4 Strategi Pengembangan Usaha ala Prilly Latuconsina

Dalam membangun usaha memang diperlukan strategi dan ide cemerlang untuk membuatnya terus berkembang. Hal ini dibuktikan oleh entrepreneur dan aktris muda Prilly Latuconsina yang berhasil membangun deretan bisnis melalui strategi pengembangan usaha yang dimilikinya. 

Nama Prilly Latuconsina memang sempat booming dalam beberapa tahun ke belakang. Bahkan namanya kembali naik pada tahun 2022 karena semua prestasi yang berhasil diraihnya. Tidak hanya di Indonesia, namanya juga tercatat dalam majalah Forbes untuk kategori “30 Under 30”. 

Mulai dari akting, kuliah hingga bisnis semuanya berhasil dikerjakan oleh Prilly. Namun sebenarnya apa saja strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh sang aktris sekaligus entrepreneur muda satu ini? 

Pada kesempatan ini Sobat LINE Bank akan diajak melihat lebih jauh ke dalam bisnis yang sudah dibangun oleh Prilly Latuconsina. Bukan hanya strategi pengembangan usahanya tetapi juga bagaimana Prilly membangun product branding-nya. Sudah siap belajar? Mari mulai pembahasannya sekarang! 

Apa Saja Strategi Pengembangan Usaha Ala Prilly Latuconsina?

Strategi pengembangan usaha aktris muda ini dibagikan ketika dirinya menghadiri acara “Muda Berdaya” yang diselenggarakan oleh salah satu e-commerce ternama di Indonesia yaitu Shopee. Mengutip dari wawancara antaranews.com bersama Prilly, dirinya menyebutkan bahwa ada 4 strategi yang cukup penting dalam membangun usaha yaitu seperti berikut ini. 

1. Ide

Ide tentu tidak datang dengan sendirinya. Melalui penjelasan Prilly, ide didapatkan dengan usaha yakni mencari dari internet dan juga media sosial. Melalui pengalaman orang-orang yang membagikan pengalamannya lewat media sosial, hal tersebut bisa dijadikan ide baru yang berbeda untuk usaha sendiri. 

Prilly juga menyebutkan bahwa ide bisa didapatkan melalui rasa ingin tahu terhadap sesuatu. Namun ia berpesan untuk menyalurkan rasa ingin tahu tersebut kepada hal-hal positif. Mengutip dari hasil wawancara antaranews.com bersama Prilly yang mengatakan bahwa, “Rasa ingin tahu harus dikembangkan ke hal positif, daripada buka Instagram artis terus bully, alokasikan rasa kepo ke usaha.

2. Memanfaatkan Fasilitas yang Tersedia

Ide saja tidak cukup untuk membuat usaha menjadi maju dan berkembang. Prilly membagikan bahwa sangat penting memanfaatkan seluruh fasilitas yang tersedia, contohnya e-commerce. Menurutnya modal kecil bukan lagi masalah untuk membayar biaya sewa toko fisik yang terbilang mahal. Setiap orang bisa memanfaatkan e-commerce yang sangat mudah diakses. 

3. Menyesuaikannya dengan Minat

Seluruh bisnis yang dibangun oleh Prilly didasarkan pada minat dan kesukaan. Seperti yang dikatakan oleh Prilly kepada antaranews.com, “Wirausaha bisa dibentuk dengan membuat apa yang kita suka.” Jadi tidak perlu heran mengapa Prilly berhasil menekuni semua bisnis hingga dunia aktingnya dengan begitu baik. 

4. Memanfaatkan Peluang

Peluang dalam bisnis tidak selalu harus dimulai dengan membuat produk yang akan dijual dari nol. Jika saat ini belum mampu melakukan produksi sendiri maka cobalah beralih menjadi seorang reseller. “Tinggal beli (baju) jadi dan dijual kembali dengan strategi marketing bagus biar orang mau beli di kita ketimbang tempat lain,” ujar entrepreneur muda tersebut . 

Prilly meyakini bahwa modal yang besar bukan syarat utama dalam membangun bisnis. Jumlah uang yang ada saat ini sudah cukup untuk digunakan membuka usaha meski baru menjadi reseller saja. 

Baca Juga: Ini Dia 6 Cara Menentukan Ide Usaha Modal Kecil untuk Gen-Z

Apa Saja Tips Membangun Product Branding ala Prilly Latuconsina?

Banyak yang mengira dengan status yang dimilikinya sebagai aktris maka urusan branding tidak perlu dipusingkan lagi. Hal ini sangat keliru karena Prilly justru menyebutkan bahwa statusnya menjadi tantangan terbesar dalam melakukan product branding. 

Tetapi dirinya tidak berhenti dan menyerah. Mengutip dari bisnismuda.id, ada beberapa tips berikut ini yang bisa kamu coba dari apa yang telah dilakukan oleh Prilly. 

