4 Hal yang Perlu Diketahui tentang Gesek Tunai Kartu Kredit

4 Hal yang Perlu Diketahui tentang Gesek Tunai Kartu Kredit

Hi Sobat LINE Bank!

Pasti udah pada familiar dong dengan kartu kredit yang merupakan salah satu metode pembayaran paling populer di seluruh dunia. Kartu kredit memang punya banyak keuntungan, selain memungkinkan untuk belanja secara online, kartu kredit juga bisa digunakan untuk transaksi internasional di luar negeri dan didukung hampir di semua merchant, belum lagi bonus menarik seperti cicilan tanpa bunga, cashback dan beragam promo. Namun, selain untuk berbelanja, kartu kredit juga memungkinkan pemegangnya untuk menarik uang tunai dari mesin ATM, yang dikenal sebagai “cash swipe” atau “cash advance.”.

Meskipun ini kelihatannya seperti solusi cepat ketika kamu membutuhkan uang tunai dalam situasi darurat, ternyata ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu menggunakan kartu kredit kamu untuk tarik tunai. Yuk, simak artikel ini untuk lebih tahu apa itu gesek tunai kartu kredit, dan empat kelemahan utama dari penggunaan kartu kredit untuk tarik tunai.

1. Biaya Tinggi

Salah satu kelemahan utama dari tarik tunai dengan kartu kredit adalah biaya yang tinggi. Biasanya, ketika kamu menarik uang tunai dari ATM menggunakan kartu kredit, kamu akan dikenakan biaya penarikan tunai yang cukup besar. Biaya ini bisa hingga sekitar 5% dari jumlah yang kamu tarik, atau bahkan lebih tinggi untuk bank penerbit kartu kredit tertentu. Selain itu, ada juga bunga yang dikenakan pada jumlah tunai yang kamu tarik.

Bunga pada tarik tunai biasanya jauh lebih tinggi daripada suku bunga reguler yang dikenakan pada saldo kartu kredit kamu. Ini berarti, jika kamu tidak membayar saldo tarik tunai kamu dalam waktu singkat, kamu diharuskan membayar jumlah yang jauh lebih besar daripada yang kamu tarik! Biaya dan bunga yang tinggi ini dapat dengan cepat membuat pengeluaran kamu semakin meningkat, sehingga mengurangi manfaat penggunaan kartu kredit.

2. Tidak Ada Promo, Bonus Poin, atau Keuntungan Lainnya

Ketika kamu menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, kamu biasanya akan mendapat banyak keuntungan, mulai dari cicilan 0% bebas bunga, cashback dengan nominal tertentu, poin yang dapat ditukarkan, bahkan hingga hadiah fisik seperti bonus barang atau merchandise. Namun, ketika kamu menarik uang tunai dengan kartu kredit, semua keuntungan dan bonus tadi tidak berlaku.

Tanpa keuntungan-keuntungan tersebut, otomatis membuat tarik tunai dengan kartu kredit sebenarnya lebih “mahal” daripada alternatif lain, bahkan dengan tunai atau debet sekalipun, karena kamu harus membayar bunga yang tinggi. Jadi ada baiknya kamu harus pertimbangkan dulu apa itu gesek tunai kartu kredit dan kelemahannya dibanding sumber dana lain seperti tarik debit atau mengajukan pinjaman pribadi.

3. Mempengaruhi Kelancaran Kredit kamu

Penggunaan kartu kredit untuk tarik tunai secara terus menerus dan tanpa pertimbangan matang dapat berdampak negatif pada kelancaran kredit kamu. Ketika kamu menarik uang tunai dengan kartu kredit, ini akan menciptakan saldo tunai yang harus kamu bayar. Jika saldo ini bertambah besar dan kamu tidak segera membayarnya, maka utang kamu akan terus menumpuk. Apabila tidak segera dibayar akan berdampak negatif pada skor kelancaran kredit kamu.

Kelancaran kredit yang buruk serta skor kredit yang rendah dapat membuat kamu kesulitan mendapatkan pinjaman atau kartu kredit baru di masa depan. Ini juga dapat mengakibatkan suku bunga yang lebih tinggi pada pinjaman atau kartu kredit yang kamu ajukan. Oleh karena itu, penggunaan kartu kredit untuk tarik tunai perlu pemahaman dan pertimbangan hati-hati karena bisa menjadi langkah yang merugikan kamu!

4. Potensi untuk Menyebabkan Utang yang Tak Terkendali

Salah satu risiko terbesar dari tarik tunai dengan kartu kredit adalah potensi utang yang tak terkendali. Ketika kamu memiliki akses instan ke uang tunai dengan kartu kredit, kamu mungkin cenderung menggunakannya tanpa pertimbangan yang matang. Rasa tergoda untuk menghabiskan lebih dari yang seharusnya akan timbul, dan apabila dilakukan terlalu sering lama kelamaan saldo yang tidak terbayar dapat menjadi beban yang sangat berat.


Utang yang tak terkendali dapat mengakibatkan stres finansial pribadi yang serius dan bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk melunasinya. Selain itu, dibebani utang yang tinggi juga dapat berdampak pada kehidupan kamu secara keseluruhan, misalnya membatasi kemampuan kamu untuk menabung, berinvestasi, atau merencanakan masa depan keuangan yang lebih baik. Jadi sebelum memutuskan untuk melakukannya, lebih baik sobat LINE Bank harus tahu betul apa itu gesek tunai kartu kredit serta risikonya, ya!

Baca juga: Mengenal Kartu Kredit Cicilan 0% dan Cara Memanfaatkannya

Pastikan Kamu Tahu Apa Itu Gesek Tunai Kartu Kredit dan Resikonya

Penggunaan kartu kredit untuk tarik tunai memiliki banyak kelemahan yang perlu dipertimbangkan dengan serius sebelum kamu memutuskan untuk melakukannya. Sebaiknya pertimbangkan alternatif lain jika kamu memerlukan uang tunai, misalnya pinjaman pribadi. Quick Credit LINE Bank menawarkan pinjaman mudah, cepat disetujui dan dapat dilakukan kapan saja.

Semoga dengan mengikuti artikel ini sobat LINE Bank tetap dapat menjaga keuangan kamu tetap sehat ya! Agar terhindar dari potensi masalah keuangan yang dapat muncul akibat penggunaan gesek tunai kartu kredit.

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324