Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Keluarga Saat Lebaran 2023

Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Keluarga Saat Lebaran 2023

Lebaran sebentaaar lagi, yang katanya Lebaran 2023 ini akan jatuh pada tanggal 22 April 2023.

Congrats Sobat LINE Bank, kamu udah berhasil bertarung melawan rasa lapar, haus, rasa marah, dan rasa yaaang masih adaaa #Ehhsalah.

Sayangnya, masih ada satu perasaan nggak enak yang harus kamu hadapi saat lebaran: kebingungan saat ditanyakan beberapa pertanyaan basa-basi untuk nyari topik yang bakal sering kamu temui di acara-acara keluarga.

Masalahnya, pertanyaan-pertanyaan ini tuh layaknya Ujian Akhir Semester, terjadwal tapi bentuk pertanyaannya nggak bisa diprediksi. Mungkin kamu udah menyiapkan jawaban atas pertanyaan “kapan lulus?”, tapi saat ditanya “habis kuliah mau ngapain?” seketika mulut terasa kering. Eits, tenang dulu Sobat LINE Bank untuk menghindari kebingungan saat dilempar pertanyaan maut oleh om atau tante, yuk simak berberapa bentuk pertanyaan dan cara menghadapinya.

1. Senyum

Senyum yang sesungguhnya menyimpan banyak kepahitan di dalamnya.

Jurus ini paling ampuh kalau menghadapi pertanyaan semacam “Kok kamu gendutan ya?” atau pernyataan yang merujuk ke membandingkan penampilan lainnya. Walaupun hati rasanya agak sakit, kamu cukup beri senyuman sambil ketawa kecil aja, dan coba berpikir positif, mungkin terakhir kali kamu ketemu si penanya itu lebaran 5 tahun lalu saat badan kamu masih kecil.

2. Jawaban ngawur tapi diplomatis

Terkadang lebih baik menjawab pertanyaan mereka dengan jawaban yang sebenarnya nggak ada arti pasti.

Misalnya pertanyaan “Kapan lulus?” atau “Udah punya pacar belum?”. Gimana bisa jawab pertanyaannya kalau kamu sendiri nggak tahu kapan jodoh datang dan kapan bisa ngerasain wisuda ? Maka dari itu, jawab aja dengan jawaban diplomatis yang merangkap kedua pertanyaan:

“Oh iya tante, kata Sang Pencipta, jodohnya masih disimpan soalnya harus jadi sarjana dulu. Penginnya cepat sidang, tapi dosen penguji lagi lebaran di kampung.” Terus kamu ke meja makan buat ngambil opor ayam ronde kedua deh, pasti nggak ditanya lagi~

3. “Iya, nih”

Masih seputar pertanyaan kenapa belum bawa pasangan saat lebaran dan kenapa nggak pernah main ke rumah tante. Ada rumus jitu yang singkat dan padat untuk mejawab pertanyaan memojokkan macam ini: “Iya nih + alasan.” Boleh juga dicampur dengan tips nomor 2.

Contohnya:
Tante: “Eh, pacar kamu kok nggak dikenalin sih? Si X aja udah bawa calonnya.”
Kamu: “Hehehe, iya nih, tante. Bingung milih pacar mana yang harus dibawa.HEHEHE *Canda”

Pokoknya, iyain aja biar cepat selesai, terus kamu ngeloyor lagi ke meja makan buat ngambil opor ayam ronde ketiga~

4. Minta doa

Tips terakhir adalah minta doa setelah dilontarkan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak. Siapa tau beneran didoain. Lagi-lagi, lebih baik jika ditambah tips 1, 2, dan 3.

Om: “Kamu sebentar lagi kan lulus, rencana mau kerja di mana?”

Kamu: *senyum* “Iya, nih, om. Doain ya supaya skripsi sampai wisudanya lancar. Abis itu bisa kerja di perusahaan besar, ketemu jodoh dan lebaran tahun depan bisa bawa calon. Boleh banget lho om kalau mau bantu aku dengan kasih rekomendasi perusahaan, atau kalau ada kenalan yang kerja di sana.” *tutup lagi dengan senyuman* 

Nanti gantian jadi si om yang senyum-senyum, nggak tau harus balas apa.

Anyway, lebaran adalah momen indah di mana kamu bisa berkumpul dengan sanak saudara, makan opor ayam, dan ditutup dengan acara yang paling ditunggu, yaitu bagi-bagi THR. Ditanya pertanyaan mematikan hanya bagian kecil dari acara kok, kamu jadi nggak perlu terlalu dipikirkan. Anggap aja biar lebaran kamu semakin berwarna~

Nah itu dia tips jitu menjawab pertanyaan keluarga saat lebaran 2023. Semoga lebaran tahun ini menyenangkan dan penuh berkah ya, Sobat LINE Bank! Nah supaya lebaran tahun ini makin berwarna, mimin berikan promo spesial untukmu ya, klik disini!

Kalau soal jawabmenjawab kan tadi mimin udah berikan solusinya, nah sekarang kalau mengelola keuangan mimin juga punya jawabannya!

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Tips Keuangan Sehat Saat Berbelanja Hampers Lebaran 2023

Bagikan ke Temanmu