Mengatasi FOMO Dalam Kehidupan Finansialmu

Source : Finansialku

Cara mengatasi FOMO salah satunya adalah dengan rajin menabung dan mampu membedakan antara kebutuhan serta keinginan.

Pada dasarnya FOMO adalah rasa takut karena tertinggal atau tidak mengetahui sebuah kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi. Rasa takut tertinggal ini sering menyebabkan pemikiran gelisah dan tidak tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Perasaan ketinggalan akan sesuatu tersebut didasari pada keinginan berlebih terhadap sesuatu. 

Sifat FOMO dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan finansialmu. Biasanya sifat ini muncul ketika trendtrend di masyarakat mulai bermunculan. Seseorang dengan sindrom FOMO akan menghabiskan dananya untuk membeli barang agar tidak tertinggal oleh trend yang sedang terjadi. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi FOMO? 

1. Bisa Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan merupakan semua bentuk barang atau jasa yang kita perlukan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sementara itu, keinginan  adalah segala kebutuhan berlebih terhadap sesuatu yang dianggap kurang. Pada dasarnya setiap manusia memiliki kebutuhan, sedangkan keinginan hanyalah pelengkap yang sebenarnya tidak kita perlukan. Nah, seseorang dengan rasa FOMO akan lebih mementingkan keinginannya daripada kebutuhannya. Mereka akan membeli barang mewah yang sebenarnya tidak mereka butuhkan hanya demi mengikuti trend semata saja. 

Salah satu cara mengatasi FOMO adalah dengan mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan kita di kehidupan sehari-hari. Kita harus pintar memilah mana barang yang kita butuhkan untuk kehidupan sehari-hari dan barang yang kita inginkan karena merasa FOMO. FOMO timbul karena keinginan kita terhadap sesuatu agar tidak tertinggal oleh trend.  

2. Frugal Living

Cara mengatasi FOMO lainnya adalah dengan menerapkan frugal living. Frugal living adalah gaya hidup hemat agar seseorang memprioritaskan kebutuhan dan mengontrol keinginannya. Seseorang dengan pola pikir frugal living akan mementingkan kebutuhan dan berusaha semaksimal mungkin untuk hidup hemat. Pada dasarnya, untuk menjalani hidup hemat adalah dengan melepaskan segala sesuatu yang tidak kita perlukan.

Baca juga : Kenali “Frugal Living”, Beneran Bisa Cepet Kaya?

3. Hidup Minimalis

Minimalis adalah gaya hidup yang berfokus untuk memaksimalkan potensi barang yang kita punya. Praktisnya, gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup sederhana dengan cara menaikkan kualitas hidup. Untuk memulai pola kehidupan ini, kita harus menyingkirkan hal-hal tidak penting dan tidak perlu dalam kehidupan. Seperti, menyimpan barang-barang bekas atau membeli barang yang tidak kita perlukan.

Gaya hidup minimalis akan mengurangi sifat FOMO seseorang. Dengan menahan keinginan untuk membeli barang akibat trend yang sedang terjadi, tentu semakin lama sifat FOMO kita akan semakin berkurang.

4. Menetapkan Tujuan Finansial

Sifat FOMO juga dapat kamu hilangkan dengan menetapkan tujuan finansial. Tujuan finansial ini bisa berupa hal-hal seperti, membeli handphone, motor, mobil, dan lain sebagainya. Dengan menetapkan tujuan finansial kamu akan belajar untuk menabung dan tidak impulsif untuk langsung membeli barang trend di masyarakat. Sifat impulsif tersebut tentu akibat dari perasaan FOMO.

5. Jomo (Joy of Missing Out)

Joy of missing out (Jomo) adalah perasaan puas untuk dapat menikmati kehidupan yang ada sekarang ini. Seseorang dengan perasaan ini tidak akan peduli terhadap trend di masyarakat. Umumnya, mereka akan merasa puas dengan apa yang mereka miliki saat ini, bahkan mereka cenderung untuk memaksimalkan apa yang mereka miliki.

6. Fokus di Masa Sekarang

Dengan fokus di masa sekarang akan memaksa kita untuk memaksimalkan apa yang kita miliki. Perasaan FOMO timbul karena kurang mempedulikan apa yang dimiliki sehingga tidak pernah merasa puas terhadap sesuatu. Seseorang dengan sifat FOMO akan merasa puas ketika mereka mengikuti trend di masyarakat. 

Nah itu dia Mengatasi FOMO Dalam Kehidupan Finansialmu & Cara Mengatasinya. Daripada FOMO menurut mimin mending investasi dengan membuka deposito deh. Ini adalah investasi jangka panjang yang dapat kamu lakukan. Jika kamu tertarik untuk melakukan deposito, kamu dapat melakukannya di LINE Bank. Buka rekening deposito di LINE Bank sekarang juga dan dapatkan keuntungannya!

Baca juga : Tips Mengelola Uang Biar Tanggal Tua Tetap Aman & Hati Tenang

Bagikan ke Temanmu