Cara Nabung & Perhitungan Biaya Untuk Liburan Ke Eropa (2023)

Cara Nabung & Perhitungan Biaya Untuk Liburan Ke Eropa (2023)

Eropa kerap menjadi destinasi idaman traveler di seluruh dunia, tidak sedikit orang bermimpi untuk bisa berlibur ke Benua Biru, Eropa. Mulai dari spot wisata bernuansa modern, historis, hingga alam bisa ditemui di benua tersebut. Bahkan, kondisi iklim 4 musim dan kehidupan sosial di Eropa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk bisa mengunjunginya, tak terkecuali turis asal Indonesia.

Hanya saja, tidak jarang mimpi liburan mengelilingi Benua Biru tersebut terkendala oleh besarnya biaya yang harus disiapkan agar bisa terwujud. Bayangkan saja, untuk bisa liburan keliling Eropa, kamu harus menyiapkan pengeluaran untuk tiket pesawat, reservasi hotel, kebutuhan harian, dan lain sebagainya. Jika dihitung-hitung, pengeluaran tersebut tentu bisa langsung membuat keuangan boncos dan menguras habis isi tabungan.

Tapi tunggu dulu, asal mengetahui perhitungan biaya liburan keliling Eropa dan tips menabungnya dengan optimal, siapa saja bisa kok mewujudkan impiannya tersebut. Nah, tanpa panjang lebar lagi, ini hal-hal penting yang perlu kamu pahami jika ingin merealisasikan impian liburan ke Eropa.

Baca Juga: Jepang sudah Open Border? Simak Persyaratan Terbarunya

Perhitungan Biaya Liburan

Ketika berencana untuk berlibur ke Eropa, kamu tentu harus memperhitungkan biaya apa saja yang harus disiapkan. Sederet pengeluaran yang harus dimasukkan dalam perhitungan tersebut, antara lain, tiket pesawat, penginapan, biaya transportasi dan akomodasi, sampai buah tangan untuk dibawa pulang. Berikut list perhitungan biaya saat liburan:  

  • Tiket Pesawat, Untuk menuju Eropa kamu harus menyiapkan dana sekitar 5 – 8 juta rupiah. Biaya tersebut bisa lebih mahal atau murah ya, Sobat LINE Bank. Ini tergantung waktu keberangkatan mu disaat high season atau tidak, serta promo yang berlangsung saat membeli tiket pesawat. Karenanya, rencanakan kapan waktu yang tepat untuk pergi berlibur agar pengeluaran atas kebutuhan ini bisa lebih hemat.
  • Biaya Penginapan, Jika berencana untuk berkunjung ke Eropa Barat, biaya penginapan di sana biasanya relatif lebih mahal ketimbang Eropa Timur. Untuk kebutuhan ini, biaya yang harus disiapkan setidaknya adalah 1 juta Rupiah/malam agar bisa bermalam di sebuah hotel, dan lebih terjangkau jika mampu mendapatkan promo atau saat penginapan sepi.
  • Biaya berkeliling tempat wisata, Jika ingin mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus, kamu pasti membutuhkan kendaraan atau fasilitas transportasi umum. Untuk mobilitas selama berlibur sendiri, wisatawan di Eropa setidaknya harus merogoh kocek sebesar 30 sampai 40 Euro per harinya, atau setara 600 ribu Rupiah. 
  • Konsumsi selama liburan, bisa mencapai nominal 20 Euro untuk sekali makan di restoran. Nah, berdasarkan akumulasi kebutuhan biaya liburan keliling Eropa tersebut, bisa diketahui jika kamu harus bisa menyiapkan budget setidaknya 20 juta Rupiah untuk wisata 3 hari.

Cara Nabung Biaya Liburan

Dengan besarnya biaya liburan keliling Eropa, kamu mungkin tak akan bisa mewujudkannya tanpa menabung terlebih dulu. Tak perlu khawatir, berikut adalah tips ampuh menabung biaya liburan tersebut dengan mudah.

  1. Tentukan Tujuan dan Kebutuhan Dana. Besarnya biaya liburan secara garis besar ditentukan oleh destinasi wisata dan jangka waktunya. Jika budget masih terbatas, maka usahakan untuk mengunjungi negara tertentu yang benar-benar ingin dikunjungi selama 2 sampai 3 hari saja. Baru saat mampu mengumpulkan dana lebih besar kamu boleh menambah daftar negara untuk dikunjungi serta durasinya. 
  2. Prioritaskan Dana Terpenting Lebih Dulu. Langkah selanjutnya, mulai prioritaskan keuangan untuk menabung pada hal yang harus diprioritaskan. Misalnya, sisihkan uang untuk tiket pesawat dan reservasi hotel terlebih dulu, baru kumpulkan dana untuk oleh-oleh dan semacamnya.
  3. Investasi di Instrumen yang Tepat. Kamu perlu menyimpan tabungan liburan keliling Eropa ini di instrumen investasi yang tepat sesuai dengan rencana kamu. Salah satu, instrumen investasi yang cukup menjanjikan dan patut untuk kamu pertimbangkan adalah investasi. Bingung cari Deposito aman dan menguntungkan? Simak solusinya!

Jangan Biarkan Mimpi Berkeliling Eropa Sekadar Mimpi, Siapkan Dana Liburannya dari Sekarang!

Itulah beragam Cara Nabung & Perhitungan Biaya Untuk Liburan Ke Eropa (2023). Kalau kata mimin sih gapapa berlibur asal kamu mengelola keuangan dengan baik dan mempersiapkan segalanya dengan baik.

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka akunmu dan rasakan sensainya supaya bisa #Upgradelyf !

Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma Download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Baca juga : Tips Solo Traveling Antiribet Untuk Pemula

Bagikan ke Temanmu