10 Tips Liburan Low Budget dengan Nyaman

10 Tips Liburan Low Budget dengan Nyaman

Hi, Sobat LINE Bank!

Pernahkah kamu ngerasa bosen pas kerja? Bagi mahasiswa, mungkin kamu merasa lelah skripsian? Bosen sama yang gitu-gitu aja? Kalau kamu ngerasa kayak gitu, mungkin artinya kamu lagi di tahap burn out dan waktunya buat ngisi energi kamu lagi.

Salah satu cara buat nyembuhin burn out tau gak dengan apa?

Yup, waktunya buat healing healing! So let’s go traveling!

Walau, memang bukan lagi hari libur nasional, tapi engga ada salahnya kamu planning sekarang. Entah sobat LINE mau nyoba challenge diri sendiri lewat solo travelling, atau buat kamu yang lagi ingin family time buat keluarga tercinta, atau ingin staycation dengan bestie kamu, atau bahkan ngabisin waktu romantis dengan pasangan kamu, kita bakal kasih kamu beberapa tips liburan low budget dengan nyaman buat kamu. Simak yaaa!

Apa saja Tips Liburan Low Budget?

Nah buat kamu yang ingin healing healing traveling, tapi kamu gak mau ngegocek kantong dalam-dalam. Kamu ga usah khawatir! Bisa kok! Yuk ikuti 10 Tips di bawah ini!

1.Lakukan Research

Pertama-tama kamu harus ngelakuin research buat liburan ini. Lakukan research terlebih dahulu tentang lokasi yang jadi destinasi liburan kamu.

  • Di area itu, tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi?
  • Apakah tempat itu saling berjauhan satu sama lainnya?
  • Berapa lama kamu akan menghabiskan waktu kamu untuk bertransportasi ke satu tempat dan tempat lainnya?
  • Bagaimana cara mencapai tempat yang ingin kamu kunjungi?
  • Berapa banyak opsi untuk pergi kesana?
  • Apakah ada alternatif tertentu?
  • Berapa rata-rata uang yang akan dihabiskan untuk biaya makan sehari-hari?
  • Apakah tabunganmu sudah cukup untuk melakukan traveling?

2.Lakukan Budgeting

Setelah kamu melakukan research, pastinya kamu sudah mendapatkan gambaran lebih jelas tentang destinasi yang kamu tuju seperti biaya untuk makan sehari-hari, transportasi, oleh-oleh, akomodasi, dan dana darurat.

Lakukanlah budgeting sesuai dengan research kamu sebelumnya. Berapa hari yang akan kamu habiskan untuk liburan? Setiap harinya berapa besaran yang kamu akan menghabiskan berapa banyak untuk makan, transportasi, dan akomodasi dalam satu hari?

Kamu juga harus stick to the plan and budgeting agar kamu tidak boncos di tengah jalan untuk hal diluar itu. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan dana darurat agar kamu tidak kebingungan ketika terjadi sesuatu diluar perkiraan.

3.Pesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Tentunya kamu juga sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari seperti sebulan sebelumnya. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan yang matang. Agar kamu tidak bail out kamu sebisa mungkin harus kamu merencanakan agar waktumu akan lowong nanti dan bisa liburan.

Hal ini disebabkan ketika masa liburan akan datang, tiket pesawat akan naik. Nah, LINE Bank juga menyediakan promo buat kamu yang mau liburan di Tiket.com, kamu bisa mendapatkan diskon hingga Rp. 200.000 sampai tanggal 30 September 2023, yuk buruan cek promonya disini.

4. Pesan Penginapan yang Terjangkau

Penginapan merupakan hal yang dikhawatirkan ketika kamu mau liburan dimanapun. Tentunya, kamu harus pintar-pintar memilih penginapan seperti melihat lokasi, kenyamanan, dan harga. 

Nah, kamu engga perlu khawatir karena LINE Bank sedang ada tawaran spesial sampai tanggal 31 Desember 2024 buat booking hotel di booking.com disini.

