Apa Itu Autodebet? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Autodebet? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Hi Sobat LINE Bank! 

Apa kamu tahu apa itu autodebet? Salah satu hal menarik saat ini adalah sistem autodebet yang bisa bikin kamu makin mudah melakukan pembayaran. 

Salah satu keistimewaan dari sistem autodebet adalah pembayaran yang dapat dilakukan secara otomatis tanpa kamu harus mengunjungi bank, atm, ataupun menggunakan mobile banking. Wah, tentunya sistem ini sangat membantu bukan bagi kamu yang sering lupa membayar tagihan? 

Namun, tentunya setiap sistem pembayaran memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Yuk, kita kenali apa itu autodebet, serta kelebihan dan kekurangannya. 

Apa itu Autodebet?

Berbeda dari umumnya, autodebet adalah sistem pembayaran otomatis, yang mana kamu sebagai nasabah dapat mengizinkan pihak bank untuk melakukan pemotongan secara otomatis dari rekening bankmu. Pemotongan ini biasanya dilakukan untuk membayar tagihan tertentu sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak. 

Pihak bank juga akan memberikan informasi yang akan dikirimkan melalui SMS atau mobile banking terkait tagihan yang telah dibayarkan. Dengan informasi ini, kamu akan sangat mudah memantau transaksi tagihanmu. 

Terlihat sangat bermanfaat kan untuk kamu yang sering lupa membayar tagihan? Mari simak lebih banyak kelebihan dari penggunaan sistem autodebet.

Baca Juga: Apasih Sebenarnya Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Debit?

Kelebihan Sistem Pembayaran Autodebet

kelebihan sistem autodebet

Setelah mengetahui apa itu autodebet, kamu juga pastinya perlu tahu kenapa sistem pembayaran autodebet  menjadi solusi populer bagi banyak orang. Hal ini jelas karena kelebihan – kelebihan yang menonjol dan membuatnya menjadi pilihan yang sangat menarik. 

1. Ketepatan Waktu

Adanya kesepakatan tanggal pembayaran antara nasabah dan bank terkait, memberikan kepastian pembayaran yang tepat waktu. Kamu akan dapat memastikan bahwa tagihan selalu dibayarkan tepat waktu sehingga tidak akan terkena denda keterlambatan. 

2. Kemudahan Mengelola Keuangan

Karena kamu sudah tahu persis berapa pengeluaran wajib perbulannya. Kamu akan lebih mudah untuk mengatur anggaran keuangan secara rutin. Hal ini tentu saja membantu kamu menghindari pengeluaran yang tidak terduga. 

Selain itu, kamu juga menjadi lebih hemat karena tidak perlu lagi pergi ke bank atau kantor terkait untuk membayar tagihan yang ada. Terlebih sistem autodebet kan meminimalisir risiko terkena denda keterlambatan. 

3. Keamanan Finansial

Kelebihan lain dari sistem pembayaran autodebet adalah jaminan keamanan finansial. Autodebet cenderung lebih aman karena langsung ditangani oleh bank terkait. Kamu jadi tidak perlu memberikan informasi rekening bank, kartu kredit, hingga kartu identitas setiap kali melakukan pembayaran. 

Pastinya, selama kamu menggunakan bank yang terpercaya seperti LINE Bank, informasi pribadi dan keuangan mu akan dijaga dengan baik. 

4. Menghindari Lupa

Karena tidak perlu lagi mengaturnya sendiri, kamu akan lebih mudah terhindar dari risiko lupa membayar tagihan karena telah diatur oleh autodebet. Kamu juga tidak perlu lagi memantau tanggal jatuh tempo atau merencanakan pembayaran manual setiap bulannya. Autodebet nyatanya benar-benar memberimu ketenangan pikiran, yaa. 

5. Prioritas Pembayaran

Selain kelebihannya dalam membantu kamu mengelola keuangan, sistem pembayaran autodebet juga akan membantu kamu dalam memprioritaskan pembayaran. Kamu bisa mengatur autodebet untuk tagihan prioritas, seperti kredit, tabungan, atau investasi. Dengan hal ini, kamu juga akan bisa lebih tenang karena semuanya sudah dibayarkan secara otomatis. 

