Gaji 5 Juta, Kata Siapa Tidak Bisa Investasi? Ini Tipsnya!

Sudah memiliki gaji sendiri tentu kamu mempunyai banyak keinginan dan tujuan keuangan yang ingin dicapai. Maka dari itu, pengelolaan keuangan dan bagaimana kamu mengatur keuangan harus dibuat dengan bijak supaya bisa mewujudkan keinginan dan tujuan kamu! Nah, sebaiknya gaji yang kamu dapatkan ditabung supaya bisa mencapai tujuan dan bisa ditambahkan dengan investasi untuk menambah keuntungan! 

Jangan takut investasi membutuhkan dana yang besar, karena sekarang kamu bisa mulai berinvestasi mulai dari uang yang secukupnya loh! Gaji 5 juta pun gak perlu khawatir karena kamu juga bisa. Nah, dengan investasi dan tabungan yang memadai, tentunya kamu bisa memiliki kondisi keuangan yang lebih baik di masa mendatang! Bagi kamu yang masih bingung ingin memilih investasi apa, yuk baca ulasan berikut ini! 

1. Reksadana

Reksadana bisa menjadi pilihan bagus untuk karyawan dengan penghasilan kurang atau 5 juta/bulan. Tidak membutuhkan dana modal yang besar, tapi bisa memberikan hasil yang sangat maksimal. Reksadana juga memiliki tingkat resiko yang tidak besar loh, jadi pas banget untuk karyawan. Ada beberapa jenis reksadana yang bisa kamu coba untuk penghasilan 5 juta, misalnya reksadana pasar uang, pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham! 

2. Emas 

Kamu pasti sudah gak asing dengan investasi emas dong. Seperti yang kita tahu, investasi emas merupakan pilihan yang eksis dipilih oleh semua orang hingga sekarang, karena harga emas yang cenderung naik terus setiap tahunnya. Nah, bagi kamu yang memiliki penghasilan dan gaji setara 5 juta, ini bisa menjadi pilihan yang bagus loh. Kamu bisa mulai membeli per gram emas dan dikumpulkan, lama – lama menjadi banyak deh! Dijamin, investasi satu ini cocok banget buat kamu karyawan dengan penghasilan 5 juta! 

3. Sukuk 

Bagi kamu yang belum terlalu mengenal investasi yang satu ini, sukuk adalah obiligasi negara yang didasari oleh prinsip syariah Islam dengan sebutah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Harga setiap sukuk berbeda – beda, namun kamu bisa memulai investasi dengan harga paling murah mulai dari 100ribu rupiah sampai dengan 1 juta. Melihat dari harga investasi yang bisa dimulai dengan sangat ringan, tentu hal ini membuat sukuk bisa menjadi pilihan yang bagus bagi karyawan dengan penghasilan 5 juta. 

4. Tabungan berjangka 

Gak ingin ribet dan pusing memikirkan investasi yang terlalu susah? Kamu bisa mencoba tabungan berjangka! Menabung bisa dimulai dari 100 ribu rupiah saja loh, dan sistemnya autodebet sehingga kamu gak perlu repot harus memindahkan uang secara manual, karena akan otomatis ditarik langsung dari bank. Tabungan berjangka memiliki banyak bentuk, bisa untuk tabungan pendidikan, tabungan di hari tua, dan masih banyak lagi! Tabungan berjangka ada yang menawarkan fasilitas asuransi loh!

5. Dana darurat 

Salah satu investasi yang gak kalah penting harus dimiliki oleh semua karyawan adalah dana darurat. Dana darurat sendiri bisa membantu kita ketika ada hal atau keadaan darurat, jadi kamu gak perlu takut apabila sewaktu – waktu membutuhkan uang. Dana darurat biasanya memiliki jumlah ideal, misalnya adalah 6 kali gaji, yang berarti untuk karyawan berpenghasilan 5 juta harus memiliki dana darurat sebesar 30 juta. 

Berikut diatas adalah beberapa pilihan investasi bagi kamu yang memiliki gaji 5 juta ! Gimana, mau coba yang mana nih? 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295