Personal Finance 101: Pahami Mindset Keuangan Kalian

Perencanaan keuangan atau yang mungkin kita sering dengar dengan financial planning sudah seharusnya tetap mengacu kepada hal-hal yang kita butuhkan dan mampu untuk mendapatkan hal tersebut.

Mindset yang seharusnya ditanamkan di diri kita yaitu mindful financial planning, dimana dengan mindful financial kita akan lebih merasa tercukupi dan nyaman akan harapan dan keinginan yang dimiliki. Di era digital ini, generasi millennial sering di cap dengan generasi yang boros. 

Saat melakukan mindful financial planning, sudah seharusnya kita tetap mengacu kepada hal yang dapat kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan hal-hal ini maka kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi suatu hal yang berhubungan dengan keuangan kalian. Kalian juga harus memahami kondisi keuangan kalian. Beberapa tips ini bisa kamu jadikan renungan sebelum memulai sesuatu yang berhubungan dengan keuangan kalian.

Stop! Apakah ini benar-benar perlu untuk kamu.

Sobat LINE Bank, sebelum melakukan sesuatu ada baiknya kalau kalian pikirkan secara matang terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari. Contoh paling mudahnya yaitu jika kalian ingin berbelanja di flash sale, night sale, ataupun kebutuhan tersier yang mungkin seharusnya bisa kalian kurangi atau tunda dulu. Jangan selalu termakan dengan tulisan harga diskon, potongan harga, maupun harga promo. Dengan memikirkannya lebih dahulu dan menyesuaikannya dengan kondisi keuangan kamu maka kamu akan tahu apakah hal itu benar-benar kamu butuhkan dan sesuai dengan prioritas kamu. 

Tetapkan mindset financial planning-mu

Maksud mindset disini yaitu, kamu harus memiliki gaya hidup yang sesuai dengan penghasilan kamu. Jangan sampai kamu harus melakukan pinjaman online atau utang konsumtif demi mengikuti gaya hidup dan standard orang lain. Kamu harus sadar akan kondisi keuangan kamu sekarang. 

Bersyukur

Sebagai manusia kita harus bisa bersyukur akan apa yang kita dapatkan dan kita miliki. Walaupun manusia dikenal dengan maklhuk yang tidak pernah puas namun, kita bisa mengubah cara pandang kita dan mindset kita akan hal ini. Belajarlah dengan melihat sisi baiknya dari setiap situasi yang ada. Tapi kita juga tetap harus berusaha semaksimal mungkin dan dapat menerima hasilnya nanti. Karena tidak selalu apa yang kita harapkan akan terwujudkan. 

Beberapa tips LINE Bank untuk kalian untuk mencapai mindfull financial planning bisa diterapkan secara perlahan. Hal yang terpenting yaitu bagaimana kita selalu konsisten untuk mencapai sesuatu. Karena semuanya berawal dari niat dan konsistensi kita. 

Yuk mulai belajar mindful financial planning bersama LINE Bank. Bersama LINE Bank kalian bisa mengatur keuangan kalian dengan mudah dan mentrack transaksi kalian secara 24/7! Aplikasi LINE Bank bisa kalian download di Appstore dan Playstore. 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 328