Begini 4 Tips Mencari Penghasilan Tambahan Ala Raymond Chin

tips mencari penghasilan tambahan
Source : youtube.com/raymondchin

Hi, Sobat LINE Bank!

Kalau kalian suka buka Youtube untuk belajar keuangan? Mungkin, kalian enggak asing dengan Kakak satu ini! Kakak suka lewat di Youtube kalian dan dia suka membagikan beberapa tips penting di bidang keuangan.

Yup, kakak ini adalah Raymond Chin. Dia adalah seorang pengusaha, Tiktoker, dan Youtuber yang berasal dari Yogyakarta. Bisnis Raymond Chin beragam mulai dari platform edukasi keuangan yaitu Ternak Uang, perusahaan agensi bernama Maven, dan start up yang bergerak di bidang kesehatan yaitu Wellnez.

Kak Raymond Chin ini engga pelit ilmu lho. Dia suka membagikan informasi keuangan mulai berita terbaru, tips dalam menghasilkan uang, tips dan ide usaha, dan juga mengambil beberapa studi kasus dari perusahaan tertentu yang usahanya sedang booming kemudian dianalisis mengapa dan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Salah satu konten Raymond Chin adalah bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan.

Di zaman sekarang ini, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk mencari side hustle di samping pekerjaan mereka sehari-hari. Entah disebabkan mereka merasa penghasilannya belum mencukup kebutuhan akibat gajinya masi atau kurang dari UMR.

Nah, kalau kalian melakukan pekerjaan sampingan, itu bisa sangat berguna lho. Selain untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari kalian, kalian juga bisa menambah tabungan. Penghasilan tambahan ini juga bisa kalian salurkan untuk hobi sehingga tidak mengganggu penghasilan utama. Nah, di artikel ini kita akan membahas tips mencari penghasilan tambahan ala Raymond Chin!

1. Manajemen Uang

Pertama kalian harus bisa mengatur keuangan kalian sebelum mengambil penghasilan tambahan.

Caranya adalah kalian harus memprioritaskan kebutuhan primer kalian yang tidak bisa diganggu gugat. Selain itu, kalian juga harus menyiapkan dana darurat apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Sisihkan Uang untuk Berinvestasi

Setelah kalian mengalokasikan uang kalian pada kebutuhan primer dan dana darurat, kalian juga harus bisa mencoba menyisihkan uang. Entah bagi kalian yang penghasilannya UMR atau tidak, sisihkanlah uang.

Raymond Chin memberikan contoh untuk menyisihkan uang sebesar Rp.500.000 perbulannya.

Uang tersebut digunakan untuk berinvestasi. Tapi investasi tersebug bukanlah reksadana, obligasi, ataupun saham. Apa kalian tahu?

Yap, diri kalian sendiri.

Investasilah ke diri kalian sendiri.

Uang yang kalian sisihkan itu sebaiknya dialokasikan untuk diri sendiri. Semisal untuk mempelajari skill baru yang akan mendukung produktivitas kalian nantinya juga sebagai skill untuk pekerjaan tambahan kalian. Semakin banyak skill, kalian juga memiliki peluang untuk memperbesar penghasilan kalian juga.

3. Belajar skill baru

Hal ini juga memiliki korelasi dengan poin sebelumnya.

Kalian sebaiknya mempelajari skill baru. Walau memang terserah pada keputusan kalian ingin mempelajari skill apa. Raymond Chin memberikan daftar skill yang populer dan high paying untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Skill tersebut antara lain:

  1. Social Media Management
  2. Web and Mobile Development
  3. Internet Research
  4. Data Entry
  5. Web Designing
  6. Accounting
  7. Graphics Designing
  8. Consultacy
  9. Recruiter
  10. Content Writer

Mempelajari skill baru memang bisa dilakukan secara autodidak. Tetapi, untuk kalian yang ingin belajar lewat ahlinya secara resmi maupun membutuhkan sertifikat resmi, biasanya akan dikenai biaya sekitar Rp. 300.000.

Kalau misal kalian merasa ini terlalu rugi, mari kita ambil sebuah pemisalan.

Kalian akan menghabiskan Rp.300.000 per bulannya untuk menambah skill.

Semisal waktu kalian untuk menyelesaikan training tersebut hingga 6 bulan.

Sehingga bila ditotal maka uang yang butuhkan adalah Rp. 1,8 juta.

Mungkin akan boncos apalagi kalau kalian masih berpenghasilan pas-pasan atau dibawah UMR. Tapi, bila kalian melihat jangka kedepannya, maka uang kalian nanti akan berkali-kali lipat tumbuh.

Raymond Chin mengambil training programming dan kini ia bisa mendapatkan penghasilan tambahan mulai dari Rp.20.000.0000. Waduh mantapp!

Selain 10 skill yang menjadi top demand di atas, kalian juga harus mempertimbangkan minat kalian. Karena apabila kalian tidak cocok atau nyaman dengan skill tersebut, maka pembelajaran bisa semakin lama atau malah ditinggalkan.

4. Manajemen waktu

Manajemen waktu juga salah satu hal yang krusial dalam mencari penghasilan tambahan.

Bayangkan, kalian yang sudah berkutat dengan pekerjaan utama kalian dan bila ditambah dengan side hustle, mungkin akan kerepotan. Justru karena itulah kemampuan untuk memanajemen waktu bersinar!

Sebagai gambaran, kita akan mengambil contoh.

Rata-rata jam kerja dimulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Kemudian kalian pulang ke rumah untuk membersihkan diri beristirahat selama 1 jam hingga pukul 6 sore. Nah, dari pukul 6 sore hingga jam 9 malam kalian bisa memfokuskan diri kalian untuk mengerjakan pekerjaan sampingan kalian ataupun mempelajari skill baru yang kalian pilih.

Sebenarnya, jam untuk mengerjakan pekerjaan tambahan bisa terserah kalian. Namun Raymond Chin menyarankan untuk menghabiskan 3 jam sehari dialokasikan untuk produktif dan mendapatkan work life balance sebisa mungkin.

Nah, itu dia 4 tips mencari penghasilan tambahan ala Raymond Chin. Apakah membantu, guys? Di zaman sekarang ini memang banyak orang yang mencari tambahan penghasilan. Memang tidak mudah untuk mendapatkan work life balance. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan masih ada beberapa hal yang perlu dipikirkan lagi seperti pencarian klien dan menetapan tarif.

Tapi, semangat kalian, ya!

Oh ya, tapi kalian juga jangan sampai menelantarkan kesehatan kalian ya! Ingatlah kesehatan kalian nomor 1!

Lalu agar tidak menganggu keuangan kalian akibat biaya transfer atau biaya bulanan bank sekaligus agar tetap fleksibel sekaligus mencari tempat menabung gaji kalian dengan aman, kalian bisa menggunakan tabungan LINE Bank! Yuk bergabung sekarang! Mumpung lagi ada cashback buat pengguna baru yang buka tabungan nih sampai Rp. 1.100.000  sampai tanggal 30 September  2023. Yuk tunggu apa lagi, download LINE Bank sekarang!

Baca juga: Pekerjaan Sampingan Untuk Penghasilan Tambahan Akhir Bulan

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323