Peluang Usaha Makanan Internasional di Indonesia 2024!

peluang usaha makanan internasional di indonesia
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Siapapun pasti makan di hidupnya, apalagi kalau rasa makanannya enak dan cocok di lidah! Tentunya, hal ini yang menjadikan usaha kuliner selalu ada. Nah, pastinya, orang-orang juga akan tertarik untuk mencoba makanan di luar Indonesia! Buat kamu yang ingin tahu dan buka usaha kuliner, yuk cek peluang usaha makanan internasional di indonesia 2024! Mana tahu, ada yang cocok dengan kalian!

1. Dimsum

Source: Unsplash

Makanan pertama berasal dari Tiongkok. Dimsum adalah makanan yang cocok banget buat orang yang suka ngemil, entah itu di sore hari atau siang hari, atau bisa sambil nonton film favorit. Nah, oleh karena itu, kalian yang ingin membuka usaha, bisa menjadikan dimsum sebagai salah satu opsi!

Kalau kalian ingin dimsum kalian halal, kalian juga bisa menggunakan daging ayam ataupun udang sebagai opsi. Cara membuatnya juga cukup mudah kok! Caranya adalah daging olahan tersebut kalian bungkus dengan kulit pangsit dan kukus. Lalu, kalian bisa kombinasikan dengan saos, saos asam manis, maupun mayones!

Tapi, kalau kalian mager, kalian juga bisa membeli dimsum frozen food yang tinggal dikukus! Cukup mudah untuk membuka usaha, bukan?

2. Sushi

Source: Unsplash

Masih dari kawasan Asia Timur, nama sushi pasti udah enggak asing di kuping kalian, kan? Makanan yang berasal dari Jepang ini memang sudah dikenal sejak lama! Sushi memiliki berbagai variasi, mulai dari bahan laut seperti gurita, ikan tuna, salmon, dan berbagai macamnya! Ada juga lho, sushi dengan telur yang namanya Tamago Sushi!

Cara buatnya cukup gampang kok! Kalian cukup siapkkan nasi, berikan bumbu, pilih isian yang oke, dan jangan lupa nori! Tapi, kalau kalian khawatir orang Indonesia enggak suka dengan ikan mentah, kalian bisa menggantinya dengan yang lain!

3. Bento Cake

Source: Unsplash

Kalau kalian lebih suka makanan yang manis-manis gitu dan hobi buat kue, maka kalian bisa menjadikan Bento Cake sebagai salah satu pilihan! Kue viral kekinian ala Korea Selatan ini adalah kue dalam kotak. Kue ini enggak ribet, cocok buat konsumen yang merasa bahwa kue ukuran normal itu kebesaran.

Biasanya, kue ini digunakan untuk merayakan momen istimewa. Misalnya, ulang tahun, sempro, kompre, wisuda, maupun anniversary! Bento cake ini populer di kalangan anak muda yang menyukai estetika, lho! Jadi, pastikan bento cake yang kalian buat aesthetic dan tentunya juga rasanya enak!

4. Dessert Box

Source: Unsplash

Di lansir dari PergiKuliner, sebenarnya dessert box bukan hal yang baru. Karena makanan ini sudah muncul di Eropa dan Amerika sejak tahun 2000-an. Akan tetapi, di Indonesia merupakan hal yang cukup baru. Dessert box merupakan makanan yang dipopulerkan oleh Najjla Bisyir dengan Bittersweet by Najla.

Nah, cita rasanya manis ini juga cocok dengan banyak orang di Indonesia. Oleh karena itu, kalau kalian mempunyai skill yang hebat, kalian bisa banget mencoba usaha ini! Rasa yang cukup diminati biasanya adalah blackforest, tiramisu, red velvet, choco maltine. Oh, ya, ketika membuatnya, jangan lupa nilai estetikanya, ya, guys, biar makin cocok sama generasi millenial!

5. Mille Crepes

Source: IDN Times

Peluang usaha makanan internasional di Indonesia selanjutnya ini, masih dengan dessert, bagi kalian yang mempunyai kemampuan baking yang mumpuni, kalian juga bisa nih mencoba menjual Mille Crepes. Banyak orang yang bilang kalau makanan ini berasal dari Prancis, ada juga yang bilang dari Italia, tapi tau gak asal dari makanan ini darimana?

Dilansir dari Halodoc, kalau dessert ini berasal dari Jepang. Yup, pembuat pertamanya adalah Emy Wada. Untuk memasaknya, kalian enggak perlu oven, kok. Kalian membutuhkan teflon anti lengket!

