Kenali, Ini Tanda Red Flag Dalam Keuangan-mu!

Kenali, Ini Tanda Red Flag Dalam Keuangan

Sobat LINE Bank, Kamu sadar ngga sih belakangan ini media sosial mendadak viral dengan kata “Red Flag” . Sebenarnya apa sih makna dari red flag tersebut?

Pengertian red flag adalah suatu bentuk sinyal atau peringatan atau tanda-tanda akan adanya bahaya.

Walaupun dalam dunia Perlayaran pada jaman dahulu sebagai tanda adanya bahaya, kalau di jaman sekarang Red flag juga dapaat digunakan untuk hal lainnya. Salah satunya adalah untuk mengukur kesehatan keuangan. Nah, kira-kira bagaimana ya cara penerapannya bagi kesehatan keuangan?  Berikut penjelasannya :

1. Red flag tabungan

Apabila kemampuan menabung mu di bawah 10% dari total penghasilan setiap bulannya, maka ini menjadi suatu sinyal atau peringatan bahaya untuk kamu segera memperbaiki kondisi keuangan dan tentu saja hal ini terkena red flag. Seperti perilaku konsumtif harus segera dihilangkan.

Baca juga : Coba Check Keuanganmu, Red Flag Nggak?

2. Red flag utang

Apabila di total kan seluruh aset yang kamu miliki saat ini dibandingkan dengan utang kamu miliki pula itu di bawah 50%, maka kondisi keuangan kamu terkena red flag.

3. Red flag dana darurat

Apabila jumlah tabungan dana darurat kamu kurang dari enam kali total pengeluaran dalam satu bulan, maka terkena red flag atau peringatan bahaya bagi keuangan kamu. Apalagi kabarnya akan terjadi resesi di tahun 2023 maka kita harus menyiapkan dana darurat lebih lho.

4.Red flag untuk melunasi utang

Terakhir, apabila Sobat LINE Bank memiliki cicilan yang melebihi 30% dari penghasilan bulanan, maka ini terkena red  flag pula bagi keuangan mu. Jadi, waspadalah. Sebab sangat penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana sebuah perencanaan keuangan yang baik agar tidak salah dalam mengatur keuangan.

Setelah Sobat LINE Bank mengetahu Red Flag Dalam Keuangan, Apakah kamu salah satunya? Sudahkah kamu mempersiapkan dana darurat untuk kemungkinan terburuknya? Kamu juga bisa mulai memisahkan setiap pengeluaran agar kondisi keuangan dan anggaran keuangan kamu lebih stabil dan tercatat dengan rapi dengan multiple savings dari LINE Bank. Kamu bisa membuka sampai 8 rekening dalam 1 akun, sehingga setiap pengeluaran bisa kamu sesuaikan dengan pos masing-masing.

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Baca juga : Inilah 5 Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun untuk Gen-Z

Bagikan ke Temanmu