5 Buku Financial Planning Yang Wajib Kamu Baca Tahun 2023 Ini!

Hey Sobat LINE Bank, buat kamu semua terutama milenial yang ingin belajar mengenai mengatur keuangan, rasanya wajib untuk membaca buku tentang financial planning.

Pengetahuan serta tips dalam buku-buku tersebut dapat membantumu untuk mengetahui bagaimana cara merencanakan anggaran, kiat-kiat sukses menabung, hingga langkah-langkah berinvestasi dalam rangkaian bahasa yang mudah dimengerti.

Nah, kira-kira, apa saja judul buku financial planning terbaik yang perlu kamu baca? Yuk, simak 5 rekomendasinya yang telah kami pilih khusus untukmu. Check it out!

1. Why Didn’t They Teach Me This in School? (2017): Carry Siegel

 Buku finansial planning- Why Didn’t They Teach Me This in School? (2017): Carry Siegel
Source : Amazon. com

Menurut The Balance, “Why Didn’t They Teach Me This in School” adalah buku financial planning yang perlu dimiliki millennial.

Di dalam bukunya, Cary Siegel mengungkapkan bahwa menurutnya, institusi pendidikan perlu menerapkan pelajaran finansial kepada para murid.

Ia juga menjelaskan mengenai 99 prinsip yang perlu dimiliki muda-mudi agar bisa merasakan financial independence.

Mungkin, 99 prinsip terasa sulit untuk dipelajari. Akan tetapi, Siegel berhasil merangkumnya menjadi 8 bagian, sehingga para pembaca dapat menyerap pengetahuan tersebut dengan mudah.

Isi buku satu ini kurang lebih mengulas mengenai cara-cara terbaik agar anak muda dapat mengelola uang mereka tanpa repot.

2. Rich Dad Poor Dad (1997): Robert T Kiyosaki & Sharon Lechter

 Buku finansial planning-  Rich Dad Poor Dad (1997): Robert T Kiyosaki & Sharon Lechter
Source : Gramedia.com

Rekomendasi berikutnya adalah “Rich Dad Poor Dad”, karya Robert T Kiyosaki dan Sharon Lechter.

Dalam buku yang dirilis tahun 1997 ini, Kiyosaki menggiring pembaca ke dalam pengalaman masa mudanya. 

Ia memaparkan kontras antara ayahnya yang tidak terlalu kaya dan ayah temannya yang merupakan salah satu penduduk terkaya di Hawaii. 

Perbandingan tersebut menyoroti cara terbaik untuk mengelola uang, serta membantu anak-anakmu untuk ikut melakukannya. 

Menurut Kiyosaki, tidak semua hutang itu buruk, dan kamu dapat berusaha keras menuju kekayaan meskipun tidak menikmati penghasilan yang besar.

3. I am Net Worthy (2018): Chris Smith

Buku Finansial - 3. I am Net Worthy (2018): Chris Smith
Source : Amazon. com

Buku satu ini memberikan pendekatan praktis dengan langkah-langkah yang mudah untuk diikuti, agar anak muda dapat mengelola keuangan pribadinya.

Chris Smith memaparkan cara-cara terbaik untuk menangani tagihan seperti pinjaman pelajar hingga, rekening tabungan, hingga kredit mobil.

Bersama dengan 9 rekan penulis yang berbeda, Smith telah menulis buku tersebut dengan mengumpulkan perspektif yang berbeda dari beberapa orang dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menyebarkan pengetahuan tentang literasi finansial.

4. Broke Millennial: Stop Scraping By and Get Your Financial Life Together (2007): Erin Lowry

Broke Millennial: Stop Scraping By and Get Your Financial Life Together (2007): Erin Lowry
Source : Amazon. com

Jika kamu merasa bingung dengan tata cara budgeting, maka, menurut NY Mags, “Broke Millennial” adalah buku financial planning yang cocok untuk kamu.

Dengan judul bab seperti “Paying rent with your ‘rents’” yang membahas mahalnya biaya sewa apartemen, serta “Retirements, can it ever happen to me?”, banyak pakar finance yang mengajak anak muda untuk membaca buku ini.

Menurut mereka, Lowry berhasil memaparkan fakta-fakta penting terkait financial planning dengan cara baru yang terkesan asik dan menyegarkan.

5. The Psychology of Money (2020): Morgan Housel

 The Psychology of Money (2020): Morgan Housel
Source : Amazon. com

Salah satu buku finansial yang wajib dibaca di 2023 adalah The Psychology of Money karya Morgan Housel.

Buku ini sudah diterjemahkan ke dalam 25 bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Gramedia mengatakan bahwa buku ini tidak akan menceramahi kamu tentang tips mengelola keuangan, melainkan penjabaran bagaimana mengelola keuangan dimulai dari kebiasaan.

Buku ini berisi 19 cerita tentang perilaku orang-orang dalam mengelola finansial mereka.

Kamu bisa mendapatkan pencerahan dan langkah-langkah yang tepat untuk mengatur keuangan di tahun ini.

Kamu bisa mendapatkan versi terjemahan bahasa Indonesia buku ini di toko buku terdekat.

Itu dia 5 buku financial planning yang wajib kamu baca tahun 2023 Ini! Sejatinya, membaca buku adalah cara yang baik untuk mempelajari hal-hal baru. 

Terutama dengan semakin banyaknya pakar yang aktif berbagi ilmu dalam buku yang ia tulis. Tanpa disadari, kamu akan menyerap ilmu secara langsung dari pemikiran dan pengalaman para profesional.

Nah, jika masih penasaran tentang cara-cara mengatur keuangan, kamu tak perlu khawatir. Apalagi kamu bisa berinvestasi sambil menabung dengan deposito LINE Bank, instrumen yang fleksibel berjangka dengan bunga deposito tinggi

Pokoknya dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Oiya jangan lupa juga, cek puluhan promo menarik dari LINE Bank untukmu, klik disini!

Baca juga : Cara Mengatur Financial Plan dengan Benar

Bagikan ke Temanmu