Yuk Lakukan Financial Self Care Untuk Raih Kesehatan Financial

Yuk Lakukan Financial Self-Care Untuk Raih Kesehatan Financial

Hi Sobat LINE Bank,

Taukah kamu kalau manajemen uang yang baik akan menghasilkan banyak hal positif yang bisa dinikmati dalam jangka pendek maupun panjang? Misalnya, stres karena banyak kebutuhan. Tanpa stres, kesehatan mental dapat terjaga. Yuk mulai lakukan financial self-care untuk raih kesehatan finansial.

Financial Self-Care, Apa yang Bisa Dilakukan?

Kamu pasti sudah sering melakukan self-care gak sih? misalnya dengan pergi merawat diri ke salon. Memang, self-care adalah berbagai tindakan yang kita lakukan secara sadar dan disengaja. Oleh karena itu, self-care pasti diri sendiri yang memulai, bukan orang lain.

Kalau untuk meraih dan menjaga kesehatan finansial, ternyata ada juga sejumlah tindakan yang bisa dilakukan sebagai bentuk financial self care. Yuk simak berikut ini, cek disini:

1. Mengatur Kontribusi Otomatis Untuk Tabungan

Tabungan banyak jenisnya, salah satunya yaitu tabungan dana darurat dapat membantu melewati peristiwa yang terjadi di luar dugaan. Tabungan dana pensiun pun dapat membantu kamu menjalani hari tua nanti dengan penuh kenyamanan.

Cara supaya tabungan terus tumbuh dengan pasti tanpa harus repot mentransfer sejumlah uang setiap bulan? Tabungan dalam jumlah yang cukup memberikan keamanan finansial dan ketenangan pikiran.

2. Tentukan Tujuan Keuangan Yang Membuatmu Antusias dan Termotivasi

Mencapai tujuan keuangan adalah sebuah proses dan nggak ada aturan tertentu yang berlaku untuk semua orang. Ada yang butuh 1 tahun saja untuk mencapai tujuan keuangannya, tapi ada juga yang perlu 5 tahun. Selama perjalanan yang ditempuh membawamu lebih dekat menuju kesehatan finansial, maka kamu berada di jalan yang benar.

Oleh karena itu, pilih dan tentukanlah tujuan keuangan yang membuatmu antusias dan termotivasi hingga tujuan keuangan tersebut tercapai. Dengan demikian, akan lebih mudah bagimu dalam mengendalikan pengeluaran dan nggak keluar dari budget yang sudah ditentukan.

3. Sediakan Dana Untuk Hal-hal Yang Bikin Kamu Happy

Kesehatan finansial mesti selaras dengan kesehatan mental. Kesehatan finansial juga seharusnya bukanlah sesuatu yang membuat kamu merasa terpaksa menjalankannya. 

Apa saja sih yang bikin kamu happy? Sediakan dana untuk hal-hal tersebut, selama nggak berlebihan dan tetap memprioritaskan tujuan keuangan. Kamu juga bisa menyediakan dana untuk self-reward, misalnya saat salah satu tujuan keuangan tercapai. Semangat akan terus menyala saat kamu juga mengapresiasi diri sendiri.

Saat mengalokasikan dana, pastikan ada rekening tersendiri buat segala hal yang bisa buat kamu happy. Kamu bisa menggunakan fitur Multi Rekening, kamu dapat memiliki  8 rekening dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening sesuai kebutuhan kamu! 1 Rekening bisa untuk 1 kebutuhan agar dana nggak bercampur.

4. Jangan Lupa Pantau Pengeluaran

Memantau pengeluaran secara berkala adalah hal penting. Dengan mengetahui kondisi keuangan secara jelas, kamu bisa mengambil keputusan terkait apa yang harus dilakukan selanjutnya, tentu demi mendapatkan hasil yang lebih baik.

Saat pengeluaran secara konsisten mengikuti budget yang sudah dibuat, kamu justru nggak perlu mencemaskan apa-apa. Saat kamu overspend untuk salah satu kategori pengeluaran, kamu bisa mencari tahu penyebabnya dan menerapkan tindakan yang diperlukan.

Nah itu dia mengenai mengenai Financial Self Care Untuk Raih Kesehatan Financial.

Dengan LINE Bank, #Upgradelyf jadi makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Apa itu Dana Darurat? Bagaimana Cara Mengumpulkannya?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 330