Anggaran Keuangan: Definisi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Hi Sobat LINE Bank! 

Anggaran keuangan adalah suatu konsep penting dalam pengelolaan finansial pribadi maupun bisnis. Keberadaan anggaran merupakan alat yang sangat berguna untuk merencanakan, melacak, sekaligus mengelola semua uang, Sobat LINE Bank. 

Namun sebelum itu, kamu perlu paham dulu berbagai informasi mengenai tujuan dan jenis-jenis anggaran yang ada. Pemahaman informasi ini pasti akan memudahkan Sobat LINE Bank ketika akan membuat anggaran. 

Kalau begitu mari langsung cek informasinya di bawah ini! 

Apa Itu Anggaran Keuangan?

Anggaran Keuangan: Definisi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Anggaran keuangan adalah suatu rencana yang memetakan pengeluaran dan penerimaan keuangan selama periode waktu tertentu. Biasanya perencanaan keuangan ini dibuat untuk jangka waktu bulanan, triwulan, atau bahkan tahunan. 

Sobat LINE Bank, tujuan utama pembuatannya ialah untuk mengatur cara uang akan digunakan dalam memenuhi berbagai kebutuhan, sehingga pada akhirnya kamu bisa mencapai tujuan finansial yang ditargetkan. 

Anggaran keuangan ini mencakup berbagai aspek keuangan, termasuk pendapatan, pengeluaran rutin seperti belanja harian, tagihan, utang, serta alokasi dana untuk keperluan darurat atau tabungan.

Penting untuk diingat kalau anggaran keuangan bukan hanya alat untuk menghitung uang, tetapi juga merupakan instrumen untuk mencapai stabilitas dan kemandirian finansial. Keberadaannya membantu kita untuk menghargai arti setiap rupiah yang telah dihasilkan dan mengarahkan penggunaannya secara bijak sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Cara Mudah Budgeting Pemula Bagi Gen Z

Apa Saja Tujuan Anggaran Keuangan?

Anggaran keuangan sangat berguna pada hampir semua aspek kehidupan. Ketika anggaran keuangan berhasil dibuat maka kehidupan seseorang pun akan lebih terjamin. Namun bisa saja kamu masih bingung tentang tujuan pembuatannya dan mengapa keberadaan anggaran keuangan begitu penting. Jika iya, coba langsung perhatikan berbagai tujuan pembuatan anggaran di bawah ini!

1. Menyusun Prioritas Keuangan

Anggaran membantu kita menetapkan prioritas keuangan yang jelas. Nantinya kamu pun jadi tahu mana saja yang merupakan kebutuhan dan keinginan. Pastinya kebutuhan perlu diprioritaskan terlebih dahulu karena hal ini menyangkut kehidupan sehari-hari. 

Kemudian keinginan bisa dilakukan setelahnya saat masih tersisa sejumlah uang. Melalui pemilihan prioritas keuangan maka kita jadi bisa mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien dan mencapai impian finansial dengan lebih cepat.

2. Menghemat dan Berinvestasi

Melalui pembuatan anggaran, kita juga bisa mengidentifikasi ruang untuk menghemat dan berinvestasi. Hal ini sangat penting untuk membangun dana darurat, menabung pendidikan anak, atau merencanakan pensiun yang nyaman. 

Anggaran membantu kita mengalokasikan sebagian pendapatan untuk masa depan sehingga hidup gak melulu dijalankan berdasarkan gaji dari bulan ke bulan. 

3. Melunasi Utang

Tujuan lain dari anggaran keuangan ialah untuk membantu kita melunasi utang. Melalui perencanaan pembayaran utang dalam anggaran maka kita juga bisa mengurangi beban secara progresif. Tentu keberadaan anggaran keuangan termasuk langkah penting dalam membebaskan diri dari beban finansial.

4. Mencapai Tujuan Keuangan

Anggaran keuangan juga membantu kita mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Apakah itu membeli rumah impian, merencanakan liburan keluarga yang menyenangkan, atau pensiun yang nyaman, anggaran merupakan alat yang membantu kita merencanakan perjalanan finansial untuk mencapai semua tujuan tersebut.

Baca Juga: 4 Tujuan Manajemen Keuangan Serta Manfaatnya

tetap update sama LINE Bank yuk!

Apa Saja Jenis-Jenis Anggaran Keuangan?

Anggaran keuangan bisa digunakan untuk apa saja. Tergantung pada kebutuhan kamu untuk melakukan perencanaan, anggaran bisa dibuat sesuai keinginan. Coba cari tahu apa saja jenis anggaran yang ada dan pilih yang paling kamu butuhkan berikut ini!

1. Anggaran Rumah Tangga

Anggaran rumah tangga adalah jenis anggaran yang paling umum dan diterapkan oleh individu maupun keluarga. Hal ini mencakup semua aspek keuangan sehari-hari, seperti belanja harian, pembayaran tagihan, cicilan kredit, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. 

Anggaran rumah tangga membantu untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran agar sesuai dengan kebutuhan sekaligus tujuan keluarga.

2. Anggaran Bisnis

Anggaran bisnis merupakan alat yang digunakan oleh pemilik bisnis atau manajer untuk merencanakan keuangan bisnis. Hal ini mencakup perencanaan pendapatan bisnis, pengeluaran operasional, alokasi anggaran pemasaran, dan lain sebagainya. Anggaran bisnis membantu suatu perusahaan untuk mengukur kinerja finansial bisnis mereka dan membuat keputusan yang lebih baik bagi masa depan.

