Tips Kebebasan Finansial Gen-Z Yang Punya Banyak Keinginan

Tips Kebebasan Finansial Gen-Z Yang Punya Banyak Keinginan

Pada dasarnya, sikap seseorang terhadap eksistensi uang berbeda dari satu generasi ke generasi yang lain. Perbedaan sikap inilah yang turut membedakan pandangan orang terhadap kebebasan finansial.

Barclays mendefinisikan bahwa 38% milenial menganggap financial freedom adalah saat mereka punya uang belanja di akhir bulan. Ini berbeda dengan gen Z di Inggris yang menganggap financial freedom mereka adalah ketika bisa pensiun dini atau belanja tanpa perlu melihat saldo di bank.

Secara umum, kebebasan finansial adalah memiliki tabungan, investasi, dan uang tunai yang cukup untuk memenuhi gaya hidup. Apalagi Gen Z memiliki banyak keinginan atau mimpi yang ingin dicapai. Lalu bagaimana cara raih financial freedom untuk gen Z ? Yuk disimak

1. Set Tujuan Hidup

Setiap orang punya pandangan berbeda dalam mencapai financial freedom. Kamu perlu mengatur pandanganmu sendiri. Semakin spesifik tujuan hidup yang kamu atur, maka makin tinggi kemungkinan untuk meraihnya. Setting goals ini termasuk dalam gerakan FIRE yang mulai ramai sejak tahun 2010 lalu.

Pastikan 3 hal yang sudah kamu tentukan. Apa yang kamu butuhkan untuk memenuhi gaya hidup? Berapa banyak saldo yang harus ada di rekening bank? Kapan batas usiamu ingin mencapai goals tadi?

Salah satu contoh kebebasan finansial adalah di usia 30 tahun kamu ingin punya rumah sendiri. Kamu punya waktu 7 tahun untuk meraih mimpi ini. Nah, buat daftar pekerjaan atau investasi yang bisa membuatmu mendapatkan dana yang cukup untuk meraih mimpi tadi.

2. Anggaran Bulanan

Menekankan habit untuk membuat anggaran bulanan dan loyal pada rencana tersebut adalah cara bebas finansial terbaik.

Dalam artian, kamu bisa bayar tagihan tepat waktu dan tetap punya simpanan.

Rutinitas ini juga bisa membantumu melawan hawa nafsu untuk belanja di luar keperluan wajib. Memulai habit ini memang tak mudah, namun tak ada yang tidak mungkin jika kamu sudah berkomitmen, bukan?

3. Jangan Terlalu Fokus pada Tren

Anak muda cenderung mudah terjebak dalam tren yang sedang in di media sosial. Untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda, kamu perlu menghindari hype tren terbaru.

Pikirkan saja, apakah kamu memang membutuhkan sesuatu yang sedang tren tadi? Jika tidak, maka segera coret dari daftar dan tinggalkan.

Tetap fokus pada anggaran yang sudah kamu buat tadi. Ini akan membantumu mencapai financial freedom lebih mudah dan cepat.

4. Credit Healthy

Bolehkah berutang untuk mencapai financial freedom?

Sah-sah saja, namun pastikan untuk melakukan credit healthy. Utang saat kamu memang membutuhkan dan selalu on time membayar cicilan. Ini akan membantumu mendapat credit score lebih baik.

Credit score yang oke akan membuatmu dapat pinjaman lebih mudah di masa depan. Siapa tahu, kamu ingin memulai dan mengembangkan bisnis, kan?

Kondisi ini juga berlaku untuk penggunaan credit card, ya. Catatan, hindari menggesek kartu jika kamu merasa tak mampu membayarnya.

5. Tabungan vs Dana Darurat

Selain tabungan wajib perbulan, kamu juga perlu menyediakan pos dana darurat. Memisahkan kedua saving ini akan membuat kondisi finansial lebih stabil.

Dana darurat bisa kamu ambil sewaktu-waktu saat kondisi tertentu terjadi di luar dugaan. Sebaliknya, tabungan sebaiknya tidak diambil karena untuk keperluan di masa depan yang sudah kamu rencanakan di awal.

Untuk kedua pos ini, Kamu bisa menggunakan tabungan multi rekening dari LINE Bank! Multi Rekening yaitu memiliki rekening lebih dari satu. Di LINE Bank kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari pengeluaran sehari-hari, tabungan, hingga rekening untuk jajan atau memenuhi keinginan kamu nantinya. 

6. Investasi

Salah satu cara untuk meraih kebebasan finansial adalah dengan investasi. Berinvestasi bukan berarti kamu perlu menyiapkan modal besar. Mulailah investasi dari nominal dan risiko kecil. Jika sudah terbiasa dengan investasi level pemula, kamu bisa tingkatkan ke level medium dan high, yang risiko dan return-nya lebih besar.

Investasi juga bisa dilakukan di aset minim risiko seperti deposito, apalagi jika buka deposito di LINE Bank akan dapat cashback 500 rb serta bunga nya juga 6% lho!

7. Jangan Ragu Menawar

Kegiatan tawar-menawar seringkali identik dilakukan ibu-ibu atau orang tua. Namun jangan salah, kebiasaan ini bisa membuatmu hemat ratusan hingga jutaan rupiah per tahun.

Tentunya untuk menawar kamu tak bisa lakukan di semua tempat atau layanan. Contoh saja, kamu bisa beralih dari belanja di supermarket ke pasar tradisional. Pahami harga normal barang dan tawar saat belanja di pasar.

8. Keep Up dengan Masalah Keuangan

Sebagai generasi muda, kamu tentu perlu melek terhadap berbagai masalah dan kondisi keuangan. Misalkan perubahan aturan pajak, pasar saham, dan lain sebagainya.

Berbagai isu ini bisa membantumu memperbaiki atau mengubah portofolio investasi sesuai kebutuhan.

Selain itu, wawasan ini juga bisa membantumu terlepas dari jebakan batman para scammers yang makin merajalela.

9. Frugal Lifestyle

Hemat dan pelit adalah dua hal yang sangat berbeda. Ketika kamu memutuskan untuk hidup hemat, artinya kamu paham seperti apa gaya hidup yang bisa kamu jalani. Meski mampu, kamu bisa kok, memilih untuk melakukan penghematan untuk mencapai tujuan tertentu.

Melalui frugal lifestyle, kamu akan belajar membedakan antara hal yang dibutuhkan dan diinginkan. Buat penyesuaian kecil untuk memperoleh tujuan besar dalam kesehatan keuanganmu.

10. Jaga Kesehatan

Poin terakhir terkait dengan kondisi tubuh dan mental. Untuk tetap produktif dalam bekerja dan meraih financial freedom, kamu butuh tubuh dan mental yang sehat.

Percuma rasanya jika di masa muda kamu kerja keras banting tulang tanpa peduli kondisi kesehatan. Lalu saat masa tua harus sakit-sakitan dan tak bisa menikmati apa yang dihasilkan.

Nah itu dia, Tips Kebebasan Finansial Bagi Gen-Z Yang Punya Banyak Keinginan. Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma Download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini! Yuk #upgradelyf versi kamu!

Baca juga : Kenali, Ini Tanda Red Flag Dalam Keuangan-mu!

Bagikan ke Temanmu