Ciri-Ciri Merdeka Finansial, Kamu Termasuk?

Merdeka Finansial LINE Bank

Ketika mendengar merdeka finansial, apa sih yang langsung muncul di benak kamu? Yang pasti ada hubungannya dengan kamu bebas dari finansial yang selama ini membuat kamu pusing karena mengaturnya perlu perjuangan. Jadi sebenarnya, merdeka finansial itu seperti apa sih? 

Merdeka finansial atau kebebasan finansial bisa diartikan juga dengan tujuan keuangan yang selama ini sudah kamu rencanakan sudah terwujud. Namun, merdeka finansial ini berbeda dengan makna kamu sudah punya uang yang berlimpah, namun lebih kamu tidak punya beban keuangan lagi misalnya cicilan atau hutang dan bisa hidup layak. Tentu ingin mencapai merdeka finansial bukan sebuah hal yang mudah, namun jika kamu terus berusaha dan disiplin dengan tujuan yang sudah dibuat, kamu pasti bisa mencapainya! 

Untuk lebih jelasnya apakah kamu sudah termasuk merdeka secara finansial, coba deh cek ciri-ciri berikut! 

Punya dana darurat 

Yang pertama adalah dana darurat, yang bisa membantu kamu dalam kebutuhan atau keadaan yang mendesak di masa depan, sehingga kamu bisa bersiap- siap dengan segala kemungkinan yang akan datang. Nah, jika kamu sudah mempunyai besar dana darurat sesuai dengan kondisi kamu saat ini, bisa dibilang salah satu ciri-cirinya sudah tercapai. Tidak masalah jika dana darurat tidak tergunakan, karena nantinya bisa dijadikan tabungan untuk masa depanmu. Kamu juga bisa menggunakan tabungan deposito untuk menyiapkan dana daruratmu.

Punya passive income 

Salah satu bentuk pemasukan pasif yang biasanya lazim diketahui orang adalah kamu mempunyai investasi. Dengan mempunyai investasi, kamu juga mengembangkan keuangan kamu saat ini. Investasi punya banyak jenisnya, sesuaikanlah dengan kondisi keuanganmu terkini ya guys. Beberapa contoh investasi yang bisa dipilih adalah reksadana, saham, atau deposito. 

Mempunyai asuransi

Asuransi merupakan salah satu alat yang bisa melindungi kamu dari kejadian atau risiko yang mungkin saja bisa terjadi kapan saja. Nah, asuransi ini mempunyai hubungan dengan keuanganmu loh, karena dengan adanya ketidakpastian atau bencana yang bisa saja datang menghampiri, asuransi merupakan perlindungan pertamamu. Misalnya, asuransi kesehatan bisa membantu kamu disaat harus masuk rumah sakit dan biayanya membengkak, asuransi kendaraan supaya misalnya terjadi kerusakan biayanya diringankan atau asuransi jiwa yang bisa melindungi kamu dan keluarga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Tidak mempunyai pemikiran konsumtif 

Merdeka finansial berarti kamu juga lebih disiplin dan bisa menahan diri dari memilih barang atau kebutuhan yang gak kamu perlukan. Perilaku konsumtif juga harus menjadi salah satu sifat yang harus kamu bawa pergi jauh-jauh, karena bisa merugikan keuanganmu. Misalnya, setiap ada promo atau hari belanja, kamu bisa menghabiskan banyak uang yang menyebabkan keuangan untuk pos lain terganggu. Akhirnya, kamu harus membuat utang atau cicilan untuk membayarnya. Nah, tentu dengan menambah beban keuanganmu menjadi gak mulus. 

Sudah menyiapkan dana untuk masa depan

Dana yang termasuk disini bisa dana pendidikan, dana di hari tua, atau pensiun dan sebagainya. Nah, dengan mempunyai dana-dana ini kamu menjadi tidak perlu bingung untuk menyiapkan keuangan untuk masa depan. Sebaiknya, siapkan dana pensiun dan pendidikan dari sekarang agar kamu bisa mencicil sedikit demi sedikit sehingga tidak terlalu berat kedepannya. 

Semoga dengan mengetahui ciri – ciri merdeka finansial di atas kamu menjadi lebih semangat lagi dalam mewujudkannya, ya! Kunci yang paling untuk mencapainya adalah jangan menyerah dan disiplin ya!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285