Bagaimana Cara Mendapat Pinjaman Modal Tanpa Ribet? Cek Di Sini!

bagaimana cara mendapat pinjaman modal
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa kalian ingin membuka usaha? Atau kalian ada ide bisnis yang mantep? Tapi, kalian masih belum buka usaha tersebut karena kekurangan modal? Atau justru kalian sudah mempunyai usaha, tapi, ingin mengembangkannya lagi?

Kalian bisa lho cari pinjaman buat modal usaha kalian ini! Terus, bagaimana cara mendapat pinjaman modal? Nah, di artikel ini kita bakal bahas 7 cara dan 4 tips agar pinjaman kalian berhasil di ajukan! Yuk, para pemilik jiwa wirausahawan merapat!

Cara Dapat Pinjaman Modal

1. Gadaikan Asset

Cara pertama agar kalian bisa mendapatkan kredit modal usaha adalah dengan menggadaikan asset berharga kalian. Eits, pastikan tempat kalian menggadaikan asset ini tempat yang legal, aman, dan terpercaya, ya! Agar asset kalian tidak lenyap juga, kalian sebaiknya membuat rencana bisnis yang matang! Agar bisa meminimalisir terjadinya gulung tikar dan gagal bayar!

Contohnya, di Pegadaian, aset berhaga yang bisa dijadikan jaminan adalah tersebut bisa berupa logam mulia yaitu emas, kendaraan bermotor yang memiliki STNK dan BPKB, barang elektronik, gawai seperti laptop dan handphone, dan juga kamera. 

2. Pinjam Koperasi

Cara lain untuk mendapatkan modal adalah dengan mengajukan kredit ke Koperasi. Tentunya, kalian sudah pasti kenal dengan Koperasi. Nantinya, kalian bisa mengajukannya ke Koperasi Simpan Pinjam, ya!

Eits, jangan lupa untuk mendaftar sebagai anggota koperasi, memenuhi persyaratan yang diajukan, dan membayar simpanan wajib! Biasanya, dokumen yang diminta adalah KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, fotokopi rekeing listrik, dan formulir pengajuan dana.

Baca juga: Koperasi Kredit: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

3. Pinjam dari Bank

Pilihan ketiga untuk mendapatkan modal adalah dengan mengajukan kredit ke bank! Tapi, kalau kalian gak mau ribet dan mau satset, sekarang ada lho, pinjaman bank online! Kalian bisa mengurus dan mengajukannya di rumah. Pastikan untuk memilih bank yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, ya, guys!

Sebenarnya, kalian enggak perlu jauh-jauh mencari, karena LINE Bank juga menyediakan pinjaman lho buat kalian yang mau buka usaha atau mengembangkan usaha kalian! Karena limit kreditnya bisa sampai Rp. 300.000.000! Duh mantep banget kan?

Terus gimana nih cara dapetinnya? Caranya gampang banget! Kalian tinggal menggunduh aplikasi LINE Bank, ikuti prosesnya, dan cepat cair!

4. Coba Kredit Usaha Rakyat

Sementara itu, buat kalian perintis UMKM, kalian bisa coba mendaftar Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR adalah sebuah program pemerintah Indonesia untuk mengembangkan sektor UMKM di Indonesia.

Secara umum, syarat untuk mengajukan KUR adalah memiliki usaha mikro atau kecil, memiliki izin usaha, bukan debitur bermasalah, NPWP, mengajukan rencana usaha, dan juga menyediakan jaminan.

5. Coba Pinjam ke Keluarga

Hal selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah meminjam ke keluarga kalian. Memang sih, pilihan ini mungkin berat, karena kalian tidak enak. Tapi, coba saja jujur ke mereka tentang niat kalian untuk membuka usaha. Pastikan juga untuk menjelaskan kepada mereka tentang usaha kalian, tentang prospek usaha kalian bagaimana, kesulitan yang dialami, dan berapa jumlah uang yang kalian butuhkan.

