Apa itu E-Statement? Serta Keuntungan Apa Saja yang Bisa Didapatkan?

Kini saatnya kamu mulai untuk beralih menggunakan fasilitas e-statement. Secara umum, pengertian dari e-statement adalah jenis laporan transaksi rekening bulanan layaknya buku bank yang nantinya dikirimkan oleh pihak bank ke alamat email nasabah yang telah terdaftar.

Ketika Sobat LINE Bank memiliki rekening di bank, pastinya kamu juga akan memiliki buku tabungan. Buku tabungan ini berisi mengenai tercatatnya semua transaksi yang telah kamu lakukan. Berbeda dengan e-statement, untuk bisa mengetahui semua aktivitas finansialmu, kamu perlu mencetaknya. 

Sebagian orang mungkin merasa malas untuk melakukan satu kegiatan ini di mana mengharuskan mereka datang ke kantor bank dan mengantre bersama nasabah lainnya. Tenang, semua hal melelahkan tersebut tidak akan lagi kamu alami. Sebab, pihak bank saat ini telah mempermudah para nasabahnya untuk melakukan pengecekan informasi mutasi rekening mereka. 

Lalu, kira-kira apa saja keuntungan dari penggunaan fasilitas e-statement ini dan bagaimana cara untuk mendapatkannya? Kamu bisa membaca artikel berikut ini untuk mendapatkan penjelasan secara detailnya. 

Apa itu E-Statement?

Mungkin ada beberapa dari Sobat LINE Bank di sini yang masih belum mengetahui dengan jelas mengenai fasilitas ini. E-statement merupakan fasilitas di mana para nasabah bisa mengakses informasi terkait mutasi rekening milik mereka yang dikirimkan oleh pihak bank melalui email yang telah didaftarkan.

Kamu bisa melihat laporan masuk dan keluarnya keuangan milikmu selama satu bulan dalam bentuk lampiran pdf yang dikirimkan ke alamat emailmu. Sehingga, kamu tidak perlu lagi merasa repot untuk mencetak buku tabungan dalam bentuk lembaran fisik dengan harus mendatangi kantor bank dan mengantre lama. 

Keuntungan yang sudah dijelaskan di atas tentunya bukanlah satu-satunya yang akan kamu dapat dari fasilitas ini. Melainkan masih terdapat beberapa keuntungan lainnya yang bisa dirasakan ketika menggunakan e-statement

Selain itu, tidak perlu khawatir juga karena untuk bisa menggunakan dan mendapatkan e-statement, kamu cukup melakukan beberapa langkah yang sangat mudah. Bagaimana Sobat LINE Bank, tertarik untuk menggunakan fasilitas ini dalam memantau aktivitas finansialmu?

Baca Juga: Mutasi Rekening ; Definisi dan Manfaatnya

tetap update sama LINE Bank yuk!

Apa Saja Keuntungan E-Statement?

Pihak bank menghadirkan fasilitas ini dengan menimbang segala keuntungan yang akan diperoleh para nasabahnya. Berikut ini daftar beberapa keuntungan yang akan kamu dapat ketika menggunakan fasilitas e-statement:

1. Mengurangi Penggunaan Kertas

Saat kamu memutuskan untuk beralih ke penggunaan e-statement, kamu secara langsung juga turut menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus lebih praktis dalam memantau aktivitas finansial kamu. Alasannya karena e-statement sudah tidak lagi mengharuskanmu untuk menggunakan lembar fisik saat `ingin mencetak laporan keuangan. 

2. Laporan Rekening Dapat Diterima Segera

Menggunakan e-statement juga semakin mempermudah kamu untuk mendapatkan laporan rekening secara cepat. Kamu hanya perlu mengandalkan ponsel milikmu, lalu aplikasi bank yang kamu gunakan dan alamat email yang terdaftar. 

Ketika membutuhkan informasi mutasi rekeningmu saat ini juga, kamu bisa melakukannya dan sekaligus menerima laporan rekeningmu dengan waktu yang bersamaan. Tanpa harus pergi ke kantor bank dan menunggu lama untuk mengantre dengan nasabah lainnya. 

3. Laporan Rekening Tersimpan Secara Aman di Email

Keuntungan berikutnya adalah karena informasi terkait mutasi rekening sudah dipastikan akan kamu terima melalui email, maka laporan tersebut juga ikut tersimpan secara aman di email milikmu. Jadi tidak perlu menyimpan banyak bukti laporan rekening dalam bentuk kertas karena sangat rawan untuk hilang. 

4. Laporan Keuangan Dapat Diakses Kapanpun dan Di mana pun

Mengingat nantinya pihak bank akan mengirimkan laporan keuangan ke alamat email kamu yang sudah terdaftar, tentunya membuat kamu juga dengan mudah untuk mengakses laporan tersebut kapanpun dan di mana pun.

Baca Juga: Jangan Panik! Begini 4 Cara Melaporkan Rekening Penipu

Bagaimana Cara Mendapatkan E-Statement?

Kamu juga bisa mendapatkan e-statement dari segala aktivitas finansialmu melalui LINE Bank dengan cara yang sangat mudah yakni melalui notifikasi via LINE Messenger. Pemberitahuan ini akan dikirimkan melalui channel SMS, notifikasi pada ponsel maupun menu lonceng di dalam aplikasi. 

Jenis transaksimu yang nantinya akan mendapatkan notifikasi, antara lain:

  • Transfer In ke rekening LINE Bank
  • Transfer Out dari rekening LINE Bank
  • Tarik tunai dari rekening LINE Bank
  • Transaksi QRIS
  • Transaksi Pembelian pulsa/token listrik
  • Transaksi Pembayaran tagihan

Perlu kamu ingat juga kalau notifikasi melalui SMS hanya berlaku untuk jenis transaksi Transfer Out dari aplikasi LINE Bank (dengan minimum transaksi Rp1000.000), Transaksi Tarik Tunai, QRIS, Pembayaran Tagihan, Pembelian Pulsa, Pembelian Merchant. Sedangkan untuk notifikasi melalui Push Notif dan LINE Messenger dan menu lonceng pada aplikasi LINE Bank berlaku untuk semua jumlah transaksi. 

Demikian penjelasan seputar pengertian, beberapa keuntungan, hingga bagaimana cara kamu mendapatkan e-statement. Setelah membaca semua penjelasan di atas, kamu semakin yakin untuk menggunakan fasilitas ini, bukan?

Selain itu, kamu juga tentunya ingin di setiap transaksimu terlihat jelas melalui notifikasi di waktu bersamaan? Kamu bisa mengandalkan LINE Bank untuk memantaunya. LINE Bank sendiri merupakan digital bank yang menyediakan layanan aktivitas banking dengan kemudahan yang berlimpah. 

Baca Juga: Cara Membuka Rekening LINE Bank Mudah dan Praktis 2022

Tabungan LINE Bank akan memberikanmu biaya 0 rupiah* saat melakukan transaksi transfer dan tarik tunai, praktis membayar tagihan & beli pulsa, hingga cek transaksi yang juga bisa kamu lakukan dengan mudah via notifikasi LINE Messenger.  Langsung saja download aplikasi LINE Bank dan buka rekening tabungan kamu sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325