Sudah banyak orang yang menjual mille crepes dan memiliki berbagai varian rasa. Rasa yang umum seperti red velvet, blackforest dan tiramisu. Kalau kalian ingin mencoba menjual varian yang tidak terlalu manis, kalian juga bisa mencoba dengan rasa macha. Kalau ingin sedikit segar, kalian bisa coba varian strawberry!

6. Takoyaki

Source: Freepik

Nama ini mungkin udah enggak asing buat kalian, ya! Bola-bola yang di isi dengan gurita, kemudian diberikan saos dan mayones, dan katsuobushi. Hmm… Dimakan saat panas-panas, hmm… kayaknya enak enggak sih?

Nah, kalian juga bisa menjadikan makanan asal Jepang ini sebagai usaha makanan, lho! Kalian bisa mengganti gurita dengan bahan lain juga. Misalnya, dengan bakso, crab stick, sosis, keju, dan banyak lainnya! Kalian bisa membuat dengan kreativitas kalian juga. Contohnya menjual dengan ukuran normal, atau bahkan jumbo! Salah satu alat yang kalian butuhkan dalam membuat takoyaki adalah cetakan takoyaki! Cukup mudah, kan?

7. Tteokbokki

Source: Pixabay

Buat kalian pecinta drakor, pastinya kalian udah enggak asing sama makanan ini! Streetfood asal Korea Selatan ini bakal pas banget dijadiin cemilan! Bahan utamanya yang berasal dari tepung beras, membuat makanan ini kenyal dan makin enak dinikmati!

Karena banyaknya Kpopers, bahan utama yang gampang didapat, modal yang tidak terlalu besar, tteokbokki bisa dijadikan sebagai salah satu peluang makanan internasional di Indonesia kalau kalian berminat.

8. Pizza

Source: Pixabay

Hmm, makanan asal Italia ini pasti sudah semuanya kalian ketahui! Yes, Pizza! Memiki berbagai varian rasa dan popularitasnya tidak termakan waktu di Indonesia, kalian bisa mencoba pizza untuk usaha kalian!

Kalau kalian ingi membuka usaha pizza, kalian bisa coba membuat pizza mini homade.

Eits, jangan anggap pizza mini kurang enak, ya! Kalian juga bisa membuat pizza mini yang enak! Pizza mini harganya juga akan lebih ekonomis dibandingkan pizza normal. Maka, pizza mini ini akan bisa menjangkau semua kalangan! Oh ya, pastikan juga untuk menjualnya di area strategis, ya!

9. Kebab

Source: Freepik

Setelah puas mengenal berbagai macam makanan Asia Timur, kali ini kita akan mengenal makanan Timur Tengah! Kalian pasti udah engga asing ya sama Kebab!

Makanan yang terdiri dari kulit tortilla, daging, sayuran, sayuran, dan rempah-rempah ini populer lho! Engga cuma di Indonesia, tapi juga di dunia! Nah, bisa lho kalian jadikan sebagai usaha.

Kalian bisa menggunakan daging sapi atau ayam ataupun sosis. Lalu dengan sayuran. Untuk bumbu dan rempahnya agar makin enak, bisa kalian kreasikan sendiri!

10. Gelato

Source: Pixabay

Setelah makanan yang enak disantap saat hangat, ingin gak si makanan yang dingin? Berpindah lagi sekarang kita ke negara Eropa tepatnya di Italia, kali ini kita akan kenalan dengan gelato!

Teksturnya yang manis di lidah, variasi rasa manis menggoda yang beragam, meleleh dan dingin saat dimakan, hmm, enak engga sih? Cocok banget dimakan di Indonesia yang panas ini. Oleh karena itu, gelato mempunyai peluang usaha di Indonesia ini.

11. Croissant

Source: Pixabay

Peluang usaha makanan internasional di Indonesia selanjutnya adalah Croissant. Croissant adalah pastry yang belakangan ini namanya makin terkenal di Indonesia. Tapi, tahukah kalian bahwa asal Croissant bukan dari Prancis?

Asal Croissant sebenarnya dari Austria lho, guys. Dilansir dari Sacreblue, nama awal Croissant adalah kipferl dan dikenal pada abad ke 13 di Austria. Sebelum akhirnya terkenal di Prancis dengan nama croissant.

Croissant disukai oleh masyarakat Indonesia karena teksturnya yang unik. Teksturnya terasa renyah di luar sementara lembut di dalam. Croissant bisa diisi dengan berbagai macam varian. Kalian mungkin bisa mengkombinasikan croissant kalau membuka Coffee Shop ataupun sebuah bakery.