6. Kredit Modal Kerja

Cara selanjutnya yang bisa jadi pilihan untuk mendapatkan pinjaman modal adalah dengan kredit modal kerja. Biasanya, periode dari kredit ini adalah 1 tahun. Kredit ini diberikan kepada pemil usaha perdagangan, jasa, dan atau yang berhubungan dengan pengadaan dan produksi.

Dokumen yang perlu kalian siapkan adalah formulir, KTP, Kartu Keluarga, rekening koran 6 bulan terakhir, izin usaha, dan dokumen kepemilikan rumah untuk pinjaman perorangan. Akan tetapi, kalau yang mengajukan badan usaha, maka kalian perlu menyiapkan fotokopi KTP pengurus dan pemilik saham, laporang keuangan, akta pendirian perusahaan dan perubahannya, dan fotokopi dokumen kepemilikan agunan.

7. Crowdfunding

Mungkin, istilah ini agak asing di telinga kalian. Tapi, sebenarnya prakteknya sudah cukup lama, kok! Jadi, dana pinjamannya berasal dari berbagai orang. Nantinya orang yang membutuhkan dana bisa menjelaskan bisnis mereka di platform secara online untuk mendapatkan modal pinjaman usaha. Eits, pastikan juga untuk memilih platform yang legal dan sudah terdaftar OJK, ya!

Tips Agar Pinjaman Disetujui

Setelah mengetahui bagaimana cara mendapat pinjaman modal, maka sebaiknya, kita juga mempelajari tips agar kredit yang diajukan bisa disetujui oleh lembaga keuangan tersebut! Nah, berikut ini 4 tips biar kredit kalian bisa di-acc!

1. Skor Kredit yang Bagus

Hal yang paling penting agar pinjaman kalian bisa disetujui adalah kalian harus memiliki skor kredit yang baik. Semakin rendah skor kredit yang kalian miliki, maka akan semakin rendah pula kemungkinan bank akan meminjamkan dananya kepada kalian!

Kalian bisa coba mengecek skor kalian di Idepku OJK.

Nah, pastikan juga untuk membayar kewajiban utang kalian sebelumnya ya! Karena hal itu bakal memiliki dampak kepada skor kalian!

2. Buat Rencana Bisnis

Agar pemberi pinjaman modal semakin yakin, maka kalian juga harus membuat proposal atau rencana bisnis yang matang. Misalnya, kalian memasukan aspek peluang usaha kalian di pasaran, kemungkinan untung yang bisa kalian dapat dalam jangka waktu tertentu, dan lain-lain. Hal ini juga membuktikan bahwa kalian serius untuk membangun usaha dan sudah melakukan riset sebelumnya.

3. Hitung Modal yang Dibutuhkan

Selanjutnya adalah kalian harus menghitung modal yang dibutuhkan secara teliti. Pemberi modal punya penilaian sendiri atas bisnis kalian, jadi pastikan nominal yang kalian minta pas, ya!

4. Punya Agunan

Hal keempat yang kalian butuhkan adalah memiliki jaminan. Menurut Kementerian Keuangan, jaminan adalah sesuatu yang diberikan kepada kreditur untuk menimbukan keyakinan bahwa penerima pinjaman akan memenuhi kewajiban yang dapat dinilai dengan uang yang timbul dari suatu perjanjian.

Selain itu, memberikan agunan juga bisa memberikan motivasi kepada kalian untuk membayar kewajiban utang kalian nantinya.

Nah, itu dia tips dan trik bagaimana cara mendapat pinjaman modal. Kalau kalian sedang membutuhkan pinjaman modal tapi enggak punya agunan, tenang aja! Masih bisa kok! Kalian bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) LINE Bank! Syaratnya juga enggak ribet, kalian cuma butuh e-KTP! Prosesnya juga cepat karena bisa dari rumah dan gak rempong! Dengan limit yang bisa mencapai Rp. 300.000.000 bisa lho mewujudkan bisnis impian kalian!

Yuk, wujudkan usaha impian kalian dengan KTA LINE Bank sekarang dan klik banner di bawah ini!

Baca juga: Bikin Usaha atau Beli Rumah? Perbandingan antara Produktivitas dengan Kebutuhan
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325