6. Meningkatkan Reputasi Kredit

Sistem autodebet yang dibayarkan secara langsung dan meminimalisir keterlambatan, akan sangat membantu kamu menjaga reputasi kredit. Dengan autodebet, kamu bisa memastikan pembayaran dilakukan tepat waktu sehingga nantinya bisa mendukung skor kredit. 

Jika nantinya kamu mengajukan kredit rumah, usaha, atau yang lainnya. Reputasi kredit ini kan sangat memudahkan mu untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak bank. 

Dibalik semua kelebihannya, sistem pembayaran autodebet juga masih memiliki beberapa kekurangan yang sebaiknya kamu ketahui. 

Baca Juga: 5 Kemudahan Yang Kamu Peroleh Dari Kartu Debit LINE Bank

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Kekurangan Sistem Pembayaran Autodebet 

kekurangan sistem autodebet

Dibalik autodebet dan manfaatnya besar dalam pengelolaan keuangan. Sistem pembayaran ini masih memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. Jika kamu tertarik untuk menggunakan sistem autodebet, pastikan kamu juga telah memahami setiap kekurangannya. 

1. Kepastian Dana

Meskipun kamu tidak lagi perlu mengatur pembayaran tagihan, nyatanya kamu harus tetap memastikan bahwa rekening bank mu memiliki dana yang cukup untuk membayar tagihan tersebut. Karena jika kamu tidak memiliki saldo yang cukup pada tanggal pembayaran, kamu mungkin saja dikenakan biaya overdraft atau denda keterlambatan.

2. Kesulitan Mengelola Pengeluaran

Lho, katanya bakal lebih mudah mengelola pengeluaran?. Nah, autodebet juga memberikan kamu risiko menjadi kurang aktif dalam memantau dan mengelola pengeluaran. Kamu bisa saja kehilangan visibilitas karena kemudahan yang diberikan melalui fitur otomatis sehingga nantinya tidak lagi memantau setiap pengeluaran per bulannya. 

3. Kesulitan Mengubah Sistem Pembayaran

Dalam beberapa kasus, membatalkan atau mengubah sistem pembayaran autodebet akan menjadi lebih sulit. Perubahan pada tagihan atau penghentian sistem autodebet sepenuhnya bisa memakan waktu yang cukup lama sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. 

Baca Juga: Pilih Kartu Debit Atau Kredit? Ini Perbedaan & Kelebihannya

4. Potensi Permasalahan Transaksi 

Meskipun jarang terjadi, masih ada kemungkinan transaksi autodebet mengalami masalah teknis atau masalah dengan rekening bank. Permasalahan yang terjadi biasanya double payment hingga pembayaran tagihan yang mungkin sudah tidak kamu gunakan lagi. 

Jika tidak dipantau dengan baik, permasalahan ini tidak hanya dapat mengakibatkan keterlambatan pembayaran tetapi juga permasalahan keuangan dan layanan. 

Setelah mengetahui apa itu autodebet dan memutuskan untuk menggunakannya penting untuk tetap mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya secara cermat. Pastikan bahwa kamu memahami setiap persyaratan dan ketentuan terkait dengan autodebet. 

Karena berhubungan dengan pihak ketiga, kendali atas rekening kamu juga menjadi sangat penting. Kendali ini akan membantu kamu menghindari potensi masalah yang mungkin saja terjadi.  

Tertarik untuk menikmati fitur autodebet, tapi khawatir melihat kekurangannya? Eits, tenang saja, Kamu bisa loh memanfaatkan fitur Schedule Transfer dari LINE Bank. Fitur ini bisa membantu kamu untuk bisa transfer ke beberapa akun dengan mengatur tanggal transfer otomatis secara periodik. Bisa harian, mingguan, atau bulanan. Tenang, prosesnya juga mudah banget untuk kamu ikuti.

LINE Bank juga akan mengirimkan push notification pada tanggal yang telah kamu set untuk melakukan pembayaran ke rekening yang juga telah kamu tetapkan. Mudah bukan?  

Nah, itu dia Sobat LINE Bank, kelebihan dan kekurangan sistem pembayaran autodebet. Segara aktifkan fitur Schedule Transfer LINE Bank dan nikmati hidup yang terbebas dari stress keuangan! 

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323