5 Tips Memilih Bank Digital Sebelum Mulai Membuka Tabungan

Hi Sobat LINE Bank! Layanan perbankan saat ini makin mudah dijangkau oleh masyarakat dari seluruh lapisan. Perkembangan teknologi memang menjadi faktor pendukung utama dalam hal ini. Seluruh kegiatan jadi terasa lebih mudah, cepat, dan praktis, termasuk dengan adanya bank digital. Nah, buat kamu yang sekarang lagi penasaran banget sama layanan bank digital, artikel mengenai tips memilih bank digital ini akan bantu kamu menemukan bank yang cocok sesuai kebutuhanmu. 

Sudah siap dengan informasinya? Bisa dicatat juga, ya! Yuk, langsung saja scroll ke bawah.

Apa Itu Bank Digital?

Upaya digitalisasi operasional perbankan di Indonesia, telah menjawab kebutuhan masyarakat dan nasabah untuk bisa menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi. Jadi, semua transaksi dan layanannya bisa kamu akses secara online lewat smartphone. Udah gak perlu lagi jauh-jauh datang ke kantor cabang.

Nah, kenapa bank digital akhir-akhir ini makin banyak peminat, itu karena keuntungannya yang super banyak! Selain akses yang tentunya gampang dan praktis, bank digital juga dibekali dengan fitur canggih. Kamu bisa transfer uang secara instan, bayar tagihan, belanja online, sampai mengelola keuangan dan anggaran juga bisa.

Tapi, kamu harus ingat, sebelum memilih bank digital, pastiin dulu bank tersebut legal dan resmi. Sama seperti bank konvensional lainnya, mereka juga akan mendapatkan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Biar kamu makin yakin, berikut LINE Bank rangkum tips memilih bank digital sebelum memutuskan untuk membuka tabungan. Check it out ~

Tips Memilih Bank Digital yang Cocok Buat Kamu

Sebelum mutusin buat milih pakai bank digital yang mana, kamu perlu mempertimbangkan opsi di bawah, nih. Apa aja? Ini informasinya:

1. Memiliki Sistem Keamanan yang Terjamin

Menjamin sistem keamanan ini wajib banget di-provide oleh bank pilihan kamu. Terutama terkait data dan identitas kamu sebagai nasabah. Baik di bank konvensional maupun bank digital, keamanan dan privasi nasabah bersifat mutlak. 

Bank bakalan mengelola dana dan uang yang kamu simpan, nah kalau sistem keamannya aja gak bagus, gimana kamu bisa mempercayakan uangmu di rekening bank tersebut? Jadi, yang perlu kamu pastiin adalah, bank digital yang kamu tuju punya fitur verifikasi 2 langkah atau sistem biometrik yang bisa memverifikasi keaslian pengguna. 

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan, pastikan bank digital tersebut kredibel dan memiliki legalitas, serta berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan, ya! Nah, kalau keamanannya sudah oke, kamu bisa lanjut untuk mempertimbangkan faktor lainnya di bawah ini.

2. Aplikasinya User-Friendly

Siapa, sih, user yang gak happy kalau aplikasi yang digunakan mudah dipakai tanpa ribet? Nah, karena kamu merupakan pengguna bank digital, otomatis aplikasi mobile banking-nya akan selalu jadi andalan. Jika terjadi sesuatu dan dalam keadaan darurat, kamu bisa langsung mengakses semua fitur yang diperlukan dengan cepat dan tanpa hambatan. 

Jadi, demi kenyamanan dan kepraktisan kamu, prioritaskan memilih bank digital yang menyediakan kenyamanan bertransaksi dengan aplikasi yang gak bikin bingung, ya! 

3. Fitur dan Layanan yang Sesuai Kebutuhan

Pastikan juga fitur dan layanan yang ditawarkan lengkap dan bisa memenuhi kebutuhanmu. Transformasi bidang perbankan ke digital memang bertujuan untuk memberikan solusi dan kemudahan kepada nasabah. 

Beberapa produk dan layanan perbankan digital yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah tabungan, kartu kredit, deposito, pinjaman, atau KTA (Kredit Tanpa Agunan). Kalau udah lengkap begini, kamu jadi bisa mengoptimalkan penggunaan bank digital kamu, deh!

Jadi, penting banget untuk riset dan cari tahu terlebih dahulu fitur dan layanan bank digital yang kamu tuju. Apakah sesuai dengan kebutuhanmu? Apa saja kelebihan dan kekurangannya, serta syarat dan ketentuan yang mengatur.

4. Kemudahan Bertransaksi 

Salah satu keunggulan bank digital adalah kemudahan dan kepraktisannya. Jadi, penting juga buat kamu untuk tahu apakah bertransaksi dan melakukan pembukaan rekeningnya cukup mudah dan bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke kantor cabang.

Di LINE Bank, kamu bisa langsung mengajukan pembukaan rekening secara online melalui aplikasi LINE Bank yang bisa kamu download di sini. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih untuk membuka rekening tabungan baru dan mengisi data diri serta mengunggah dokumen yang dibutuhkan seperti kartu identitas yaitu KTP.

Setelah itu, kamu bisa menelepon customer service untuk melakukan verifikasi data diri melalui video call. 

Sstt, buka rekening tabungan di LINE Bank tanpa setoran awal, lho! Praktis banget, kan? Kamu juga akan mendapatkan kartu debit LINE Bank yang bisa kamu pakai di ATM Hana Bank atau ATM lain yang punya logo ATM Bersama dan Prima. 

5. Pertimbangkan Juga Soal Biaya

Nah, ini gak kalah penting juga! Kamu harus tahu biaya transaksi serta bunga yang diberlakukan oleh bank digital pilihanmu. Biasanya akan ada biaya transaksi, biaya administrasi, hingga bunga. 

Umumnya, tujuan nasabah menggunakan layanan perbankan digital adalah demi kemudahan dan kepraktisan. Jadi, sebisa mungkin pilih layanan dengan biaya minimal seperti LINE Bank yang bebas biaya bulanan, transfer, hingga tarik tunai! Apalagi ada banyak promo yang menanti.

Nikmati Kemudahan Transaksi di LINE Bank, Makin Untung Karena Promo Terus!

Untuk kebutuhan digital banking sehari-hari, kamu bisa mengandalkan LINE Bank yang ngasih kamu banyak kemudahan. Bisa makin untung juga karena banyak promo dan cashback tiap kali bertransaksi. Berikut beberapa kelebihan LINE Bank yang bisa kamu nikmati:

  • Buka rekening online tanpa harus ke kantor cabang
  • Tidak ada setoran awal
  • Biaya 0 rupiah (bebas biaya bulanan, transfer, dan tarik tunai)
  • Praktis untuk membayar tagihan
  • Dapatkan notifikasi pada setiap transaksi
  • Mendapatkan kartu debit LINE Bank yang dapat digunakan di ATM Hana Bank dan ATM lain berlogo ATM Bersama dan Prima
  • Cashback 50% untuk setiap transaksi menggunakan kartu debit LINE Bank
  • Deposito LINE Bank dengan bunga tinggi

Gimana, makin tertarik untuk gabung dengan LINE Bank? Tunggu apa lagi, segera download aplikasinya di PlayStore atau AppStore!

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit di LINE Bank With BT21

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324