Jangan Panik! Begini 4 Cara Melaporkan Rekening Penipu

Jangan sampai tertipu! Sobat LINE Bank harus buka mata lebar-lebar terhadap penipuan yang marak terjadi. Supaya tidak terjebak, kamu perlu tahu cara melaporkan rekening penipu kepada pihak berwenang sekaligus cara mengeceknya. 

Jangan sampai kamu merasakan penipuan baru mencari tahu bagaimana cara melaporkannya. Justru sekarang adalah waktu yang tepat untuk menambahkan pengetahuan terhadap kasus penipuan online

Jumlah kasus yang meningkat sudah pasti menjadi perhatian pemerintah untuk melakukan tindakan antisipasi dan solusi bagi masyarakat. Itu sebabnya sudah ada banyak website yang dibuat untuk memeriksa, melaporkan, hingga membekukan rekening bank penipu. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Bagaimana Cara Cek Rekening Penipu?

cara cek rekening penipu

Saat ini sudah tersedia berbagai media pengaduan yang bisa dijangkau oleh masyarakat saat mereka menemukan penipu atau sudah tertipu. Kamu bisa langsung mengeceknya dengan mengunjungi beberapa website berikut. 

Baca Juga: Kenali Yuk Para Penipu Skimming!

1. Website CekRekening.id

Pemerintah menyediakan layanan pengaduan secara online yang bisa diakses seluruh masyarakat. Masyarakat hanya perlu membuka website cekrekening.id” di browser. Dalam website tersebut terdapat 3 layanan yang bisa digunakan yaitu memeriksa, mendaftarkan, dan melaporkan rekening. 

Untuk melakukan pemeriksaan, kamu hanya perlu memilih Periksa Rekening dan klik “Cek Sekarang”. Tunggu beberapa saat hingga tab berubah menjadi pengisian data. Isi semua data yang kamu punya tentang rekening penipu seperti jenis bank, nama, dan nomor rekening. 

Kemudian hasilnya akan keluar apakah rekening yang kamu isi merupakan penipu atau bukan. Layanan Periksa Rekening ditujukan untuk kamu yang ingin melakukan pengecekan sebelum melakukan transaksi. 

Jadi kamu tidak akan terkena kasus penipuan karena sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan rekening terlebih dahulu. Layanan Daftar Rekening ditujukan secara khusus bagi penjual yang menggunakan rekening mereka untuk bertransaksi. 

Supaya rekening kamu tidak dianggap penipu maka mendaftarkannya dalam data Kominfo dapat memberikan keamanan bagi pelanggan. Terakhir layanan Lapor Rekening digunakan untuk melaporkan nomor rekening yang mencurigakan. 

2. Website Kredibel.co.id

Ada satu lagi website yang digunakan untuk melakukan pengecekan rekening mencurigakan yaitu kredibel.co.id. Ketika halaman home terbuka maka kamu bisa langsung mengisi nomor rekening penipu lalu klik “Cari”. 

Nantinya akan muncul informasi terkait data yang tersimpan dalam kredibel.co.id. Selain itu kamu juga bisa memastikan penipu dengan mencari nomor telepon. Tinggal masukkan nomor yang kamu rasa mencurigakan lalu klik “Cari”. 

Bagaimana Cara Melaporkan Rekening Penipu Secara Online?

cara melaporkan rekening penipu secara online

Jika benar bahwa nomor rekening yang kamu periksa ternyata milik penipu, segera laporkan kepada pihak berwenang. Berbagai cara melaporkannya adalah sebagai berikut. 

1. Gunakan CekRekening.id

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa website CekRekening.id memiliki 3 layanan, salah satunya adalah Lapor Rekening. Pilih layanan tersebut untuk melaporkan penipu dengan mengisi data seperti jenis akun, nama bank, data penipu, data kamu sebagai pelapor, kronologi, dan upload bukti-bukti yang diminta. 

Umumnya kamu perlu mencatat, menyimpan, serta melakukan screenshot untuk mendukung laporan yang ingin dibuat. Jika proses pengisian data selesai maka nantinya pihak Kominfo akan melakukan tindakan. 

2. Lapor Melalui Kominfo.go.id

Kominfo.go.id merupakan website resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditujukan khusus bagi masyarakat. Dalam website ini masyarakat bisa membuat laporan terkait penipuan yang mereka alami dengan langsung memilih menu ADUAN BRTI. 

Kemudian isi berbagai informasi penipu dan juga pelapor. Lanjutkan proses dengan menulis pengalaman yang kamu alami di bagian pengaduan. 

Lakukan percakapan dengan pihak Kominfo melalui helpdesk yang tersedia dan lampirkan semua bukti yang kamu punya. Kemudian kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan agar laporan bisa dibuat dan diproses secara hukum. 

3. Buka Lapor.go.id

Selain website Kominfo, ada lagi bagian pemerintah yang menyediakan layanan pengaduan bagi masyarakat yaitu lapor.go.id

Dibuat oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), masyarakat bisa langsung membuat laporan penipuan dengan mudah. Seperti dua cara sebelumnya, siapkan semua bukti-bukti dan isi informasi yang tertera di layar. 

