Pekerjaan Sampingan Untuk Penghasilan Tambahan Akhir Bulan

Penghasilan Tambahan Akhir Bulan

Sebagai Karyawan pernah ga sih kamu merasakan gaji mu tidaklah cukup hingga akhir bulan? Sedangkan kebutuhan memang banyak, seperti contohnya yaitu ingin berlibur atau healing, beli barang impian, atau malah bantu kebutuhan orang tua di rumah. Kadang bahkan biaya hidup hingga akhir bulan pun tidaklah cukup dari gaji yang didapatkan. Maka dari itu harus pintar pintar putar otak yaitu dengan memiliki pekerjaan ataupun penghasilan tambahan untuk memenuhi biaya akhir bulan mu.

Berikut Pekerjaan Sampingan Untuk Penghasilan Tambahan Akhir Bulan yang menjanjikan. Yuk, simak ulasan berikut!

1.Ilustrator

Nah, pekerjaan sampingan ini cocok untuk kamu yang suka menggambar atau membuat ilustrasi. Ilustrator berbeda dengan seniman atau artist. 

Kamu bisa membuat ilustrasi untuk buku, komik, hingga produk atau layanan sesuai permintaan klien. Salah satu kunci bisa “hidup” dari pekerjaan ilustrator yaitu konsisten berkarya untuk membuat portofolio.

Honor ilustrator cukup beragam, mulai dari Rp50.000 untuk ilustrasi sederhana. Untuk proyek dari perusahaan kecil, kamu bisa mengantongi penghasilan mulai dari Rp300.000. Kamu juga bisa menggaet klien dari luar negeri dengan mencari pekerjaan melalui platform pekerja lepas dengan fee dalam mata uang asing.

2. Penerjemah

Suka baca buku terjemahan? Pasti nggak asing dengan pekerjaan sebagai penerjemah. Jika kamu adalah mahasiswa jurusan sastra bahasa asing, peluang mendapat pekerjaan sampingan sebagai penerjemah jelas lebih besar.

Kamu bisa menerapkan materi perkuliahan dengan menggarap berbagai proyek terjemahan buku, hasil penelitian, atau jurnal ilmiah dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Coba tanyakan pada dosen, jaringan alumni kampus, atau keluarga yang sedang mencari jasa penerjemah.

Sebagai alternatif, kamu dapat menawarkan jasa penerjemah melalui platform pekerja lepas yang belakangan semakin marak di Indonesia. Dilansir dari Himpunan Penerjemah Indonesia, tarif penerjemahan bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya dimulai dari Rp250.000 per satuan halaman jadi. Berminat mencoba?

3. Web developer

Pekerjaan ini lagi naik daun lho. Perkembangan internet turut meningkatkan permintaan pasar akan jasa pembuatan dan pengembangan website. Bagian terbaiknya, kamu bisa melakukan pekerjaan ini secara paruh waktu alias part time. 

Perusahaan startup rata-rata membuka lowongan kerja bagi web developer yang masih berstatus mahasiswa. Kamu bisa mengerjakan proyek saat libur semester atau di sela-sela waktu perkuliahan. Bayarannya besar, rata-rata mulai Rp1 juta hingga Rp3 jutaan tergantung skala proyek.

4. Content creator 

Content creator bisa berupa blogger atau youtuber. Pekerjaan sampingan mahasiswa ini juga jadi primadona beberapa tahun belakangan ini. Kamu bisa membuat konten untuk ditayangkan di media sosial, seperti Instagram dan Facebook, atau blog dan YouTube.

Syaratnya, kamu konsisten membuat konten yang bisa menggaet viewer datang ke akun media sosial, baik dalam bentuk artikel maupun video. Jumlah klik pengunjung ke laman kamu inilah yang kemudian dikonversi menjadi sejumlah uang.

Potensi penghasilan content creator cukup besar, mulai Rp3 jutaan per bulan. Ini dengan catatan kamu memaksimalkan semua sumber penghasilan terkait konten, seperti Adsense dan affiliate marketing. 

5. Admin media sosial

Satu lagi nih pekerjaan sampingan untuk kamu yang hobi nongkrong berjam-jam di media sosial, yaitu admin media sosial. Kerja sampingan ini bisa kamu lakukan dari mana saja tanpa perlu terikat jam kerja formal.

Akun media sosial milik perusahaan startup, UKM/UMKM, atau online shop sering membutuhkan tenaga untuk mengelola akun media sosial mereka. Kamu hanya perlu keterampilan copywriting dasar, berwawasan luas, mampu berpikiran out of the box, dan senang berinteraksi di media sosial.

Gaji admin media sosial full time rata-rata mulai Rp2,5 juta. Jadi, kalau kamu memilih bekerja part time, kisaran gajinya di bawah itu atau tergantung jangka waktu pekerjaan yang kamu ambil.

6.Driver transportasi online

Maraknya transportasi online di berbagai kota di Indonesia membuat pekerjaan sampingan ini juga dilirik mahasiswa. Kamu nggak perlu ragu atau gengsi melamar sebagai driver ojek online atau taksi online. Banyak lho mahasiswa yang menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

Kebanyakan mereka memanfaatkan waktu kosong setelah kuliah usai atau saat tidak ada jadwal kuliah. Asal kamu punya motor atau mobil, pekerjaan ini bisa dilakukan kapan saja dengan jadwal fleksibel.

Terlepas dari fakta bahwa driver transportasi online cukup menguras tenaga dan waktu, penghasilan yang akan kamu dapat terbilang lumayan. Jika per hari kamu mengambil pesanan 2-3 kali dengan tarif rata-rata Rp50.000 saja, akhir bulan kamu nggak perlu makan mie instan doang kan?

7.Reseller atau dropshipper

Buat kamu yang suka berdagang, menjadi reseller atau dropshipper adalah salah satu contoh bisnis bermodal minim. Kamu cukup menjual barang dari produsen dan bisa dipasarkan secara online atau offline. Apalagi, sekarang orang lebih banyak mengandalkan belanja online daripada membeli langsung.

Kamu dapat membuka “toko online” di marketplace atau akun media sosial. Jenis barang yang dijual juga beragam. Mulai dari alat tulis, agenda atau jurnal, pakaian, aksesori, sampai buku. Keuntungan sebagai reseller atau dropshipper kamu peroleh dari selisih harga beli dan harga jual ke customer. 

Biasanya, produsen menerapkan potongan harga berbeda antara reseller dan dropshipper. Namun, asal kamu rajin mempromosikan barang tersebut, penghasilan bersih yang masuk ke kantong bisa mulai Rp100.000 hingga tidak terhingga!

Nah itu dia rekomendasi Penghasilan Tambahan Akhir Bulan yang dapat kamu terapkan!

Selain yang telah disebutkan diatas kita juga mungkin perlu menyiapkan dana darurat di tabungan lho! Untuk kebutuhan mendesak, sehingga saat terjadi kenaikan BBM yang tiba tiba pun kamu jadi ngga khawatir lagi! Karena kamu sudah memilah rekening sesuai fungsinya! Keuntungannya yaitu kamu dapat memiliki rekening lebih dari satu. Bahkan di LINE Bank kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun!

Ehhh tapi untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Baca juga : Tips menabung yang mudah diterapkan

Bagikan ke Temanmu