7 Tips Menabung untuk Liburan ke Luar Negeri paling Efektif

7 Tips Menabung untuk Liburan ke Luar Negeri paling Efektif
Source: Freepik

Hi, Sobat LINE Bank!

Ayo, pasti banyak dari kalian yang punya keinginan untuk jalan-jalan ataupun liburan ke luar negeri, kan? Luar negeri memang tampaknya menarik karena bisa menawarkan pengalaman maupun spot wisata yang tidak bisa kita temui di sini.

Liburan ke luar negeri bukan hal yang mustahil lho! Memang kalian membutuhkan dedikasi yang tinggi untuk bisa pergi, tapi, pasti bakalan worth it banget! Nah, agar kalian bisa jalan-jalan. LINE Bank bakal kasih kalian beberapa tips menabung untuk liburan ke luar negeri! Yuk, disimak!

7 Tips Menabung untuk Liburan

1. Tentukan Destinasi Wisata

Pertama adalah tentukanlah negara mana yang ingin kalian tuju untuk liburan. Kalian juga bisa mengecilkan scope dengan menentukan tempat mana saja yang ingin kalian tuju begitu sampai di negara sana.

2. Lakukan Riset

Selanjutnya adalah kalian harus melakukan riset. Berdasarkan negara yang ingin di tuju beserta spot turis yang ingin kalian kunjungi.

Lakukanlah riset seperti;

  • Berapa biaya penginapan
  • Penginapan di daerah mana dari spot wisata
  • Berapa biaya makan sehari-hari
  • Berapa yang dibutuhkan untuk transportasi
  • Transportasi apa yang akan digunakan nantinya
  • Berapa harga kartu sim
  • Berapa biaya yang akan kalian habiskan sepanjang liburan
  • Apa yang harus dihindari
  • Dan hal lainnya agar liburan kalian makin asik dan nyaman.

Kalian bisa melakukan riset baik lewat internet, media sosial, ataupun bertanya kepada orang yang pernah ke sana sebelumnya. Persiapkanlah diri kalian matang-matang. Atau apabila kalian ingin mengunjungi pada periode ataupun waktu tertentu, kalian bisa menyiapkan sesuai kebutuhan. Misal pakaian tebal dan hangat ketika ingin mengunjungi di musim dingin maupun pakaian yang nyaman dan tidak gerah ketika berniat datang di musim panas! Jadi, sesuaikan, ya, guys!

Oh ya, agar kalian semakin hemat dan liburan semakin nyaman, bisa lho kalian memanfaatkan promo pesan hotel di Booking.com dengan menggunakan kartu debit LINE Bank dan dapatkan cashback hingga 10% sampai tanggal 31 Desember 2024!

https://linebank.co.id/id/promo/30132

3. Buat Budget

Tentunya, setelah melakukan riset, kalian jadi mengetahui biaya yang kalian butuhkan untuk liburan di luar negeri, bukan? Alokasikan data riset tersebut ke dalam budget. Kemudian kalian harus menjumlahkan semua biaya tersebut.

Lalu, lakukan sedikit modifikasi pada budget bulanan kalian untuk tabungan liburan ke luar negeri. Pastikan untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu agar kalian bisa mewujudkan keinginan kalian, ya!

4. Buat Rekening Khusus Tabungan Liburan

Kalian juga bisa membuka rekening baru yang digunakan untuk menabung untuk liburan. Dengan rekening ini, kalian tidak perlu khawatir bablas ketika menggunakan dana di rekening demi keperluan sehari-hari.
Salah satu tabungan yang bisa kalian gunakan adalah LINE Bank. Mumpung lagi ada promo pengguna baru nih. Kalian bisa mendapatkan cashback hingga Rp1.1.000.000 sampai tanggal 31 Desember 2023! Widih, mantap kan? Yuk, menabung bersama LINE Bank!

Promo Pengguna Baru
https://linebank.co.id/id/promo/30009

5. Sisihkan Pendapatan

Berdasarkan alokasi budget tadi, kalian akan menentukan waktu yang tepat untuk melakukan liburan dan jumlah pendapatan yang akan disisihkan setiap bulannya untuk mencapai target tersebut. Yang direkomendasikan adalah menabung 10% dari pendapatan kalian, namun, ini juga bisa disesuaikan ya, guys!

Misalnya, dengan pendapatan sebesar 6 juta rupiah, setiap bulannya, sebaiknya kalian menabung sebesar 600 ribu. Oh ya, jangan lupa tetap konsisten ketika menyisihkan, ya, guys!

6. Cari Pemasukan Tambahan

Kalau kalian kesulitan untuk menabung 10% dari pendapatan, maka mungkin kalian bisa mencari pemasukan tambahan yang baru. Di zaman sekarang, bisa lho mengerjakan pekerjaan tambahan dari mana saja! Bahkan bisa lho, kalian kerja dari rumah. Kalian bisa menjadi seorang freelancer, seorang dropshipper, menjadi bagian dari afiliasi, ataupun hal lainnya. Lakukanlah sesuai skill dan minat kalian! Yuk, bisa, yuk!

Baca juga: Begini 4 Tips Mencari Penghasilan Tambahan Ala Raymond Chin

7. Stay on Track!

Tips terakhir namun tidak kalah penting adalah tetap stay on track! Pastikan untuk sesuai dengan rencana kalian. Selama menabung, pasti ada satu atau dua hal yang membuat kalian goyah, namun pastikan untuk tetap stay on track dengan rencana menabung kalian agar bisa liburan ke luar negeri dengan happy.

Kesimpulan

Nah, itu dia 7 tips menabung untuk liburan di luar negeri! Agar semakin semangat nabung, kalian juga bisa melakukan riset apakah ada waktu tertentu dimana tempat tersebut terasa makin spesial? Misalnya, adanya festival khusus yang akan sayang sekali bila dilewatkan atau ada momen tertentu. Misal ada festival musim panas di Jepang, festival bunga musim gugur di Korea Selatan, dan banyak lainnya. Pastinya, itu akan jadi hal yang membekas!

Jadi, Kalian kalau mau liburan ke luar negeri kemana nih rencananya? Oh ya, agar liburan ke luar negeri semakin gampang, bisa lho kalian menggunakan kartu debit LINE Bank dengan logo Visa agar bisa melakukan transaksi di berbagai macam negara dengan mudah! Dengan kartu debit LINE Bank, kalian juga bisa menabung dan mendapatkan berbagai promo menarik, lho! Yuk, menabung bersama LINE Bank untuk mewujudkan keinginan jalan-jalan ke luar negeri kalian!

Baca juga: 10 Tips Liburan Low Budget dengan Nyaman
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323