Apa Yang Dimaksud Dengan Bunga Bank? Kenapa Hal Ini Penting Untuk Dipahami?

Banyak yang masih belum mengetahui apa yang dimaksud dengan bunga bank, apakah kamu salah satunya? Akan lebih baik bagi kamu untuk mengetahui lebih jelas tentang bunga bank, sebelum memutuskan untuk menyimpan ataupun meminjam uang di bank

Hal ini perlu Sobat LINE Bank perhatikan agar kedepannya tidak akan kaget dengan tambahan dana di tabunganmu atau tambahan pembayaran di angsuran pinjamanmu. Kalau tabungan nambah sih pasti senang ya? Tapi kalau angsuran pinjaman yang tiba-tiba bertambah besar, kamu pasti akan merasa kaget dan bertanya-tanya apa penyebabnya.

 Untuk itu, kamu perlu tahu dulu nih pengertian dari bunga bank, kemudian fungsi dari bank dan contoh dari bunga bank. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Bunga Bank?

`

Ketika menyimpan uang ataupun meminjam uang di bank, maka kamu akan disebut sebagai nasabah dari bank tersebut. Nah, bunga bank merupakan imbalan berupa dana yang diberikan bank kepada nasabah maupun nasabah kepada bank. Imbalan berupa dana ini dihitung berdasarkan persentase tertentu dari pokok tabungan/pinjaman dan jangka waktu simpanan/pinjaman yang kamu ambil sebagai produk layanan dari bank. 

Secara garis besar, bunga bank dapat dikatakan sebagai harga yang harus dibayarkan oleh bank kepada nasabah maupun nasabah kepada bank. Bunga bank ini merupakan keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai nasabah bank atas simpanan uangmu, timbal baliknya adalah kamu memberikan keuntungan kepada bank ketika kamu menggunakan produk pinjaman mereka.

Baca Juga: 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Apa Saja Jenis dan Contoh Bunga Bank?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan bunga bank, lantas apa saja ya jenis-jenis bunga bank? Dalam posisi keuntungan untuk nasabah maupun keuntungan untuk bank, hanya terdapat 2 jenis bunga bank yang perlu kamu ketahui. Ini akan menjawab bagaimana terdapat tambahan dana pada tabunganmu kedepannya maupun tambahan pembayaran saat kamu mengangsur pinjaman ke bank.

1. Bunga Simpanan

Jenis bunga yang pertama adalah bunga simpanan, bunga yang akan memberikan keuntungan untukmu sebagai nasabah. Bunga simpanan ini menjadi salah satu upaya balas jasa yang dilakukan oleh bank kepada nasabah yang telah percaya untuk menyimpan uang ke bank mereka. 

Jenis bunga ini dapat dikatakan sebagai harga yang harus dibayar oleh bank kepada kamu sebagai nasabahnya. Keuntungan bunga simpanan inilah yang membuat jumlah uang tabunganmu makin banyak, lebih besar dari pokok simpanan.

Contoh dari bunga simpanan ini biasanya dapat terlihat jelas ketika kamu menggunakan produk layanan deposito. Dalam jangka waktu tertentu, kamu dapat melihat ada tambahan dana yang masuk ke dalam tabunganmu. Misalkan kamu memiliki simpanan pokok sebesar Rp 1.000.000,00 tetapi di bulan berikutnya saldomu bisa menjadi Rp 1.040.000,00 padahal kamu tidak menambahkan dana apapun. Nah, inilah bonus atau harga yang dibayar bank kepada nasabah sebagai balas jasa mereka.

2. Bunga Pinjaman

Jenis bunga yang kedua adalah bunga simpanan, bunga yang membuat kamu sebagai nasabah memberikan keuntungan untuk bank. Bunga pinjaman ini dapat dikatakan sebagai timbal balik yang kamu berikan kepada bank yang telah meminjamkan sejumlah uang untukmu. 

Jadi, jangan kaget kalau besaran uang yang harus dibayar akan lebih besar dari pokok pinjaman yang kamu terima. Contoh dari bunga pinjaman ini dapat Sobat LINE Bank temui dalam berbagai produk layanan kredit. 

Misalnya adalah Kredit Perumahan Rakyat (KPR), besar angsuran dikali periode waktu yang kamu sepakati akan bernilai lebih besar dari harga pokok pinjaman rumahmu. Jadi ketika pokok pinjamanmu adalah Rp 150.000.000,- maka pembayaran dapat bernilai Rp 180.000.000,- lebih kurangnya disesuaikan dengan perhitungan bunga dari bank tersebut.

Baca Juga: 2 Cara Menghitung Bunga Deposito dengan Mudah

Apa Saja Fungsi Bunga Bank?

`

Sudah paham apa itu bunga bank dan juga apa saja jenisnya, lalu apa ya fungsi bunga bank? Fungsi bunga bank ini bersifat 2 arah ya, bermanfaat bagi Sobat LINE Bank sebagai nasabah dan juga bank sebagai penyedia layanan jasa. 

Bagi bank, bunga ini merupakan sumber pendapatan mereka. Sedangkan bagi nasabah seperti kamu, bunga bank mampu menjadi tambahan dana. Jadi, bunga bank ini sifatnya mutualisme. 

Kamu mendapat keuntungan, bank juga akan mendapat keuntungan. Tidak perlu cemas lagi untuk mempercayakan bank sebagai tempat penyimpanan uang. Sobat LINE Bank juga bisa mengandalkan bank sebagai tempat meminjam uang sesuai persyaratan yang berlaku.

Apabila kamu membutuhkan produk bank yang memberikan bunga tinggi untuk tabunganmu, tabungan deposito dari LINE Bank bisa jadi pilihan tepat untukmu. Jenis produk LINE Bank ini menawarkan bunga hingga 6% per periode tertentu loh.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai bunga bank yang perlu kamu ketahui. Pastikan sebelum kamu menyimpan atau meminjam uang di bank, kamu sudah paham betul seberapa besar bunga yang akan kamu dapatkan kedepannya. Terlebih lagi bunga pinjaman, kamu harus perhitungkan baik-baik.

Tapi, bukan berarti kamu harus cemas berlebihan ya. Nyatanya, sampai saat ini pinjaman bank masih menjadi salah satu pinjaman andalan untuk setiap kebutuhanmu. Apalagi, sekarang bank juga menawarkan pinjaman mudah dan cepat cair untukmu sebagai nasabahnya. 

Baca Juga: Mengenal Arti Suku Bunga dan Jenis-jenisnya

Pinjaman uang cepat cair dari LINE Bank, bisa jadi teman andalan untuk keuanganmu. Sebelum meminjam, kamu bisa cek limit kredit mu dulu loh. Tidak hanya jadi teman andalan untuk meminjam dana, LINE Bank juga bisa jadi teman tepercaya untuk menyimpan uang. Kamu bisa dapat banyak keuntungan dan tambahan dana dari pokok simpanan uangmu loh. Hubungi LINE Bank terdekat, solusi untuk keuanganmu.

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325