4. Block Berbagai Media Sosial Penipu

Jika penipu tersebut aktif dalam media sosial maka kamu bisa mulai melakukan block pada seluruh akun mereka. Melaporkannya ke pihak media sosial akan sangat membantu masyarakat agar tidak ada lagi yang terkena penipuan. Selain itu kamu juga bisa menyebarkan informasi terkait penipu agar masyarakat tidak mengalami pengalaman yang sama.  

Baca Juga: Penting! Begini 3 Cara Melaporkan Penipuan Online agar Uang Kamu Kembali

tetap update sama LINE Bank yuk!

Tips Mewaspadai Penipuan Online Nomor Rekening

tips mewaspadai penipuan online nomor rekening

Semakin maraknya kasus kriminal dengan menyalahgunakan nomor rekening, ada baiknya Sobat LINE Bank lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online atau transaksi lainnya yang memakai nomer rekening. Oleh sebab itu, berikut ini terdapat tips untuk mewaspadai penipuan online dengan nomor rekening.

1. Jangan Langsung Tergoda dengan Barang Murah di Internet

Sebagian besar orang tentunya lebih condong untuk mencari harga murah ketika membeli sesuatu. Namun, kamu perlu lebih waspada ketika menemukan barang dengan harga yang murah di Internet, sebab hal itu mungkin saja hanya penipuan dan akan merugikan kamu.

2. Memilih Platform E-Commerce Tepercaya saat Belanja Online

Kemudian pilihlah platform e-commerce yang memang sudah tepercaya keamanannya untuk melakukan belanja online. Hal ini bertujuan guna mencegah tindak pidana penipuan, sebab pihak e-commerce menjamin tanggung jawab apabila barang yang kamu pesan tidak kunjung diterima.

3. Mengecek Jejak Digital Penjual

Cek dan cari tahu terlebih dahulu jejak digital penjual barang atau toko online yang akan kamu beli barangnya. Caranya dengan mencari informasi mengenai si penjual lewat internet, apakah dia memiliki kredibilitas yang bagus atau tidak. Meski kamu juga bisa melihatnya melalui ulasan dan rating secara langsung, namun ada saja oknum yang memalsukan hal tersebut.

4. Mengecek Nomor Telepon Penjual

Selain mengecek nomor rekening penjual, kamu juga mengecek nomor telepon penjual. Caranya cukup mudah, Sobat LINE Bank tinggal mengetik nomor telepon tersebut di mesin pencarian internet. Umumnya, apabila nomor tersebut bermasalah, maka hasil pencarian akan berkaitan ke suatu berita kasus kriminal.

5. Selalu Menyimpan Bukti Transfer

Ketika kamu sudah melakukan transaksi, sebaiknya simpan semua jenis bukti transaksi kamu bersama penjual. Baik itu bukti transfer ATM/mobile banking, maupun screenshot percakapan online antara kamu dengan penjual. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana Cara Melaporkan Rekening Penipu?

cara melaporkan rekening penipu

Jangan lupa untuk melaporkan penipuan online terkait rekening penipu agar mereka tidak bisa mengambil uang yang kamu punya. Jangan menunggu lama dan segera hubungi pihak bank serta membuat laporan ke kantor polisi terdekat. 

1. Telepon Bank Terkait

Pertama-tama, identifikasi dahulu dari mana nomor rekening dibuat. Jika kamu sudah tahu bank yang menerbitkannya maka segera telepon customer service dari bank terkait. Informasikan bukti-bukti serta jumlah yang telah kamu kirimkan ke nomor rekening penipu. Nantinya pihak bank akan melakukan verifikasi dan menindaklanjuti laporan yang kamu berikan. 

2.  Datang ke Kantor Polisi

Datang ke kantor kepolisian juga bisa membantu kamu membekukan rekening penipu. Hal ini dilakukan dengan membuat laporan penipuan terlebih dahulu. Sebelum datang, pastikan bahwa kamu telah mengumpulkan semua bukti seperti isi pesan, nomor telepon, profile picture yang digunakan, audio, telepon, dan lain sebagainya. 

Serahkan bukti tersebut dan tunggu instruksi selanjutnya dari polisi mengenai apa yang harus kamu lakukan. 

Itu dia berbagai cara melaporkan rekening penipu sekaligus membekukan rekening mereka. Simpan cara-cara di atas supaya kamu bisa langsung bertindak apabila ada teman, keluarga, atau kerabat yang mengalami penipuan. 

Itu sebabnya lebih baik melakukan transaksi melalui alat pembayaran tepercaya yang sudah terverifikasi oleh OJK. Selain itu menggunakan pembayaran yang sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan e-commerce juga akan mencegah Sobat LINE Bank terkena penipuan. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Data Pinjaman Online?

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan tabungan LINE Bank untuk melakukan berbagai transaksi. Mulai dari e-commerce, online driver, hingga food delivery. Semuanya sangat aman dilakukan karena LINE Bank merupakan digital bank yang aman dan sudah memiliki izin OJK. Apalagi setiap transaksi dari LINE Bank memiliki notifikasi yang akan masuk ke aplikasi LINE kamu. Jadi tidak akan ada transaksi yang terlewat dari pengawasan. Yuk langsung saja download aplikasi LINE Bank sekarang juga!

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324