Merdeka Dalam Berpendapat di Kantor, Gimanasih Caranya?

Hi Sobat LINE Bank,

Indonesia sudah lama merdeka, namun sudahkah kamu “merdeka” dalam aspek lainnya? Seperti contohnya ada beberapa orang juga yang tidak berani saat harus berpendapat di depan banyak orang.

Padahal, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan, lho! Berbicara di depan umum soal pendapatmu justru bisa mendorong laju karier.

Merdeka Dalam Berpendapat di Kantor, Gimanasih Caranya?

Namun, gimana sih caranya agar bisa lebih berani saat berpendapat? Tenang saja, ada trik yang bisa kamu terapkan!

1. Bangun rasa percaya diri

Hal pertama yang harus kamu terapkan yaitu kamu wajib percaya diri sebelum mengutarakan pendapat. Percaya diri pun tidak bisa datang tiba-tiba, ini harus terus menerus dilatih dan dipupuk.

Kamu juga bisa melatih percaya diri dengan sering bertanya, lho!

2. Hargai pendapatmu sendiri

Kunci dari berani berpendapat selanjutnya adalah menghargai pendapatmu sendiri.

Ingat, hingga sampai ke titik yang dicapai sekarang, kamu tentu memiliki berbagai kemampuan dan kualifikasi. Lewat modal ini, pendapatmu tentu layak untuk dihargai.

3. Matangkan dulu argumenmu & fokus pada topik yang dibicarakan

Nah, meski memiliki berbagai skill, kamu tentu juga punya kekurangan. Coba cek kembali, apakah argumenmu memang layak dilontarkan?

Pahami dulu apa yang ingin kamu sampaikan. Jangan-jangan, hal ini sudah pernah dibahas dan sudah ditemukan solusinya dan jangan lupa untuk fokus pada topik yang dibicarakan ya sehingga pembicaraan tidak jadi melebar.

4. Siapkan diri sebelum ditanya

Mungkin, salah satu hal yang menyebabkanmu ragu ingin bicara adalah takut dibantah. Nah, agar lebih berani dalam berpendapat, coba siapkan dulu skenario terburuk ini.

Hal ini bisa menambah percaya dirimu. Selain itu, kamu akan terlihat lebih meyakinkan jika selalu bisa menjawab saat ditanya.

5. Posisikan diri dengan tepat

Tata cara bicara dengan atasan tentu berbeda dengan saat mengobrol dengan rekan kerja. Cara menyampaikan argumen di tengah rapat juga lain dengan saat diskusi santai.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk memahami medan ini. Sesuaikan cara bicaramu dengan tempat dan situasi.

6. Beri tanda bahwa kamu ingin bicara

Salah satu cara agar kamu diberi panggung adalah dengan melemparkan berbagai “kode”. Sampaikan lewat bahasa tubuh atau komunikasi nonverbal bahwa kamu ingin berbicara.

7. Sampaikan dengan sopan

Gunakan kata-kata seperti “bagaimana jika hal itu dilihat lewat sudut berbeda, seperti…” atau “maaf sebelumnya, mungkin hal ini sudah pernah dipikirkan, tapi bagaimana kalau…”.

Selain itu, pastikan juga kamu sudah memahami topik diskusi atau debat sebelum menyampaikan pendapatmu

Lewat langkah ini, lawan bicaramu akan merasa dihargai.

Nah gimana kamu berniat mencobanya kah? Nah kalau tadi sudah bahas caranya merdeka dalam berpendapat, kalau merdeka finansial gimana? Sudahkah kamu melakukannya dengan baik?

Soal keuangan sih serahin aja ke LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : 7 Level Financial Freedom, Kamu Termasuk Yang Mana?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295