Inflasi? Jangan panik! Ini Tips Mengatasinya

Ekonomi mendapat tantangan dari inflasi yang terus meningkat. Tekanan inflasi diperkirakan akan meningkat pada bulan Juli dan Oktober 2022 menurut Kata data.

Bahwa “Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa Indeks Ekspektasi Harga (IEH) pada April untuk tiga bulan yang akan datang naik 4,54% ke 141,72.IEH untuk enam bulan yang akan datang tercatat sebesar 137,5. Angka itu menandai peningkatan 5,94% dari bulan sebelumnya.”

Inflasi

Inflasi bagi negara berkembang seperti Indonesia menjadi bagus karena sebagai sinyal ekonomi bergerak dan daya beli masyarakatnya pun meningkat. Sehingga harga makin mahal karena permintaan yang tinggi.

Akan tetapi inflasi kali ini karena dari sisi pasokan yang bermasalah. Tinggi harga komoditas membuat biaya produksi jadi melambung sehingga mendorong harga jual. Inflasi pun turut melambung.

Dampak inflasi yang melambung tidak bisa dihindari oleh masyarakat. Akan tetapi, bisa lho disiasati agar mampu bertahan saat era inflasi tinggi.

Berikut beberapa cara mengatasi inflasi yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri dari kenaikan harga yang disebabkan oleh inflasi.

1. Hidup Hemat

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan yaitu berhemat dengan cara membeli kebutuhan seperlunya saja, terutama kebutuhan pokok.

Tujuannya adalah agar bisa memiliki uang lebih yang bisa dialokasikan untuk hal hal lain seperti dana darurat, melunasi atau mengurangi utang, dan investasi.

Kalau urusan menabung sih serahin aja sama LINE Bank! Karena banyak promo menarik dan prosesnya juga cepat lho!

2. Atur Ulang Pos Pengeluaran

Agar lebih hemat, baiknya mengatur ulang anggaran. Mulai memisahkan mana pos yang merupakan kebutuhan pokok dan mana yang merupakan pos yang merupakan keinginan.

Mungkin bisa mulai mengurangi hal yang tidak perlu-perlu amat seperti nongkrong atau nonton atau traveling. Bisa dikurangi bukan dihilangkan. Misalnya saja sebulan bisa 4 kali ke bioskop, dikurangi menjadi 2 kali. Sekali nongkrong keluar Rp 200.000 dan bisa 3-4 kali dalam seminggu, bisa dikurangi biayanya atau intensitasnya.

Atau kamu bisa juga lho mulai memisahkan tabunganmu! Seperti menggunakan fitur Multi Rekening LINE Bank maksudnya fitur kami, yaitu memiliki rekening lebih dari satu. Bahkan di LINE Bank kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari pengeluaran sehari-hari, tabungan, hingga rekening untuk jajan atau memenuhi keinginan kamu nantinya. 

Baca juga : Kegunaan Punya Multi rekening LINE Bank untuk Pegawai

3. Mulai Siapkan Dana Darurat

Inflasi yang tinggi ini membuat dunia khawatir jika resesi terjadi. Hal ini akan ada pengurangan gaji atau bahkan di PHK, dana darurat ini yang nantinya bisa menggantikan pendapatan yang hilang. Jadi lebih baik untuk mengantisipasi sebelum benar-benar terjadi resesi.

Dana darurat yang ideal adalah untuk 3 sampai 6 bulan dalam memenuhi kebutuhan. Masih ada waktu untuk segera mengumpulkannya untuk mengantisipasi hal yang terburuk.

4. Cari Pendapatan Lainnya

Menghemat mungkin saja bisa menjaga keuangan pribadi saat terjadi resesi. Namun akan lebih aman jika menambah aliran kas masuk atau pendapatan untuk makin memperkokoh kesehatan keuangan pribadi.

Sehingga ada tambahan kas yang masuk ke dompet. Sehingga bisa lebih banyak uang ditabung atau investasi agar lebih siap menghadapi inflasi.

Uang tambahan bukan berarti gaya hidup juga meningkat. Saat inflasi melambung, tetaplah berhemat dan uang dari pendapatan lain bisa untuk menabung atau investasi.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi inflasi yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri dari kenaikan harga. Mudah bukan? Yuk diterapkan! Mulai dari yang mudah seperti menabung saja. Sehingga kita mulai terbiasa nantinya!

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Baca juga: Tips Menyikapi Saat BBM Naik!

Bagikan ke Temanmu