Apa itu Terapi Keuangan? Perlukah Kamu Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Apa itu Terapi Keuangan? Perlukah Kamu Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Hi Sobat LINE Bank,

Dalam istilah finansial, taukah kamu mengenai Terapi Keuangan? Sebenarnya apakah kita perlu terapi semacam itu dalam kehidupan sehari-hari kita? Sebelum lebih jauh, yuk ketahui terlebih dahulu apa itu terapi keuangan? Cekidot~

Apa Itu Terapi Keuangan?

Terapi keuangan menggabungkan keuangan dengan dukungan emosional untuk membantu orang mengatasi tekanan finansial. Penasihat keuangan dan profesional lain yang tersertifikasi sebagai terapis keuangan sering kali memberikan terapi kepada klien untuk membantu mereka membuat keputusan moneter yang logis dan menangani masalah keuangan apa pun yang mungkin mereka hadapi. Terapi keuangan adalah jenis terapi khusus yang memerlukan sertifikasi dari organisasi seperti Financial Therapy Association .

Asosiasi Terapi Keuangan mendefinisikan terapi keuangan sebagai “sebuah proses yang didasari oleh kompetensi terapeutik dan keuangan yang membantu orang berpikir, merasakan, berkomunikasi, dan berperilaku berbeda dengan uang untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan melalui praktik dan intervensi berbasis bukti.”

Nah itu dia penjelasan logis mengenai Terapi Keuangan. Nah kita pahami juga yuk kenapa Terapi keuangan mempunyai peran besar dalam kesejahteraan hidup kita?

Memahami Terapi Keuangan

Uang memainkan peran besar dalam kesejahteraan seseorang secara keseluruhan, dan tekanan dalam mengelola uang serta menghadapi kesulitan keuangan dapat berdampak besar pada kesehatan emosional seseorang. Jika tidak dikendalikan, beban emosional ini bisa menyebar ke area lain dalam kehidupan seseorang. Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Financial Industry Regulatory Authority (FINRA) menunjukkan bahwa 60% responden dewasa di AS merasa cemas seputar keuangan pribadi mereka.

Sama seperti bentuk terapi lain yang menangani aspek lain kehidupan seseorang, terapi keuangan memberikan dukungan dan nasihat yang ditujukan secara khusus pada bidang keuangan dan tekanan yang menyertainya. Meskipun terapi keuangan mungkin berfokus pada aspek literasi keuangan, terapi ini juga membahas hubungan emosional dan psikologis yang mendasari seseorang dengan uang.

Tapi sebenarnya kamu perlu ngga sih mencoba terapi keuangan ini?

Ciri-ciri Orang Yang Membutuhkan Terapi Keuangan

Ada berbagai alasan mengapa seseorang mencari atau membutuhkan terapi keuangan. Demikian pula, terapis keuangan bersertifikat mencakup para profesional dengan keahlian di berbagai bidang, termasuk penasihat keuangan, psikolog, pekerja sosial, dan banyak lagi.

Ketahui juga yuk siapa aja sih yang sebenernya membutuhkan terapi keuangan?

1. Perilaku Keuangan Tidak Sehat

Dalam banyak kasus, masalah perilaku menyebabkan seseorang beradaptasi dengan rutinitas keuangan yang tidak sehat, termasuk kebiasaan belanja yang tidak sehat (seperti berjudi atau belanja kompulsif), bekerja terlalu keras untuk menimbun uang, menghindari masalah keuangan yang harus ditangani, atau menyembunyikan keuangan dari pasangan. . Seringkali, kebiasaan menabung, belanja, atau bekerja yang buruk merupakan gejala dari kebiasaan buruk lainnya yang berkaitan dengan kesehatan mental atau fisik.

2. Pengalaman Trauma Finansial

Individu yang pernah mengalami trauma keuangan—pengalaman pribadi yang menyebabkan hubungan seseorang dengan uang berubah ke arah yang negatif—mungkin merasa cemas atau stres ketika dihadapkan pada masalah keuangan di kemudian hari.

3. Menavigasi Budaya Keuangan Baru

Beberapa pasien terapi keuangan mungkin memiliki pengalaman dalam budaya atau lingkungan hidup di mana keuangan atau pengetahuan keuangan dianggap tabu. Orang-orang ini mungkin mendapat manfaat dari terapi keuangan ketika keadaan mereka berubah untuk menghindari perasaan kewalahan dan stres dalam beradaptasi dengan budaya keuangan baru.

Nah itu dia mengenai apa itu terapi keuangan dan berbagai penjelasannya. Pokoknya LINE Bank bisa banget jadi #BestieAndalan kamu, apapun makin tenang dan cash flow tetap aman. Untukmu yang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk buka rekening sekarang buat dapetin keuntungannya.

Caranya gampang kok, download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore dengan klik disini!

Jangan sampai ketinggalan juga ya promo menarik LINE Bank untukmu,berikut!

Baca juga : Pilih Kartu Debit Atau Kredit? Ini Perbedaan & Kelebihannya

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 308