Ide Bisnis Yang Malah Cuan di Saat Resesi Ekonomi

Selain menabung dan investasi, kamu juga bisa menjajal beberapa peluang bisnis yang tahan resesi untuk mendapat pemasukan tambahan. Resesi ekonomi kini jadi ancaman semua pihak, tak terkecuali bagi pekerja dan ibu rumah tangga.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), resesi ekonomi merupakan kondisi ekonomi suatu negara yang sedang memburuk, dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Kondisi tersebut terjadi pasca melemahnya perekonomian selama pandemi, pecahnya konflik antar negara, hingga kelangkaan pangan dan energi.

Imbasnya, terjadi kenaikan harga-harga yang dapat memperlemah daya beli masyarakat. Biaya operasional bisnis juga ikut naik seiring kenaikan harga BBM.

Meski saat ini kondisi perekonomian sedang tidak pasti, rupanya masih ada beberapa peluang bisnis yang tahan resesi dan bisa kamu coba. Penasaran? Simak sampai akhir ya!

Baca Juga: Tips Menyikapi Saat BBM Naik!

Peluang Bisnis yang Tahan Resesi

Ide Bisnis Yang Malah Cuan di Saat Resesi Ekonomi

Beberapa bisnis berikut diklaim tahan resesi lantaran selalu dibutuhkan dan tak membutuhkan modal besar. Sebagian di antaranya bahkan menunjukkan harga yang stabil meskipun di tengah inflasi.

1. Jual Produk Digital

Bisnis yang tahan resesi pertama adalah menjual produk digital. Secara sederhana, produk digital adalah produk yang hanya ada dalam bentuk digital.

Menurut Productfolio, beberapa orang mungkin juga mengartikan produk digital sebagai produk yang tidak memiliki bentuk fisik yang kamu jual secara online.

Browser Google yang saat ini sedang kamu gunakan adalah salah satu contoh dari produk digital. Sebab, produk Google ini tidak memiliki bentuk fisik, namun tetap memiliki nilai. Pada umumnya, aplikasi atau software adalah contoh dari produk digital. Itu artinya, saat ini semua orang telah menggunakan produk digital. Produk digital lain yang bisa kamu jual adalah foto dan video. Ada beberapa situs jual beli foto dan video berbayar yang bisa digunakan untuk menjual karyamu.

2. Bisnis Makanan dan Minuman Kekinian

Peluang bisnis yang tahan resesi selanjutnya adalah bisnis kuliner kekinian. Pasalnya, makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar semua orang. Meskipun dalam kondisi paling hemat sekali pun, setiap orang pasti perlu “jajan”. Artinya, kuliner kekinian ini selalu memiliki pasarnya sendiri. Terlebih lagi, kamu sangat mungkin mengkreasikan dan menciptakan menu-menu baru.

Baca Juga: Viralnya Drama Korea Bisa Jadi Peluang Usaha?!

3. Bisnis Affiliate

Tentu kamu sudah tak asing dengan Shopee Affiliate, Tokopedia Affiliate, atau TikTok Affiliate bukan? Yup, kamu bisa memperoleh komisi dengan bisnis yang satu ini.

Bermodalkan ponsel dan kreativitas mengedit konten, kamu bisa mengajak orang lain untuk berbelanja lewat link yang kamu bagikan. Dengan begitu, kamu bisa mendapat komisi besar!

4. Budidaya dan Pertanian

Peluang bisnis yang tahan resesi berikutnya adalah dalam bidang budidaya dan pertanian. Ada beberapa fokus usaha yang bisa kamu geluti, seperti budidaya ikan hias, ternak ayam, ternak ikan, hingga menjual maggot dan jangkrik sebagai pakan burung.

Kamu juga bisa menjajal budidaya sayuran hidroponik dan tanaman hias yang bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang.

5. Bisnis Thrifting

Thrifting merupakan bisnis yang menjual barang bekas atau barang sisa impor yang tidak masuk toko (reject). Beberapa barang thrift biasanya didapatkan langsung dari pabrik maupun dari pelabuhan.

Barang thrift paling banyak dicari biasanya pakaian, sepatu, tas, topi, perabotan rumah, dan elektronik. Kamu bisa menemukan banyak pemasok barang thrifting di beberapa lokasi, seperti di Pasar Blok M, Pasar Baru, dan Pasar Senen.Barang-barang tersebut tentu bisa kamu jual lagi dan tetap mendapatkan pemasukan yang menjanjikan.

Nah itu dia mengenai Ide Bisnis Saat Resesi Ekonomi. Nah buat kamu yang ingin memulai usaha namun belum ada modal, kamu bisa kok ajukan pinjaman KTA atau Quick credit LINE Bank. Apalagi sekarang sedang ada promo Xtra Kilat dimana kamu akan dapat Cashback hingga Rp 2.000.0000 lho!

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma Download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295