangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mutasi rekening adalah bukti transaksi keuangan berbagai kepentingan bisnis maupun pribadi. Dengan adanya bukti tersebut, risiko kecurangan maupun penggelapan dana akan dapat diminimalisir.

3. Syarat Pengajuan Kredit (Pinjaman)

Informasi keuangan melalui mutasi rekening juga bisa dimanfaatkan untuk pengajuan kredit, baik itu kredit rumah, mobil, dan sebagainya. Hal ini dilakukan karena mutasi rekening adalah aspek yang dapat membantu bank dalam menganalisis kondisi keuangan Anda.

Itu dia informasi mengenai pengertian mutasi rekening, manfaat serta cara mengetahuinya. Nah, dari pemaparan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa mutasi rekening adalah catatan penting dari segala bentuk transaksi dalam rekening. Sehingga dengan adanya catatan ini, dapat mempermudah Anda dalam mengontrol kesehatan keuangan Anda.

Jika ingin menciptakan manajemen keuangan yang baik, penting untuk mengetahui istilah mutasi rekening ini. Namun untukmu yang belum memiliki rekening, segera daftarkan di LINE Bank yuk. Karena banyak promo menarik untukmu, cek disini!

Sobat LINE Bank dapat membuka rekening tabungan di LINE Bank tanpa harus datang ke kantor cabang, cukup dengan download aplikasinya dan ikuti instruksinya. Praktis bukan? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu