Bikin Usaha atau Beli Rumah? Perbandingan antara Produktivitas dengan Kebutuhan

bikin usaha dulu atau bikin rumah dulu
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Apa ada dari kalian yang mempunyai dream house? Atau ada dari kalian yang punya cita-cita melakukan bisnis? Atau justru punya keduanya? Hal itu bagus! Tapi, bagaimana kalau uang yang kalian miliki hanya bisa memilih salah satu, ya? Kalian hanya bisa memilih antara buka usaha dulu atau bikin rumah dulu.

Waduh, pilihan yang sulit kan? Membeli rumah impian yang merupakan kebutuhan dan akan long lasting atau membuka usaha untuk meningkatkan produktivitas? Dilansir dari 60secondmarketer ini dia beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan:

Membuka Usaha

Membuka usaha berarti produktivitas. Ibarat sebuah investasi, uang yang kalian jadikan usaha akan kembali lagi kepada kalian nantinya. Setelah itu, uang tersebut akan kian bertambah seiiring berjalannya usaha kalian. Membuka usaha adalah pilihan yang tidak salah bila diambil, apabila kalian memiliki modal yang cukup dan perencanaan bisnis yang matang dan jelas. Berikut ini kita bakal bahas kelebihan dan kekurangan membuka usaha apabila kalian memilih usaha sebelum membangun rumah:

Kelebihan

1. Produktivitas Naik

Apabila kalian menggunakan uang untuk membuka sebuah usaha, maka artinya produktivitas kalian akan naik. Uang yang hanya diam, maka apabila digunakan sebagai modal untuk membuka usaha, artinya berjalan dan bergerak untuk membuat lebih banyak uang. Sehingga, kalian mendapatkan keuntungan dari membuka usaha!

2. Bebas

Kelebihan selanjutnya adalah para wirausahawan ini lebih bebas. Hal ini dikarenakan dengan kalian menjadi pelopor sebuah bisnis, maka kalian yang akan menjadi bos untuk usaha itu sendiri dan diri kalian. Sehingga, kalian bisa membuat aturan sesuai dengan keinginan kalian. Misalnya, jam kerja, standar pegawai, standar produk dan jasa, dan lain-lain. Semua keputusan dan peraturan usaha tersebut ada di tangan kalian.

3. Keuntungan Finansial

Dibandingkan bekerja sebagai karyawan yang mendapatkan gaji, jika kalian membuka usaha sendiri, maka artinya kalian bisa mendapatkan keuntungan finansial yang lebih baik. Kalian akan secara langsung mendapatkan keuntungan dari usaha yang kalian buat, bukan dari atasan. Keuntungan finansial dari membuka usaha ini juga memberikan kalian kesempatan untuk membeli rumah juga nantinya.

4. Ada Kepuasan Tersendiri

Ketika kalian membuka usaha dan berhasil merintisnya hingga usaha tersebut berhasil, bukan kah ada rasa kepuasan sendiri? Rasa kebanggaan atas keberhasilan kalian dalam membangun usaha tersebut hingga sukses. Baik mulai dari 0 ataupun melanjutkan bisnis.

Kekurangan

1. Harus Memiliki Perencanaan yang Matang

Salah satu kekurangan dari memilih untuk membuka usaha terlebih dahulu adalah kalian harus membuat perencanaan yang benar-benar matang.

Mulai dari menentukan lokasi bisnis, barang atau jasa apa yang kalian jual, rencana kalian untuk ke depannya, bagaimana kalian mengurus pegawai, bagaimana bila terjadi masalah dengan usaha kalian, bagaimana cara membuat bisnis kalian tetap bertahan dan berkembang, dan banyak hal lainnya.

2. Rentan Kegagalan

Merintis usaha bukanlah yang mudah. Kalian harus menentukan semuanya sendiri. Jadi, kalian harus sering melakukan riset dan membuat rencana yang matang.

Tidak jarang juga, meski membuat perencanaan yang matang, kalian akan menemui kegagalan. Kegagalan bisa saja membuat uang kalian hangus seketika. Namun, jika kalian berhasil mengembangkan sebuah usaha, maka profit yang kalian dapatkan akan besar. 

3. Jam Kerja yang Panjang

Dibalik kebebasan tidak bekerja di bawah orang lain, kalian artinya memegang kendali penuh atas usaha kalian. Artinya, kalian juga tidak terikat dengan peraturan, karena kalian sendiri yang membuat peraturan tersebut. Terutama di awal membuka usaha, waktu kalian akan tersedot untuk fokus memperkuat fondasi usaha kalian. Jadi, jam kerja kalian bisa saja panjang.

Membeli Rumah

Pilihan selanjutnya antara buka usaha dulu atau bikin rumah dulu adalah membeli rumah. Membeli rumah akan menawarkan beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari membeli sebuah rumah:

Kelebihan

1. Mendapatkan Kenyamanan

Membeli rumah akan menawarkan kalian kenyamanan yang lebih besar ketimbang kalau kalian menyewa kos-kosan ataupun kontrakan. Dengan membeli rumah, kalian bisa melakukan apapun sesuka hati kalian tanpa terikat peraturan kos atau kontrakan. Tentu saja, terdapat batas-batas tertentu atas kebebasan kalian. Tapi, bila dibandingkan menyewa, membeli rumah memberikan kebebasan yang lebih.

2. Sebagai Investasi di Masa Depan

Bila di tempat kalian harga rumah setiap tahunnya mengalami kenaikan, selamat! Karena membeli rumah berarti kalian juga melakukan investasi untuk masa depan. Rumah yang kalian beli seharga 300 juta tahun ini, bisa saja naik menjadi 500 juta 10 tahun lagi. Investasi, bukan?