1. Membuat Strategi yang Tepat

Untuk membuat strategi pemasaran yang tepat, Prilly berusaha melakukan riset mulai dari melihat kebutuhan pasar, menilai produknya sendiri, mencari target pasar, hingga berusaha terhubung dengan calon pelanggan. 

Dirinya menyadari bahwa ada begitu banyak masyarakat yang belum mengetahui produk crystal yang dijual. Itu sebabnya Prilly berusaha melakukan riset mendalam serta meningkatkan brand awareness untuk menjangkau berbagai target pasar yang dituju. 

2. Pentingnya Personal Branding dari Pemilik Brand

Selain brand awareness untuk brand atau merek produk yang dijual, Prilly mengatakan bahwa personal branding juga sangat penting. Prilly tidak ingin orang-orang mengenal brand produk hanya karena dirinya seseorang yang terkenal alias public figure. Seharusnya suatu produk dikenal berdasarkan logo, nama, serta nilai-nilai manfaat yang ditawarkannya. 

Baca Juga: Mengenal Ciri-Ciri Peluang Usaha Yang Baik

Apa Saja Bisnis yang Dimiliki Prilly Latuconsina?

Bisnis yang dimiliki Prilly Latuconsina tidak hanya produk crystal saja. Masih ada deretan bisnis yang ia garap dan terus diusahakan sampai sekarang. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Perhiasan

Salah satu bidang bisnis yang ditekuni Prilly adalah perhiasan. Ia memiliki sebuah brand bernama ILY Gold yang menjual berbagai jenis perhiasan dan menyediakan jasa desain untuk masyarakat. Tidak hanya khusus menjual cincin, dirinya menawarkan banyak bentuk perhiasan seperti kalung dan anting. 

2. Suplemen Kecantikan

Selanjutnya ada suplemen kecantikan. Melalui lini bisnis satu ini, Prilly menjual suplemen kecantikan untuk merawat kuku, kulit, dan rambut agar tetap sehat. Diberi nama Before After Me, suplemen tersebut dikatakan mengandung kolagen yang baik untuk tubuh. 

3. Minuman Pelangsing

Masih dalam ranah kecantikan, Prilly memiliki bisnis minuman pelangsing yang bikin berat badan cepat turun. Slimming Juice Slimily menggunakan ramuan bahan alami yang disebut aman untuk dikonsumsi masyarakat. 

4. Crystal

Ini dia produk crystal yang sejak tadi disebut-sebut sedang dijual oleh Prilly. Produk crystal SINA tersebut ditawarkan dengan berbagai macam batu yang dipercaya memberikan manfaat baik bagi kesehatan. 

5. Fashion 

Tidak hanya aksesoris semata, Prilly juga mengeluarkan brand fashion bernama Rebel Princess. Dirinya yang mungil alias petite memiliki style yang berbeda dan unik untuk dijual di pasaran. Brand fashion-nya juga menggambarkan personal branding yang dimiliki oleh Prilly di mata publik. 

6. Kuliner

Beralih ke lini bisnis makanan, Prilly menjajal produk sambal berbagai macam jenis yang bisa dipesan melalui e-commerce. Dirinya paham bahwa masyarakat Indonesia menyukai sambal yang akan menemani makan sehari-hari. Jadi tidak heran bahwa ada begitu banyak jenis sambal yang ditawarkan. Dua bisnis di antaranya seperti:

  • Bumbu Nona
  • Nona Judes

7. Restoran

Prilly juga mencoba bisnis makanan yang memiliki tempat fisik. Tempat makan Nona Picknick dibuka dengan gaya piknik yang estetis. Dalam akun Instagram-nya terlihat bahwa tempat ini juga disewakan untuk berbagai acara seperti bridal shower, gathering, sampai nonton film bersama. 

Masih ada banyak lini bisnis yang berhasil digarap oleh Prilly Latuconsina. Tentu keberhasilannya didasarkan pada strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh Prilly bersama timnya. 

Baca Juga: 6 Usaha Makanan Yang Cocok Untuk Pemula

Semua riset dan analisis terhadap pasar berujung membuahkan hasil manis untuk aktris muda tersebut. Tetapi strategi tepat saja belum cukup untuk memastikan bisnis tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

Sobat LINE Bank perlu memiliki sistem keuangan yang baik, contohnya dengan membuka rekening tabungan terpisah serta berinvestasi dalam deposito. Tidak kalah dari jenis bank digital lainnya, LINE Bank menghadirkan rekening tabungan dengan bunga deposito tinggi

Sobat LINE Bank bisa mengaksesnya dengan mudah selama 24/7 melalui aplikasi. Praktis, bukan? Hanya dengan uang sebesar Rp1.000.000, Sobat LINE Bank sudah bisa membuka rekening deposito. 

Ketentuan jatuh temponya juga bisa disesuaikan dengan keinginan pribadi. Yuk segera download aplikasi LINE Bank di smartphone kamu dan rasakan pengalaman digital banking yang berbeda! 

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324