5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjalani Puasa 2023 Saat WFO

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjalani Puasa 2023 Saat WFO

Tak terasa, bulan Ramadan sudah di depan mata, nih! Bulan puasa 2023 masih sedikit berbeda karena berlangsung di tengah pandemi. Khusus untuk kamu yang sudah mulai melakukan work from office (WFO) pastinya ada beberapa hal berbeda yang harus dipersiapkan, agar dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan tetap aman, bersih dan nyaman. Ada apa saja ya? Yuk, diintip artikelnya di bawah ini!

1. Persiapkan Alat Ibadah Pribadi

Menyiapkan alat ibadah pribadi adalah hal yang penting untuk dilakukan di tengah pandemi ini. Cuci bersih terlebih dahulu alat-alat ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, ataupun peci sebelum menghadapi bulan Ramadan. Lalu masukan ke dalam pouch khusus agar mudah dibawa saat WFO ataupun bepergian di bulan puasa.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan hand sanitizer ataupun spray antiseptik untuk menjaga alat-alat ibadah tetap bersih dan terbebas dari kuman, virus maupun bakteri. Selain itu, ganti dan bersihkan alat-alat ibadahmu secara berkala juga ya!

2. Menyetok Bahan Makanan

Di masa pandemi ini sangatlah penting untuk menghindari kerumunan. Untuk itu, ada baiknya untuk mulai menyetok bahan makanan agar tak perlu sering pergi ke supermarket atau pasar untuk membeli kebutuhan rumah.

Kamu juga bisa menyiapkan cukup makanan beku, serta makanan instan untuk kejadian-kejadian tak terduga di bulan Ramadan. Jadi, alangkah lebih baik juga jika kamu sudah membuat list menu makanan yang akan dibuat untuk sahur maupun buka. Selain menghemat waktu, membuat list memasak juga membuat bahan makanan tidak sia-sia terbuang dan kamu lebih banyak memiliki waktu istirahat saat weekend.

3. Membawa Snack Buka Puasa Sendiri

Jika di tahun-tahun sebelumnya ketika buka puasa kamu mengandalkan untuk membeli makanan di jalan, ada baiknya puasa 2023 kali ini ada baiknya jika kamu selalu siap sedia snack atau camilan di tas kemanapun kamu pergi. Hal ini tentunya akan menghindarkanmu dari kerumunan orang di jalan dan kontak sosial yang memungkinkan terjadi tanpa disadari. 

Selain itu, membawa snack atau camilan sendiri pastinya akan lebih hemat uang, waktu dan juga lebih higienis. Pilihlah jenis snack atau camilan sehat yang mudah memberikan rasa kenyang jika belum sempat makan-makanan yang berat.

4. Perbanyak Minum Vitamin dan Air Putih

Mengonsumsi makanan bernutrisi, perbanyak minum air putih, serta vitamin agar tubuh selalu sehat dan bertenaga adalah hal penting yang wajib kamu lakukan. Terlebih lagi di bulan puasa ini, tubuh yang kekurangan cairan dan nutrisi penting bisa menyebabkan virus mudah masuk ke dalam tubuh dan menjadi timbulnya penyakit.

Sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari dan hindari minum-minuman manis secara berlebihan. Kamu bisa juga loh selalu sedia air putih di tas atau meja kerja untuk persiapan buka puasa agar tak kesulitan mencarinya saat dibutuhkan.

5. Kurangi Stress dengan Tidur Cukup dan Olahraga Ringan

Menjaga pola tidur yang baik dan cukup adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap segar dan sehat untuk terhindar dari berbagai macam penyakit. Terutama kamu yang harus melakukan WFO, memiliki jadwal tidur yang teratur membantu tubuh tetap fit di masa pandemi.

Usahakan untuk tidur minimal 6 jam setiap malam, dan disertai olahraga ringan minimal 15 menit sehari untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Pilihlan waktu-waktu tertentu untuk berolahraga seperti sesaat sebelum berbuka atau sesudah berbuka puasa agar terhindar dari rasa lemas dan dehidrasi.

Jaga pikiran tetap fresh, kurangi rasa stres dan beristirahat cukup agar bisa menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan dengan lancar.

Nah itu dia 5 hal yang perlu dipersiapkan untuk menjalani puasa 2023 saat WFO, tidak bisa kita pungkiri bahwa saat mudik banyak yang harus dipersiapkan, namun kamu ngga usah pusing lagi karena kamu bisa berbelanja kebutuhan Lebaran, tanpa mengganggu cashflow kamu bisa gunakan KTA / Quick Credit LINE Bank. Dengan mengandalkan Quick Credit LINE Bank kamu akan mendapat keuntungan lainnya yaitu CASHBACK hingga Rp3.000.000 lho!

Semoga lebaran tahun ini menyenangkan dan penuh berkah ya, Sobat LINE Bank! Nah supaya ramadan tahun ini makin berwarna, mimin berikan promo spesial untukmu ya, klik disini!

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Keluarga Saat Lebaran 2023

Bagikan ke Temanmu