Gaji Naik, Gaya Hidup Haruskah Naik?

Gaji Naik, Gaya Hidup Haruskah Naik?

Hi Sobat LINE Bank,

Kamu pernah ngga sih merasakan, saat gajimu mulai naik ada perubahan gaya hidup juga? Contohnya jika sebelumnya hanya menghabiskan waktu bersama teman di coffee shop langganan, kini paling tidak seminggu sekali harus absen di tempat kekinian di bilangan Jakarta Selatan gitu.

Jika terus berlanjut, kamu harus hati-hati, kenaikan gaya hidup yang lebih cepat dibanding kenaikan gaji ini akan membuatmu terjebak dalam masalah keuangan. Dana yang sebenarnya bisa dialokasikan untuk tabungan atau investasi, justru digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif demi memenuhi gaya hidup. Lebih gawat lagi ketika hal tersebut terlanjur menjadi kebiasaan, bisa-bisa kamu lebih mendahulukan pengeluaran konsumtif dibandingkan pengeluaran utama. Bayangkan jika kebiasaan ini diteruskan hingga kamu tua nanti, kamu bisa kesulitan memiliki dana simpanan dan hasil kerjamu selama ini tidak membuahkan hasil apapun di masa depan.

Bagi kamu yang sudah atau akan berada di posisi ini, sebaiknya waspada dalam menghadapi siklus keuangan barumu. Cek ya tips berikut akan membantumu buat menghadapinya!

1. Atur gaji setiap bulannya

Jangan lupa untuk selalu melakukan budgeting. Alokasikan gaji untuk kehidupan sehari-hari, membayar tagihan, menabung dan investasi, serta untuk kebutuhan finansial lainnya. Dengan membuat pos-pos pengeluaran, kemungkinan untuk menggunakan dana yang dimiliki secara berlebihan akan berkurang. Misalnya melakukan skema 50-30-20, dimana kamu menyisihkan 50% gaji kamu untuk keperluan sehari-hari seperti makan, jalan di akhir pekan dan belanja bulanan. 20% untuk menabung dan 30% untuk membayar tagihan seperti cicilan, pulsa, dan kewajiban lainnya.

2. Buat target hidup

Kemungkinan uang habis entah kemana menjadi lebih besar ketika tidak mempunyai target hidup. Oleh karena itu, buatlah target hidup yang akan dituju dalam kurun waktu tertentu. Apa yang mau akan dilakukan dalam satu, tiga, hingga lima tahun ke depan?

Dengan adanya target hidup, akan lebih mudah mengetahui kemana harus menghabiskan dana ekstra yang didapatkan, daripada hanya menghabiskannya untuk hal yang sia-sia.

Baca juga : Gimana Sih Cara Setting Goals Yang Efektif?

3. Gunakan uangmu untuk menambah pengalaman baru

Sebenarnya tidak masalah untuk menghabiskan uang lebih besar dari biasanya, selama kamu memang menghasilkan uang yang lebih banyak pula. Namun, daripada membeli barang yang nilainya akan tergerus waktu, lebih baik menghabiskan uang pada kegiatan yang menghadirkan pengalaman baru. Misalnya liburan ke destinasi baru, mengikuti les bahasa, atau workshop keahlian yang belum kamu miliki sebelumnya. Selain lebih bermanfaat, kegiatan tersebut akan memberikanmu kepuasan yang nilainya abadi.

Nah itu dia mengenai hal-hal yang kamu harus ketahui saat gajimu naik.

Dengan menggunakan fitur Multi Rekening, kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh. Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : 7 Level Financial Freedom, Kamu Termasuk Yang Mana?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285