Smart Saving Untuk Kamu yang Masih Pemula!

Kadang bingung gak sih Sobat LINE Bank, income ada, waktu ada, tenaga juga pasti ada. Tapi kok kayanya “Rumput tetangga lebih hijau ya”. Kok bisa ya? Sobat LINE Bank, ini tuh karena kalian cuman belum tahu apa tujuan finansial kalian. Tenang, bagi kalian yang masih pelajar yang cuman ada uang jajan, uangnya bisa disebut sebagai income juga loh. Walaupun misalnya Sobat LINE Bank udah bikin tujuan finansial kalian tapi gapernah tercapai karena godaan promo, diskon, cashback, apalagi di saat tanggal cantik di e-commerce kesayangan kalian alhasil besar pasak daripada tiang. Financial Planning yang terstruktur akan memudahkan dan menyiapkan diri kita disaat kondisi ekonomi sedang menurun!

LINE Bank bakalan bagiin tips Smart Saving Smart Spending ke Sobat LINE Bank nih! 

1. Pendapatan dan pengeluaran 

Mulailah dari mencatat seluruh fix income dan pengeluaran kalian. Setelah mengetahui fix income dan fix expense, kalian akan tahu kalau kalau expense kalian gak melebihi income kalian. Tidak perlu khawatir, kalau ternyata pengeluaran lebih besar daripada pendapatan, kalian bisa mulai untuk mengatur dan memperbaiki keuangan dengan membagi-bagi prioritas dan pengeluaran melalui rekening yang berbeda ya.

2. Prioritaskan pengeluaran

Buatlah list pengeluaran kalian dari yang paling penting sampai yang biasa saja. Kalian bisa mulai dari pengelompokan pengeluaran kalian seperti pengeluaran untuk membayar cicilan / hutang konsumtif, kebutuhan sehari-hari seperti makan atau belanja bulanan. Dari pengelompokan ini kalian akan menemukan expense yang nyatanya masih bisa kalian tunda seperti membeli barang yang bersifat keinginan bukan kebutuhan kalian, baju baru misalnya.

3. Laporan keuangan / budget plan

Budget Plan atau laporan keuangan penting banget buat kita yang masih pemula, Karena dari laporan keuangan ataupun budget plan yang udah kita tentuin dari awal keuangan kita akan lebih terencana dan terstruktur. Misalnya dari awal kalian udah Kita juga bakalan tahu kemana semua uang kita bulan ini atau hari ini kita pakai, pengeluaran apa nih yang paling besar di bulan ini atau hari ini, biar nanti kedepannya gak ada lagi deh dimana kita harus minta temen kita transfer 10ribu dulu biar bisa narik uang di ATM:’)

4. Cari promo dan diskon!

Nah, biar kamu jadi Smart Saving, cara ini pasti bakalan bikin kalian jadi bahagia banget! Kamu harus pinter-pinter buat beli sesuatu untuk kebutuhan maupun cuman sekedar jajan aja. 

Karena itu kamu bisa banget lakuin cara ini, tanya promo dan diskon di setiap merchant yang mau kamu datengin. Biasanya di setiap toko pasti ada promo maupun potongan harga jika kamu menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi khusus contohnya transaksi menggunakan QR LINE Bank. 

Faktanya kalau kamu pinter nyari diskon dan promo kamu bakalan jauh lebih hemat!

5. PENTING! buat jadi kebiasaan!  

Nothing is instant! Bahkan mie instant aja harus direbus dulu, gimana belajar keuangan. Jadi Sobat LINE Bank, perlu banget kalian harus sabar dan jadiin semua step ini jadi kebiasaan kalian setiap harinya. Hal ini juga bisa bangun habit kalian dari yang gapernah nabung sekarang udah mulai bisa sisihin 10% dari income. Dari yang gaberani atau skeptis banget sama investasi sekarang udah mulai berani buat kenalan dulu sama produk investasinya. 

Tips ini bisa banget membantu Sobat LINE Bank untuk memiliki keuangan yang lebih tertata dan terencana. Hal-hal ini yang mungkin keliatan kecil tapi bakalan kasih impact yang besar banget di kemudian harinya buat kalian! Habit yang dibangun perlahan bisa bawa kamu perlahan ke tujuan finansial kamu.

Masih banyak banget Sobat LINE Bank tips ataupun cara-cara untuk Smart Saving dan Smart Spending. Pastinya setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing jadi Sobat LINE Bank gaperlu terlalu tertekan karena “Rumput tetangga lebih hijau” karena kita semua memiliki cara dan waktu yang berbeda untuk mencapai atau mengerti akan suatu hal. 

Sobat Line Bank gimana, udah mulai pengen belajar nabung atau investasi belom nih? Yuk download LINE Bank sekarang

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285