8 Cara Mengelola Keuangan Untuk Memenuhi Wishlist Akhir Tahun

Cara Mengelola Keuangan Buat Kamu Yang Banyak Keinginan (Banyak Mau)

Kamu pernah nggak sih berada di situasi belum akhir bulan duit udah menipis alias seret gara-gara banyak keinginan atau wishlist. Nah biasanya kondisi seperti ini dipicu oleh faktor buruknya pengelolaan keuangan pribadi karena gaya hidupmu yang boros.seret di akhir bulan? Bisa jadi itu akibat dari gaya hidup kamu yang boros lho. Boros membelanjakan barang-barang yang tidak penting. Apalagi setelah gajian, banyak banget keinginan yang ingin dipenuhi, sehingga kamu jadi boros dan kantong menjerit di akhir bulan.

Kebiasaan boros atau impulsive membuat alokasi keuangan pribadi jadi tidak teratur sehingga kamu jadi tidak bisa menabung dan menyisihkan penghasilan mu dan membuatmu jadi tidak ada persiapan pada saat darurat. Gaji habis untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan. Akibatnya, pada saat darurat kamu tidak memiliki simpanan yang cukup. Misalnya, tiba-tiba sakit datang, kecelakaan, bencana alam, atau kerusakan rumah. Untuk itu penting untuk kamu mengetahui cara efektif mengatur keuangan supaya membuatmu pelan-pelan terhindar dari kebiasaan boros.

Mengelola keuangan memang butuh perjuangan dan tiap orang memiliki cara masing-masing dalam melaksanakannya. Nah maka dari itu simak yuk, Berikut Cara Mengelola Keuangan Untuk Memenuhi Wishlist Akhir Tahun:

Cara Mengelola Keuangan Yang Baik

1.Abis Gajian, Langsung ditabung aja!

Dalam strategi menabung cobalah untuk sisihkan 10% atau lebih dari gaji kamu supaya ketika dalam keadaan darurat kamu bisa memakainya. Hal ini dilakukan supaya kamu memiliki simpanan yang cukup saat dalam keadaan darurat.

2. Buat Anggaran Belanja setiap Bulan

Catatlah anggaran belanja untuk sebulan ke depan. Tulis daftar belanja secara rinci apa saja yang harus dibeli dan pastikan jangan sampai ada yang terlewat. Apabila kamu memiliki pengeluaran lain yang harus kamu bayar, maka juga harus ditulis pada daftar anggaran.

Jika kamu menerapkan cara ini, maka akan lebih mudah untuk kamu mengetahui alokasi gaji dalam sebulan sekaligus menentukan mana yang harus diprioritaskan dalam menggunakan uang.

Menabung tidak harus dilakukan dengan cara-cara klasik yang membosankan dan memberatkan. Tentu banyak cara lain yang bisa dilakukan agar kegiatan menabung dapat menjadi hal yang seru. Misalnya dengan menggunakan fitur multi rekening LINE Bank! Fitur ini memberikan kemudahan untuk kamu dalam mengelola keuangan dengan 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari tabungan jangka panjang, pengeluaran sehari-hari, hingga rekening untuk jajan atau sesuai dengan kebutuhan kamu nantinya.Menabung bisa menjadi budaya yang melebur ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

3. Jangan Mudah Tergoda Untuk Belanja

Ketika bepergian ke pusat perbelanjaan, memang susah untuk tidak tergoda. Apalagi baru terima gaji. Ketika pergi ke mall atau supermarket, tentu kamu akan menemukan banyak penawaran, baik melalui brosur, katalog, maupun media social. Kuncinya, kamu jangan mudah tergoda dengan penawaran-penawaran tersebut. Ingat, kamu harus saving money untuk masa depan yang lebih baik. Jangan mudah tergoda oleh penawaran yang sebenarnya hanya trik promosi dari para penjual.

4. Utamakan Kebutuhan Bukan Keinginan

Sobat LINE Bank, kamu harus bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Dengan tahu perbedaan ini, maka kamu akan terhindar dari hidup boros. Jadi, untuk membeli barang atau sesuatu mengharuskan kamu berpikir matang untuk mengeluarkan uang.

Jangan sampai kamu membeli barang karena emosi. Kamu harus bisa memilih barang yang ingin dibeli tersebut merupakan kebutuhan atau keinginan saja. Jika barang tersebut memang kebutuhan, maka tidak ada salahnya untuk membeli. Sebaliknya, jika barang tersebut hanya keinginan, sebaiknya jangan dibeli.

5. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit memang terkadang membuat tidak sadar membuat kantong jebol. Karena penggunaanya tanpa uang tunai, jadi terkadang bebas membeli barang-barang sesuai dengan keinginan.

Kartu kredit memang memudahkan penggunanya dalam berbelanja, tapi di sisi lain bisa membahayakan pengeluaran kamu sendiri. Kamu bisa terjebak dengan tagihan kartu kredit yang membengkak tiap bulannya. Jadi, sebaiknya kamu harus membatasi penggunaan kartu kredit yang kamu miliki supaya terhindar dari hidup boros.

6. Lupakan Gengsi

Jauhkan hidup kamu dari rasa gengsi. Pilihlah circle pertemanan yang baik, hindari lingkaran pertemanan yang hedonis. Contoh, saat teman-teman kamu berbelanja, kamu harus menahan gengsi dan berhemat untuk tidak ikut-ikutan belanja barang yang tidak perlu dan kamu bisa menjual barang-barang kamu yang sudah tidak terpakai.

Di saat orang lain makan siang di mall, kamu bisa menyiasati dengan membawa bekal dari rumah. Di saat teman-teman pergi ke kafe atau restoran high class, kamu tidak perlu iri. Melupakan gengsi bisa menyelamatkan keuangan di masa depan dan terhindar dari hidup boros.

7. Jual Barang Lama, Beli Barang Baru

Apabila kamu ingin membeli barang baru dan lemari kamu sudah terlalu penuh, tidak ada salahnya untuk menjual barang-barang lamamu. Hasil penjualan dari barang lama bisa kamu gunakan untuk membeli barang baru. Contohnya, kamu ingin membeli laptop yang baru dengan spesifikasi lebih bagus, kamu bisa menambah uangnya dari hasil penjualan barang lama. Dan pastikan, laptop yang kamu jual tersebut masih layak dijual.

8. Alokasikan Dana Darurat

Sobat LINE Bank, kehidupan ini tidak bisa diprediksi, termasuk masalah keuangan. Agar kamu tidak kelimpungan harus mengeluarkan biaya dalam jumlah yang banyak saat ada kebutuhan yang tidak terduga, mengalokasikan dana darurat adalah salah satu caranya.

Tidak harus dengan nominal yang besar, karena dengan melakukan alokasi ini berarti kamu sudah mengarah pengelolaan keuangan yang sehat.

Nah itu dia Sobat LINE Bank mengenai 8 Cara Mengelola Keuangan Untuk Memenuhi Wishlist Akhir Tahun . Kalau kata mimin sih gapapa belanja untuk self healing atau self reward tapi tetep dipertimbangkan ya sesuai kebutuhan kamu. Pada intinya , jangan hidup boros dan ketahui yang mana keinginan yang benar-benar bermanfaat untukmu supaya keamanan keuangan di masa depan aman terkendali.

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka akunmu dan rasakan sensainya supaya bisa #Upgradelyf !

Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma Download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Baca juga : 7 Cara Mengelola Keuangan ala Raditya Dika

Bagikan ke Temanmu
hanabanksandwich
hanabanksandwich
Articles: 3