Financial Freedom dan Financial Independence: Apa Sih Bedanya?

Hi Sobat LINE Bank,

Kamu udah familiar belum sih dengan istilah Financial freedom atau financial independence?

Pada dasarnya, Financial independence atau mandiri secara keuangan adalah momen ketika kamu memiliki uang yang cukup pada umur 20-an hingga 30-an. Sehingga kamu dapat berhenti bekerja di hari tua dan hidup dari hasil investasimu pada saat muda.

Sesuai dengan namanya, financial freedom fokus pada keinginan seseorang untuk dapat mandiri dan tidak bergantung pada siapapun, termasuk pada pekerjaannya ataupun keluarganya.

Financial freedom adalah situasi di mana kamu bebas secara keuangan. Kebebasan keuangan tidak hanya melulu dengan menjadi kaya lho.

Financial Freedom dan Financial Independence: Apa Sih Bedanya?

Kebebasan keuangan adalah saat di mana kamu dapat mengatur keuangan dengan bijaksana sehingga mimpi dan tujuan keuangan kamu dapat tercapai.

Di antara keduanya, sebenarnya mana sih yang harus lebih dipilih antara financial freedom dibandingkan financial independence? Yuk simak dulu lebih dalam mengenai hal ini! Cek disini~

Gimana Caranya Financial Independence?

1. Maksimalkan Pendapatanmu

Untuk dapat menjadi mandiri secara keuangan di umur 40-an atau 50-an, kamu harus mencari pemasukan yang maksimal pada usia 20-an hingga 30-an. Pada usia ini, fokusmu adalah mencari uang. Ini juga berarti kamu harus mencari pekerjaan yang lebih aman.

2. Hidup Sederhana

Untuk dapat mencapai kemandirian, kamu harus hidup dengan sederhana. Ini berarti, kamu harus menghemat seluruh pos pengeluaran yang dapat dilakukan sendiri.

Misalnya, membawa bekal, dan sebagainya yang dapat menekan budgetmu! Kamu juga harus pintar mengatur arus keuangan mu sesuai pos nya, akan lebih mudah saat kamu menggunakan fitur Multi Rekening LINE Bank, kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja. Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

3. Melakukan Investasi

Jika kamu telah melakukan tahap pertama dan kedua dengan benar, maka seharusnya memiliki pemasukan ekstra yang dapat ditabung. Pendapatan ini harus kamu investasikan pada instrumen investasi dengan risiko rendah. Contohnya, seperti investasi jangka panjang dengan resiko rendah yaitu Deposito. Apalagi jika menabung Deposito di LINE Bank dapat Cashback lho, khusus kamu pengguna baru, Jika buka rekening LINE Bank bisa dapat cashback hingga Rp 1,1 juta.

Kesimpulannya, dari pernyataan masing-masing adalah:

  • Financial independence: Saya dapat menjadi bebas jika saya mampu mengumpulkan cukup banyak uang sehingga saya tidak bergantung pada pekerjaan saya.
  • Financial freedom: Saya dapat menjadi bebas jika saya mengatur keuangan saya dengan bijak untuk mencapai tujuan saya, tidak peduli banyak atau sedikit yang saya miliki.

Nah itu dia mengenai perbedaan Financial Freedom dan Financial Independence, jika harus memilih mana yang lebih baik sebenarnya pada dasarnya semua baik asal dilakukan sesuai kemampuanmu.

Dengan adanya LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : 7 Level Financial Freedom, Kamu Termasuk Yang Mana?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285