3. Anggaran Proyek

Anggaran proyek digunakan dalam konteks proyek bisnis atau konstruksi. Hal ini mencakup estimasi biaya proyek, alokasi anggaran untuk berbagai komponen proyek, serta pelacakan pengeluaran selama proyek berlangsung. Anggaran proyek akan banyak membantu dalam menghindari pelanggaran anggaran dan memastikan proyek selesai sesuai rencana.

4. Anggaran Modal

Anggaran modal mengacu pada alat yang digunakan untuk merencanakan pengeluaran besar-besaran dalam investasi aset jangka panjang, seperti tanah, bangunan, peralatan, atau teknologi baru. Pembuatan anggaran membantu organisasi merencanakan investasi secara strategis sehingga keuntungan jangka panjang bisa didapatkan.

5. Anggaran Pemerintah

Kemudian pemerintah juga memerlukan pembuatan anggaran yang tepat. Keberadaan anggaran membuat rencana pengeluaran dan pendapatan yang digunakan oleh pemerintah jadi lebih terorganisasi, baik itu tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Anggaran pemerintahan biasanya mencakup alokasi untuk program-program publik, layanan, dan proyek infrastruktur lainnya.

6. Anggaran Non-Profit

Jangan salah, meski namanya organisasi non-profit, mereka juga menggunakan anggaran keuangan untuk mengelola berbagai pengeluaran yang dibutuhkan. Anggaran ini membantu dalam mengatur dana yang diperoleh dari donatur dan mengalokasikannya untuk tujuan yang sesuai dengan misi organisasi, seperti layanan sosial, pendidikan, atau lingkungan.

7. Anggaran Penelitian dan Pengembangan

Dalam konteks bisnis, anggaran penelitian dan pengembangan digunakan untuk merencanakan investasi dalam pengembangan produk atau layanan baru. Keberadaan anggaran ini akan membantu perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya kegiatan inovatif yang bisa meningkatkan daya saing.

8. Anggaran Perorangan

Anggaran perorangan mengacu pada rencana pengeluaran dan investasi keuangan yang dibuat oleh individu untuk mencapai tujuan keuangan pribadi mereka. Anggaran yang dimaksudkan mencakup pengeluaran sehari-hari, penghematan, sekaligus investasi untuk masa depan.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Supaya Dompet Gak Jebol

Bagaimana Cara Membuat Anggaran Keuangan?

Membuat perencanaan keuangan sebenarnya engga sulit. Hanya saja kamu perlu teliti dan rajin mencatat semua pendapatan dan pengeluaran. Makin detail informasi yang kamu punya maka makin mudah juga melakukan pengelolaan uang. Coba ikuti langkah-langkah berikut ini! 

1. Identifikasi Pendapatan

Langkah pertama dalam membuat anggaran keuangan ialah melakukan identifikasi terhadap semua sumber pendapatan. Ini mencakup gaji, pendapatan dari investasi, penghasilan sampingan, atau pendapatan lain yang diterima. Kemudian jumlahkan semua pendapatan ini untuk mengetahui total pendapatan bulanan atau tahunan.

2. Catat Pengeluaran Rutin

Selanjutnya, catat semua pengeluaran rutin yang harus dibayarkan setiap bulan. Ini termasuk pembayaran tagihan seperti listrik, air, internet, serta biaya sewa atau cicilan kendaraan (jika ada). Juga, jangan lupakan pengeluaran harian seperti belanja makanan, transportasi, dan rekreasi.

3. Hitung Pengeluaran Tak Terduga

Pengeluaran tak terduga bisa didefinisikan sebagai pengeluaran yang engga terjadi setiap bulan, tapi bisa muncul secara sporadis. Mungkin contohnya ketika harus melakukan perbaikan rumah, biaya medis, atau perjalanan. Estimasi pengeluaran ini dan tambahkan ke dalam anggaran sebagai cadangan untuk kejadian tak terduga.

4. Tetapkan Target Penghematan dan Investasi

Dalam anggaran, tetapkan target penghematan dan investasi. Hal ini termasuk bagian penting untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang sehingga perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan. Kamu bisa mulai dengan menyisihkan sebagian dari pendapatanmu untuk dana darurat, tabungan pendidikan, atau investasi jangka panjang seperti reksa dana atau saham. 

Supaya kamu tidak pusing memisahkannya, LINE Bank punya fitur multi rekening yang bisa kamu gunakan untuk membuat pos-pos keuangan. Dalam 1 akun saja kamu bisa membuka sampai 8 rekening dengan tujuan berbeda sehingga tujuan menabung untuk berbagai kebutuhan dapat terpenuhi. 

Nah itu dia informasi penting yang harus Sobat LINE Bank pahami tentang anggaran keuangan. Ingat bahwa anggaran keuangan adalah salah satu alat terpenting yang akan membantu kamu mencapai stabilitas keuangan dan mewujudkan impian finansial. 

Untuk membantu mengatur keuangan, tidak ada salahnya mencoba membuka tabungan online di LINE Bank. Melalui LINE Bank, kamu bisa dengan mudah mengelola dan mengawasi seluruh arus keluar-masuk keuangan. 

Jika kamu ingin mencatat maka tinggal buka bagian mutasi rekening dan semua informasi transaksi akan langsung ditampilkan di layar smartphone. Jadi jangan tunda melakukan pengelolaan dan mulailah menganggarkan keuangan secara bijak. Langsung download aplikasi LINE Bank di Play Store dan App Store hari ini juga! 

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324