Hitung Dana Pensiun Kamu Dari Sekarang, Yuk!

Hitung Dana Pensiun Kamu Dari Sekarang, Yuk!

Hi Sobat LINE Bank,

Kamu merasa ngga sih pas masih muda, kebanyakan dari kamu mungkin sama sekali tak memikirkan bagaimana kehidupan di masa tua nanti?

Padahal seharusnys kamu bisa menyiapkan segala kebutuhannya di masa pensiun nanti agar tak menjadi beban keluarga saat sudah tak lagi produktif. Salah satu caranya dengan mengumpulkan dana pensiun sedini mungkin. 

Di Indonesia, usia pensiun kurang lebih di umur 58 tahun menurut data dari CNBC Indonesia. Dengan kata lain, jika saat ini usiamu sudah menginjak kepala tiga, artinya waktu untuk mengumpulkan dana pensiun adalah 20 sampai 30 tahun lagi. Makin sempit durasi yang tersedia untuk mengumpulkan anggaran yang harus disiapkan tiap bulannya juga akan menjadi lebih besar.

Mengetahui hal tersebut, kamu tentu harus bisa segera mencari cara solusi agar dana pensiun ini bisa lekas tercukupi sesuai target. Gimana caranya? Cek disini ya!

Manfaat Mengumpulkan Dana Pensiun

Dana pensiun adalah dana yang telah dikumpulkan dan disimpan ketika seseorang berada di masa produktif untuk digunakan memenuhi segala kebutuhannya di masa tua.

Terkait cara mengumpulkan dana pensiun sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara mandiri, dan melalui lembaga atau perusahaan finansial. Proses pengumpulannya sendiri juga bisa dilakukan bersama perusahaan pemberi kerja melalui pembayaran iuran rutin tiap bulan. 

Terlepas dari itu semua, dana pensiun ini merupakan tabungan atau pos keuangan yang telah dikumpulkan selama seseorang masih bisa bekerja dan memiliki penghasilan. Lalu, seluruh jumlah alokasi dana tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya saat sudah tak lagi produktif atau tak mempunyai penghasilan agar kebutuhannya tetap terpenuhi sepenuhnya.

Gimana Cara Menghitungnya?

Pada dasarnya, setiap orang memiliki nominal yang berbeda terkait berapa banyak dana pensiun yang harus dikumpulkan. Tapi dengan adanya penjelasan atau gambaran berikut kamu akan lebih paham. Simak simulasi berikut ini :

Misalnya, kamu adalah seorang pegawai kantor yang mendapatkan gaji tetap, berusia 25 tahun, dan berencana mengambil pensiun di umur 55 tahun. Dengan kata lain, kamu mempunyai waktu sekitar 30 tahun untuk mengumpulkannya. 

Sementara untuk saat ini, rata-rata pengeluaran tiap bulan yang dimiliki adalah 5 juta, atau dalam setahun setara 60 juta. Dengan asumsi tingkat inflasi per tahunnya sebesar 5 persen, maka rumus menghitung jumlah dana pensiun yang harus terkumpul 30 tahun mendatang adalah sebagai berikut. 

Dana Pensiun = Biaya Hidup Tiap Tahun Kini X (1+Inflasi)^ Durasi

Dana Pensiun = 60 Juta X (1 + 0,05)^ 30 Tahun

Dana Pensiun = 60 juta X (1,05)^30 Tahun

Dana Pensiun = 259.316.500

Berdasarkan perhitungan tersebut, bisa dipahami jika memutuskan untuk pensiun di usia 55 tahun, biaya hidup tiap tahunnya bisa mencapai angka 260 juta atau setara nyaris 22 juta tiap bulannya. Peningkatan biaya hidup yang signifikan tersebut berasal dari kenaikan harga produk kebutuhan alias inflasi yang tiap tahun pasti terjadi. Itulah mengapa nilai uang juga akan terus menurun seiring berjalannya waktu. 

Nah, setelah mengetahui biaya hidup ketika berada di usia pensiun, kamu juga harus mencari tahu nominal yang perlu dikumpulkan untuk pos keuangan tersebut. Sebagai contoh, kamu melakukan investasi dengan profil risiko menengah alias moderat dan berpotensi mendapatkan return atau imbal hasil sejumlah 8 persen per tahun 

Mengacu dari data tersebut, maka perhitungan modal yang harus dikumpulkan adalah sebagai berikut.

Modal = Kebutuhan Biaya Hidup saat Pensiun / Peluang Return Investasi

Modal = 260.000.000 / 8 persen

Modal = 3.250.000.000

Dari perhitungan ini, bisa disimpulkan bahwa uang yang harus dikumpulkan adalah Rp3.250.000.000. Nominal tersebut diperlukan agar bisa mendapatkan biaya hidup yang setara dengan pengeluaran rutin saat ini tanpa mengurangi modal. Jadi, modal akan terus mendapatkan return yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pensiun.

Nah itu dia mengenai cara menghitung dana pensiun kamu, yuk mulai terapkan ya kebiasaan baik ini agar di masa tua kamu lebih tenang. Untukmu yang ingin mengumpulkan dana nya secara mandiri, akan lebih baik kamu pisahkan di rekening yang lain agar tidak bercampur. Kamu bisa gunakan fitur  Multi Rekening, kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Hindari 4 Spending Habits Ini,Bikin Keuangan Nggak Sehat

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277