Tips Nabung Bareng Pasangan Tanpa Bikin Berantem Buat Nikah

Tips Nabung Bareng Pasangan Tanpa Bikin Berantem Buat Nikah

Dalam mempersiapkan pernikahan banyak yang harus dipersiapkan, terutama soal biaya. Apalagi berumah tangga tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memenuhi berbagai kebutuhan, begitu pula dengan penyelenggaraan resepsi pernikahan. Maka, tidak salah jika sejoli yang tengah menjalin asmara berkomitmen untuk menyiapkan modal nikah bersama-sama.

Pernah terlintas di benakmu untuk mengumpulkan uang bersama pasangan demi mempersiapkan biaya pernikahan? Jika pernah, kamu perlu mengetahui beberapa Tips Nabung Bareng Pasangan Tanpa Bikin Berantem Buat Nikah!

Tips Nabung Bersama Pacar untuk Modal Nikah

Menabung bersama pacar tidak lagi menjadi sesuatu yang tabu saat ini. Hal ini karena pernikahan adalah upacara yang melibatkan dua keluarga besar sehingga tidak tepat rasanya jika hanya membebankan persoalan biaya pada salah satu pihak saja.

Oleh sebab itu, menabung bersama kekasih bisa menjadi solusinya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan dana bersama pasangan agar acara pernikahanmu bisa berjalan dengan lancar.

1. Awali dengan Diskusi

Hal pertama yang harus dilakukan agar tips menabung bersama ini bisa berjalan dengan lancar adalah diskusi. Ya, keputusan untuk lanjut atau tidak bergantung pada hasil obrolan antara kamu dengan pasangan.

Jangan pernah membuat keputusan sendiri, lalu memaksa pasangan untuk menuruti keputusan tersebut. Jika kamu melakukannya, hal itu bisa jadi malah merusak keharmonisan kalian.

Diskusi merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan agar masing-masing individu bisa mengeluarkan pendapat, sehingga nantinya diperoleh satu titik temu yang bisa disetujui bersama. Katakanlah kamu dan pasangan bersedia untuk menabung bersama, maka proses diskusi tidak berhenti sampai di situ.

Selanjutnya, kamu dan pasangan harus menentukan konsep pernikahan seperti apa yang diinginkan, siapa saja yang diundang, dan detail-detail lainnya. Hal ini nantinya akan memengaruhi besaran dana yang harus disimpan setiap bulannya.

2. Pastikan Biaya yang Diperlukan

Setelah memutuskan konsep pernikahan yang diinginkan, kamu dan pasangan harus mulai menghitung anggaran biaya yang dibutuhkan. Lakukan hal tersebut sedetail mungkin demi mendapatkan perkiraan yang mendekati biaya sesungguhnya.

Jika sudah, langsung tentukan, apakah kalian akan menabung secara harian, pekanan, atau bahkan bulanan? Ini penting, sebab tips menabung harian, pekanan, dan bulanan tentunya berbeda.

Kamu bisa memutuskan hal tersebut dengan melakukan beberapa simulasi, seperti menghitung berapa penghasilan tetap bulanan kamu, lalu membuat pos-pos penggunaannya. Mulai dari biaya hidup harian, cicilan, asuransi, dana darurat, dan sebagainya.

Jika semua kebutuhan urgen sudah terpenuhi, hitung jumlah yang masih tersisa. Jumlah tersebut bisa menjadi jumlah minimal yang harus disetorkan untuk tabungan bersama. Tentu ini harus sesuai kesepakatan bersama pasangan ya.

Bahkan, jika jumlah uang yang disetorkan tidak sama antara pihak laki-laki dan perempuan pun tidak masalah, asal sudah berdasar kesepakatan bersama. Jadi, kunci lancarnya tips menabung ini adalah kesepakatan.

3. Membuat Rekening Khusus Milik Bersama

Untuk nabung bersama pasangan, kamu membutuhkan satu rekening khusus milik bersama, untuk mencegah tercampurnya uang pribadi dan bersama. Jika tidak ingin memiliki tabungan bersama, kamu bisa siasati dengan akun khusus untuk pernikahan mu.

Dengan LINE Bank, kamu dapat memisahkan nya dengan fitur Multi Rekening. Multi rekening yaitu kamu dapat memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu!

4. Tentukan Jumlah Setoran Setiap Bulannya

Jika rekening sudah jadi, kamu dan pasangan bisa langsung mengisinya sesuai kesepakatan-entah harian, pekanan, atau bulanan. Untuk jumlah setorannya, bergantung pada keputusan final antara kamu dan pasangan.

Asalkan dalam menjalankan tips nabung ini kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan, maka jumlah setoran bisa beragam. Misalnya, pihak laki-laki harus menyetor lebih banyak, atau sebaliknya. Jika masing-masing ingin menyetor dengan jumlah yang sama pun tidak masalah.

Selanjutnya, kamu tidak perlu terlalu sering mengecek jumlah saldo. Nanti ketika sudah tiba waktunya, kamu akan tahu sendiri dan tidak menyangka kalau tabunganmu sudah terkumpul sebanyak itu.

5. Jalani Hidup Hemat

Kegiatan menabung tanpa diiringi kebiasaan hidup hemat tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah dana yang dikumpulkan. Maka dari itu, supaya tabungan untuk modal nikah cepat terkumpul, kamu bisa mulai mengubah kebiasaan dan hidup dengan lebih hemat.

Sebagai contoh, jika setiap hari kamu terbiasa makan di luar, setelah menjalani tips menabung bersama pasangan ini, kamu bisa mulai membawa bekal ketika ke mana-mana. Sehingga, sisa uang makan bisa disimpan sendiri maupun dimasukkan ke dalam tabungan bersama.

Ya, tidak masalah jika kamu atau pasangan berkenan menyimpan uang dalam rekening bersama di luar jumlah setoran yang telah ditetapkan, asalkan hal tersebut telah disepakati bersama.

6. Bikin Usaha Sampingan Bersama

Untuk melengkapi tips menabung bersama pasangan ini, kamu bisa mulai membuka usaha sampingan bersama. Hal ini penting untuk dilakukan jika kamu dan pasangan punya banyak kebutuhan yang harus segera dipenuhi.

Dengan asumsi kamu dan pasangan memiliki pekerjaan dengan gaji standar, biasanya kalau hanya mengandalkan pekerjaan utama itu, proses menabung akan membutuhkan waktu yang relatif lama. Akibatnya, acara pernikahan pun bisa saja tertunda.

Di samping itu, usaha sampingan yang dilakukan bersama juga bisa menambah quality time di antara kamu dan pasangan, sebab kalian akan sering bertemu dan mendiskusikan sesuatu.

Sebagai referensi, ada beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan bersama pasangan, mulai dari kuliner, clothing, blogger, les privat, dan sebagainya. Kamu dan pasangan bisa memilih sesuai dengan passion yang dimiliki bersama.

7. Mulai Berinvestasi

Terakhir, jangan lupakan berinvestasi. Apalagi saat ini ada banyak platform yang bisa digunakan untuk berinvestasi secara mudah, salah satunya Deposito LINE Bank. Jika buka akun Deposito LINE Bank, dapatkan bunga spesial hingga 6% p.a*

Nah itu dia Tips Nabung Bareng Pasangan Tanpa Bikin Berantem Buat Nikah Buatmu yang memang sedang mempersiapkan nya.

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Baca juga : Resepsi Pernikahan Dibawah 50 Juta, Ini Caranya!

Bagikan ke Temanmu