Hangout Gak Harus Boros, Gini Caranya!

Setiap orang pasti punya kehidupan sosialnya masing-masing. Hangout bersama teman, lunch out bareng orang kantor, reuni bersama teman lama atau sekedar nongkrong dan melakukan kegiatan bareng dengan orang terdekat. Nah, sebenarnya kehidupan sosial bisa memberikan banyak manfaat bagi kamu, salah satunya adalah bentuk relasi yang bisa saja membawa kamu kepada keberuntungan, misalnya sukses dalam karir dan menambah wawasan atau pandangan kamu terhadap banyak hal. Namun, ketika bersosialisasi tentu kita perlu mengeluarkan uang, misalnya untuk makan bareng atau nongkrong. Nah, kalau kamu adalah tipe yang suka bepergian dan pergi bersama teman- teman kamu, pasti kamu gak menghabiskan uang yang sedikit, lama-lama bisa membawa kamu ke kebiasaan yang boros. Belum lagi pengeluaran untuk kebutuhan kamu yang lainnya. 

Supaya bersosialisasi gak jadi beban biaya dan membawa berkah, kamu harus belajar mengatur dan mengelola keuangan dengan baik, sekaligus belajar berhemat ya! Berikut adalah beberapa tipsnya : 

1. Menghemat uang makan

Kalau ketemu diluar pasti lebih banyak dari kamu akan menghabiskan waktu di kafe atau tempat makan, baik yang mewah atau biasa. Nah, kamu bisa mengakali biaya makan yang lebih hemat dengan memesan makanan yang lebih murah, misalnya lebih memilih memesan dessert daripada menu utama. Ingat juga jangan memiliki kebiasaan untuk menyicip sehingga kamu memesan terlalu banyak makanan. Kalau kamu takut lapar, usahakan sebelum pergi makan sedikit dulu dari rumah. Cara ini bisa menghemat pengeluaranmu cukup banyak loh.

2. Cari promo nonton

Salah satu kegiatan yang paling disukai bersama teman adalah pergi menonton ke bioskop bersama. Namun, jika dilakukan dengan rutin, misalnya beberapa kali dalam sebulan tentu akan mempengaruhi keuanganmu juga. Apalagi jika kamu memilih untuk menghabiskan waktu di hari libur, biasanya akan lebih mahal dan boros, belum termasuk jajanannya ya! Khawatir bisa membuat keuangan jadi buruk? Coba deh atur anggaran pengeluaran untuk nonton di bioskop bagi kamu yang memang hobi, sekalian cari promo atau voucher menonton supaya lebih hemat. Selain itu, jika kamu mau menghemat pengeluaran, jangan memesan camilan ya, cukup minuman saja. 

3. Butuh baju baru? thrifting aja!

Eits jangan salah, barang bekas disini bisa kamu sebut juga dengan thrifting, yang bisa membantu kamu lebih hemat, tapi tetap stylish dan keren ya! Kadang kamu akan memiliki momen dimana kamu membutuhkan baju tapi hanya akan digunakan sekali, pasti galau kan. Dengan thrifting, kamu bisa mendapatkan kebutuhan yang kamu inginkan dengan harga yang jauh lebih murah, sehingga lebih hemat. Kamu bisa mencarinya dari aplikasi belanja online atau langsung datang ke tokonya! Kebiasaan boros kamu bisa ditahan deh.

4. Belanja saat diskon

Kamu tengah memenuhi kebutuhan sehari-hari atau mau belanja untuk hal tertentu? Coba tunggu diskon saja biar bisa menghemat pengeluaran. Saat ini, banyak banget penawaran dan promo yang bisa kamu gunakan di belanja online biar belanja jadi lebih hemat loh. Jangan lupa bandingin harga dulu ya dan ulasan dari orang lain supaya gak rugi! 

5. Memilih hadiah yang tepat

Ketika orang terdekat ulang tahun atau tengah merayakan hari spesial, tentu kita akan memberikan bingkisan kecil sebagai rasa ikut berbahagia. Namun, jangan sampai biaya hadiah memberatkanmu dan mengganggu pengelolaan keuangan ya. Jangan paksakan untuk memberi barang mahal, lebih baik berikan yang sesuai dan berguna, sekaligus hemat budget di kantong kamu. Buat menekan pengeluaran, coba liat promo diskon ya! 

Bersosialisasi memerlukan trik yang tepat, maka dari itu kamu juga perlu mencari yang paling cocok denganmu supaya bisa mendapat manfaat dan hasil maksimal. Jangan sampai bersosialisasi merugikan keuanganmu ya! 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 308