12. Churros

Source: Pixabay

Sekarang kita beranjak ke cemilan asal Spanyol. Churros cocok banget kalau kalian makan untuk ngemil bersama teh ataupun kopi di pagi maupun sore hari. Bentuk churros cukup unik, seperti donat yang panjang. Sekilas, makanan ini juga terlihat seperti cakwe, kan? Teksturnya yang renyah dan begitu ujungnya dicelupkan ke coklat cair, hmm, enak banget bayanginnya, gak si?

Kalau kalian memiliki niatan untuk membuka usaha churros, kalian bisa lho! Selain dengan topping coklat, kalian juga bisa mencoba topping lain. Contohnya dengan saus karamel, red velvet, keju, vanilla, blueberry, strawberry, kacang, dan masih banyak lagi! Kalian tinggal mengkombinasikannya dengan ide kreatif kalian. Kalau kalian terlalu mager untuk membuat churros untuk usaha, ada juga lho, churros versi frozen!

13. Okonomiyaki

Source: Unsplash

Setelah kita melihat-lihat makanan di Eropa, sekarang kita balik lagi nih ke Asia Timur! Okonomiyaki adalah makanan yang berasal dari negeri sakura ini, memiliki rasa yang gurih, sedikit manis, dan pedas. Bakal cocok gak, sih, sama lidah orang Indonesia? Cara membuatnya juga gak terlalu ribet, kok! Secara sederhana okonomiyaki terbuat dari tepung terigu, sayuran, daging, ikan, kemudian dipanggang di atas plat besi, dan diolesi saus.

Nah, kalau kalian khawatir apa bahan-bahannya susah didapat, kalian tenang aja! Kalian bisa lho menjual okonomiyaki dengan bahan lokal! Gimana? Apa kalian tertarik untuk jualan okonomiyaki?

14. Chicken Katsu

Source: Unsplash

Masih dengan makanan asal Jepang, kali ini kita bakal membahas hidangan Chicken Katsu. Hidangan ini berupa daging ayam yang diiris dan dibalut oleh tepung roti yang renyah. Cocok banget kalau dihidangkan dengan hangat di atas nasi, ditemani oleh sayuran, dan kemudian diberikan berbagai jenis saus. Contohnya saus teriayaki, BBQ, kari, dan berbagai macam! Hm, menggoda lidah, banget!

Nah, hidangan yang enak ini, bisa lho kalian jadikan ide bisnis kuliner kalian! Bahkan, kalian bisa lho memulai usaha ini di rumah! Kalau kalian tertarik, tapi, masih kurang modal, tenang aja! Bisa lho kalian coba pinjaman bank online! Gak perlu jauh-jauh, karena LINE Bank juga nyediain kok! Yuk coba sekarang! 

15. Corndog

Source: Freepik

Nah, pernah gak kalian dengar jajanan satu ini? Tenang aja, jajanan ini halal kalau menggunakan sosis yang halal, kok, guys! Corndog adalah makanan yang secara garis besar terbuat dari sosis dan keju mozarella yang ditusuk. Kemudian dibaluri oleh tepung roti dan di goreng dengan minyak panas. Lalu diolesi saos maupun mayones di atasnya. Begitu digigit, rasa gurihnya akan memanjakan lidah, ditambah dengan sosis bersama dengan keju, hmmmm… Bayanginnya udah enak banget gak, sih?

Nah, jajanan viral ini, bisa lho kalian jadikan sebagai ide bisnis kalian! Kalian juga bisa membuat jajanan ini di rumah. Corndog juga memiliki berbagai variasi lho! Mulai dari kentang, green tea, tiramisu, choco cheese, dan masih banyak lagi!

Nah, itu dia 15 peluang usaha makanan internasional di Indonesia! Apa ada dari daftar ini yang membuat kalian tertarik untuk mencoba membuka usaha kuliner? Nah, kalau kalian memiliki ide yang bagus, namun masih kurang modal, eits, gak usah khawatir!

Kalian bisa coba Quick Credit dari LINE Bank! Limit-nya bisa sampai Rp. 300.000.000 lho! Caranya gampang banget dan gak bakal nunggu lama! Kalian tinggal klik banner di bawah ini dan wujudkan usaha kuliner kalian sekarang!

Baca juga: 5 Pinjaman untuk Modal Usaha Awal dan Tips Menggunakannya
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325