Cek disini juga ya, ada promo kalau kamu mau booking hotel lewat Agoda ya! Lumayan lho sampai tanggal 31 Desember 2025, bisa buat research dulu biar staycation kamu makin mantep!

Source : https://linebank.co.id/id/promo/30132
Source : https://linebank.co.id/id/promo/30062

5. Jangan Pergi Ketika High Season

Supaya tetap low budget sangat direkomendasikan kamu menghindari berpergian saat high season.

Apa itu high season? High Season adalah sebuah periode ketika musim liburan tiba. Musim liburani menyebabkan jumlah turis akan meningkat sehingga biasanya harga juga akan naik sehingga sulit sekali untuk hemat di musim ini.

Kalau kamu mau travelling di Indonesia, sebaiknya kamu pergi saat pertengahan bulan Januari sampai April atau September hingga November. Biasanya juga, di bulan-bulan ini bakal banyak promo menanti.

6. Jangan belanja di Tourist Spot

Traveling sepertinya engga akan lengkap kalau kamu engga membeli barang lokal untuk dijadikan momento buat kamu sendiri ataupun sovenir buat orang rumah. Nah, saat ingin membeli sovenir sebaiknya kamu hindari Tourist Spot karena pasti harganya akan melejit mahal. Sebaiknya, kamu harus mencari tempat lain karena pasti harganya akan secara signifikan lebih murah.

7.Gunakanlah Transportasi Umum dan Jalan Kaki

Sebisa mungkin, gunakanlah transportasi umum agar menghemat biaya. Kamu juga sebaiknya sudah melakukan riset tentang transportasi apa yang biasanya turis bisa pakai untuk sampai ke tujuanmu! Jalan kaki juga bisa menghemat pengeluaranmu. Selain bisa menikmati pandangan sekitar dengan tempomu sendiri, siapa tau kamu bisa menemukan hidden gem sendiri ketika berjalan kaki.

8.Bawa Botol Air Minum Besar

Mungkin ini terdengar remeh. Tapi, sangat direkomendasikan kamu membawa botol air minum besar di tas milikmu saat kamu berkeliling. Ketika kamu mengunjungi objek wisata yang juga biasanya sering dibanjiri turis.

Memang sih, akan ada orang-orang berjualan. Namun, harganya akan naik. Jika hal demikian kian berulang, maka juga akan memberikan pengaruh pada budgetmu!

9.Lakukanlah Perjalanan Malam!

Ketika kamu pergi liburan ke tempat yang kamu kunjungi dan menghabiskan berjam-jam, alangkah lebih baik kalau kamu pergi di malam hari. Karena ketika kamu pergi di malam hari kamu bisa tidur di dalam kendaraan transportasi ke destinasi tujuanmu. Hal ini selain akan menghemat tenagamu agar kamu bangun di pagi hari, kamu juga akan menghemat biaya alokasi untuk penginapan.

10. Makan Makanan Lokal dan Street Food Hunting

Untuk menghemat biaya pula, sebaiknya kamu membeli makanan lokal khas sana ataupun street food dibandingkan pergi ke restoran mewah. Di setiap daerah biasanya terdapat street food khas mereka sendiri yang mungkin engga kamu sering temui di daerahmu sekaligus kamu bisa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui!

Nah itu dia 10 Tips Liburan Low Budget ala LINE. Gimana sobat LINE Bank? Oh ya, kamu jangan terlalu menghemat dan menjadikannya liburan yang terlalu ketat. kamu harus tetap have fun di liburan kamu, ya! Untuk liburan on budget, kamu bisa memanfaatkan promo LINE Bank. 

Buat liburan, tentu kamu harus menabung. Bisa banget lho kamu pakai tabungan digital LINE Bank. Tabungan ini juga bebas biaya transfer dan praktis lho!

Yuk tunggu apa lagi? Buruan download LINE Bank lewat Appstore atau Playstore!

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 323