3. Bisa Mengontrol Pengeluaran

Ketika kalian menyewa kos-kosan atau kontrakan, terdapat kemungkinan si pemilik tempat tersebut akan menaikkan harga sewanya tahun depan secara mendadak, meski kalian sudah dekat dengan pemilik tempat tersebut atau sudah menjadi penyewa lama.

Beda dengan sewaan, bila kalian membeli sebuah rumah, maka harganya tidak akan mendadak naik. Memang, bisa saja kalian membeli rumah tersebut dengan mencicil, akan tetapi, kalian juga sudah mengetahui bayaran yang harus dibayar tiap tahunnya. Jadi, kalian tidak akan terkejut dan lebih bisa mengatur keuangan kalian.

4. Bisa Dijadikan Tempat Usaha

Sekarang, banyak orang yang menjadikan rumahnya sebagai tempat usaha atau bekerja dari rumah. Contohnya sebagai freelancer, seorang dropshipper, atau membuka toko di rumah. Tergantung pada kenyamanan, aturan di lingkungan tersebut, dan lokasi rumah kalian, maka kalian bisa membuat rumah menjadi tempat usaha juga.

Kekurangan

1. Biaya Perawatan Rumah

Karena kalian membeli rumah, segala biaya perawatan rumah akan menjadi tanggung jawab kalian. Setiap tahun kalian harus mengeluarkan biaya perawatan rumah. Belum lagi apabila ada kerusakan di luar dugaan yang membuat kalian mengorek kocek lebih dalam di saat itu.

2. Aset Non-Liquid

Membeli sebuah rumah, berarti kalian membeli sebuah aset. Namun, ini termasuk ke dalam aset tidak bergerak. Artinya, apabila suatu hari terjadi sesuatu kepada kalian yang mengakibatkan kebutuhan akan uang, kalian harus menjual rumah kalian. Akan tetapi, mencari pembeli bukanlah hal yang mudah dan memakan waktu yang cepat, selain itu, apabila kalian sangat kepepet, bisa saja kalian menjualnya dengan rugi.

3. Depresiasi Harga Rumah

Kalau kalian membeli sebuah rumah dengan cicilan, bisa saja total harga yang harus kalian bayar untuk membeli sebuah rumah jauh lebih tinggi dibandingkan harga rumah itu sendiri. Terlebih lagi, kalau kalian menjual rumah dengan terburu-buru di masa depan, bisa saja harga rumah tersebut turun.

Pertimbangan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan baik membeli rumah dan membuka usaha, maka, kalian bisa menjadikannya sebagai masukan. Selain hal-hal di atas, kalian juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu:

1. Kondisi Keuangan

Kalian harus memperhatikan kondisi finansial kalian. Apakah kalian memiliki kebutuhan mendesak dalam waktu dekat? Apakah kalian memiliki rencana dalam waktu dekat atau secara long term?

Coba pikirkan, misal kalian membeli rumah sekarang, jika kalian memilih untuk menyicil, apa untuk ke depannya keuangan kalian akan baik-baik saja? Apakah kalian akan menemukan kesulitan?

Apabila kalian membeli rumah dengan penuh, apakah uang kalian ngepas? Bagaimana dengan kebutuhan untuk beberapa saat ke depannya? Bagaimana dengan biaya perawatan rumah?

2. Kondisi Keluarga

Bagi kalian yang masih single tentu bakal berbeda kebutuhannya dengan orang yang sudah menikah. Orang yang sudah menikah pun akan berbeda kebutuhannya dengan orang yang sudah menikah dan memiliki anak.

Sebelum kalian memutuskan untuk memulai usaha atau membuat rumah, coba pertimbangkan keluarga kalian. Apakah keluarga kalian akan baik-baik saja untuk ke depannya? Jika iya, dengan cara apa?

3. Rencana untuk Masa Depan

Setiap orang memiliki rencana kehidupan yang berbeda-beda. Kalau kalian sudah nyaman dengan kondisi kalian sekarang, baik tempat kalian tinggal atau pekerjaan, dan kalian ingin mendapatkan masa depan yang stabil, maka kalian bisa menjadikan rumah sebagai pilihan.

Tapi, kalau kalian yang berjiwa wirausahawan, tidak takut gagal, memiliki rencana usaha yang matang, dan masih ingin bergerak bebas sekaligus bisa mengakses uang kapan saja, maka membuka usaha adalah hal yang patut dipertimbangkan.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kalian jadikan antara buka usaha dulu atau bikin rumah dulu. Sebelum kalian menentukan untuk memilih yang mana, ada baiknya kalau kalian melihat kekurangan dan kelebihan di atas. Selain itu, kalian juga harus mempertimbangkan situasi, kebutuhan, dan rencana kalian ke depannya. Tidak ada yang salah di antara memilih salah satunya, karena setiap orang memiliki perspektif, kebutuhan, dan keinginan masing-masing.

Kalau sedang mencari dana baik sebagai modal untuk membuka usaha atau mencari dana untuk membuat rumah, bisa banget kalian menggunakan kredit tanpa agunan LINE Bank disini!
Kenapa? Karena kalian tidak perlu menyiapkan agunan, kalau kalian khawatir soal keamanan, tenang aja! Karena LINE Bank sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Limit pinjamannya juga gede kok! Bisa sampai Rp. 300.000.000! Waduh, mantep kan! Kalau kalian terburu-buru, santai aja, soalnya prosesnya cepat dan mudah. Yuk join LINE Bank sekarang! Selain dapat pinjaman kalian juga bisa dapat promo yang mengguntungkan lho!

Baca juga: Inilah 10 Ide Usaha Modal 10 Juta yang Bisa Menjadi Pilihan
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325